free hit counter code Pemprov Luncurkan Smart Jabar - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Pemprov Luncurkan Smart Jabar

Pemprov Luncurkan Smart Jabar

JuaraNews, Bandung - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja meluncurkan Smart Jabar, Ekosistem E-Office Jabar, Dashboard Jabar, dan Jabar Skytrek di Jabar Command Center, Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (5/4/2023).

 

Sekda Setiawan menuturkan, digitalisasi sangat penting dilakukan terlebih pada masa disrupsi saat ini. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempercepat, mempermudah, dan efisiensi bagi pimpinan membuat kebijakan dan meningkatkan pelayanan publik.

 

Oleh karena itu, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar, ASN harus terus meningkatkan kapasitas diri dalam bidang digitalisasi sehingga terciptalah Smart Jabar, Ekosistem E-Office Jabar, Dashboard Jabar, dan Jabar Skytrek.

 

“Teknisnya dari Diskominfo sudah siap, makanya kita _launching_ . Kita berupaya _capacity building_ teman-teman Diskominfo terus dilakukan. Jadi _launching_ bukan berarti selesai segalanya, justru kita memulai dan _capacity_ harus ditingkatkan,” tuturnya.

 

SMART JABAR merupakan portal Administrasi Pemerintahan dengan teknologi _Single Sign On_ sebagai gerbang yang memberikan kemudahan bagi aparatur Pemprov Jabar untuk melaksanakan pekerjaan dengan lebih cepat, tepat, dan efisien.

 

“Lalu yang kedua terkait dengan Dashboard Jabar adalah khusus untuk eksekutif. Jadi untuk Gubernur, Wakil Gubernur, dan Sekda untuk melihat bagaimana perkembangan di lapangan berdasarkan data-data dan analisis lalu akan mengambil kebijakan apa. Jadi itu benar-benar kebijakan yang didasarkan pada _evidence base_ ,” kata Setiawan.

 

Kemudian Ekosistem E-Office merupakan ekosistem layanan aplikasi arsip dinamis yang mengakomodir pengiriman naskah dinas antar aplikasi e-Office sejenis milik Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota melalui integrasi dengan pemanfaatan Sistem Penghubung Layanan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

 

Sedangkan Skytrek yang menggunakan lima satelit mengimplementasikan _good data, good decision_ dengan menganalisis data yang diperoleh melalui perangkat sensor dan satelit.

 

Keunggulan Skytrek, data yang diberikan _realtime_ dan _live streaming_ sehingga masyarakat bisa berpartisipasi dengan menggunakan _channel televisi-.

 

“Jadi kita akan buka _channel televisi-di masyarakat sehingga mereka tidak usah cari kemana-mana, melainkan tinggal mencari _channel_ di televisi kemudian mereka tahu. Misalnya, nelayan bisa buka _channel_ melihat kondisi cuaca di pantai atau lautan,” papar Setiawan.

 

“Dan juga bisa digunakan berbagai profesi. Sebagai contoh infrastruktur jalan, kita akan melihat bagaimana satelit ini meng- _capture_ jalan provinsi. Posisinya saat ini seperti apa, apakah perbaikan sedang dikerjakan, masyarakat bisa melihat,” imbuhnya.

 

Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah menambahkan, dengan SMARTJABAR semua ASN Pemdaprov Jabar akan mendapatkan kemudahan untuk mengakses berbagai aplikasi dengan hanya satu kali login sehingga tidak harus banyak mengingat _user ID_ dan _password_ .

 

Ika pun berharap, seluruh aplikasi layanan internal pemerintahan yang dikelola oleh perangkat daerah dapat terintegrasikan dengan portal SMART JABAR.

 

"Portal SMART JABAR pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja ASN Pemprov Jabar yang berdampak pada meningkatnya kualitas layanan baik bagi internal pemerintahan maupun publik," pungkasnya.

 

Sementara itu Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Bedi Budiman mendukung penuh semua program yang diluncurkan pada hari ini untuk kemajuan Jabar ke depan.

 

DPRD Provinsi Jabar pun secara langsung bisa memantau semua program pembangunan di Jawa Barat.

 

“Kami mengapresiasi apa yang menjadi terobosan dan inovasi dari Diskominfo Provinsi Jawa Barat,” ujar Bedi. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Bey Target Swasembada Pangan di Jabar
Sekretariat DPRD Jabar Gelar Halal Bihalal
Pentingnya Insan Perbankan Akan Bahaya korupsi
Ini Jalur Alternatif di Jabar saat Arus Balik
Dishub Jabar Siapkan Contra Flow Arus Balik

Editorial



    sponsored links