free hit counter code Cianjur Barat Daya Diguncang Gempa M5.6. Gucangannya menyebar di sejumlah Wilayah Jawa Bagian Barat - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Cianjur Barat Daya Diguncang Gempa M5.6. Gucangannya menyebar di sejumlah Wilayah Jawa Bagian Barat
(tangkapan layar @infoBMKG) Informasi BMKG terkait gempa di Cianjur Jawa Barat, Senin (21/11/2022)

Cianjur Barat Daya Diguncang Gempa M5.6. Gucangannya menyebar di sejumlah Wilayah Jawa Bagian Barat

  • Senin, 21 November 2022 | 14:40:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Gempa kembali mengguncang beberapa wilayah di Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB. Gempa yang terasa cukup kuat itu, tentu saja membuat masyarakat terkaget-kaget. Para pekerja kantoran sepanjang jalur Soekarno – Hatta Bandung tampak berkerumun di luaran gedung tempat mereka kerja beberapa saat pasca guncangan. Tak hanya itu, informasi via saluran komunikasi nyaris semua dipenuhi dengan kabar gempa yang terjadi siang hari itu.


“Gempaa oyag baadaaaag,” cetus Kang Mustofa melalui grup whatsapp ‘Geografi96’ pada Senin (21/11/2022) pkl 13.23 WIB. Pria yang kerap dipanggil Kang Mus itu menuliskan di wilayah tempatnya tinggal, Laswi Bandung guncangan gempa itu terasa keras.


“Air aqarium dan gantungan lampu bergoyang,” tulisnya.


Begitu juga dengan Isep Suherman, guru salah satu SMP di Sukabumi itu menimpali.


“Di Sukabumi besar juga gempanya,” tulsinya pada pkl. 13.31 WIB.


Sementara itu, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pada Senin (21/11/2022) pkl. 13:21:10 WIB telah terjadi gempa dengan magnitudo 5.6. dengan pusat gempa berada di Cianjur, Jawa Barat.


“Gempa Magnitudo: 5.6, kedalaman 10 Km, koordinat 6.84 LS-107.05BT (10 Km barat daya Kab-Cianjur-Jabar. Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG melalui @infor BMKG.


Senada dengan BMKG, pakar tsunami pada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Widjo Kongko menyebut gempa bumi dengan magnitudo 5,6 yang mengguncang Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat tidak terkait potensi gempa megathrust di Selatan Jawa. Namun dia tak menampik kekuatan gempat berpotensi merusak.


"Karena gempa ini dangkal, berpotensi merusak infrastruktur, rumah atau pemukiman di sekitar episenter (gempa)," ujar Widjo Kongko, Senin (21/11/2022).


Melalui kabar yang terpantau di media sosial, gempa yang terjadi siang ini juga terasa guncangannya hingga Jakarta.(*)

Aep

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links