free hit counter code Sambut Satu Abad NU, PBNU Kenalkan NU Women dan Sembilan Program Lainnya - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Sambut Satu Abad NU, PBNU Kenalkan NU Women dan Sembilan Program Lainnya
(Foto: Istimewa) Ketua Pengarah Peringatan Hari Lahir Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU), Erick Thohir, dalam acara "KickOff Halaqah Fiqih Peradaban" di Madrasah Aliyah Ali Maksum, Krapyak, DI Yogyakarta, Kamis (11/8/2022)

Sambut Satu Abad NU, PBNU Kenalkan NU Women dan Sembilan Program Lainnya

  • Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:33:00 WIB
  • 0 Komentar

Yogyakarta, JuaraNews – Pada peringatan Harlah satu abad Nahdlatul Ulama yang rencananya akan digelar di GBK, Ketua Panitia Pengarah Harlah Satu Abad NU, H Erick Tohir mengemukakan ada Sembilan program dalam peringatan satu abad NU itu.

"Akan ada sembilan program utama dalam rangkaian peringatan Satu Abad NU. Salah satunya NU Women," ungkap Erick saat memberikan sambutan dalam acara KickOff Halaqah Fiqih Peradaban di Madrasah Aliyah Ali Maksum, Krapyak, D.I. Yogyakarta, Kamis (11/8/2022).

Kesembilan program itu antara lain NU Tech, pembentukan NU Women, Festival Tradisi Islam Nusantara, Anugerah Tokoh NU, Pekan Olahraga NU, Religion of Twenty (R-20), peluncuran Gerakan Kemandirian NU, Muktamar Fiqih Peradaban, dan Resepsi Satu Abad NU.

Ihwal NU Women, menurut Erick yang juga menjabat Menteri BUMN ini tidak terlepas dari peran para nyai pengasuh pondok pesantren se-Indonesia yang selama ini sukses membimbing para santrinya. Bahkan dalam beberapa tahun belakang, peran nyai pesantren banyak berkontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19 di pondok-pondoknya.

"Jadi, memang para bu nyai ini mempunyai peran penting dalam pondasi pendidikan pesantren bahkan kesejahteraan para santrinya di masa depan," jelas Erick.

"Karenanya, NU Women ini menjadi salah satu bagian dari sembilan program utama satu abad NU," lanjutnya.

Sedangkan untuk program NU Tech, sebagaimana dipaparkan Erick, akan dihelat Lokakarya untuk para kiayi dan santri NU guna mendorong potensi digital dan menghasilkan inovasi untuk kemaslahatan umat.

"Digitalisasi saat ini sangat penting untuk peningkatan kualitas SDM di pesantren-pesantren," terangnya.

Adapun peluncuran Gerakan Kemandirian NU akan menghadirkan inovasi ekonomi keumatan dan environmental sustainibility (keberlanjutan lingkungan) melalui program NU Mart, Santripreneur yang terdiri atas Pesantren Based Vocational Education dan Wirausaha Muda Santri; serta Digitalisasi LAZISNU.

"Ini sudah dibuktikan dalam beberapa kerja sama antara NU dengan BUMN. Dan ini penting untuk memperkuat ketahanan masyarakat Indonesia," ujarnya.

Bagi Erick, Nahdlatul Ulama dan Indonesia merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

"NU dan Indonesia tidak dapat dipisahkan," kata dia.

Untuk itu, demi perhelatan akbar ini dirinya memohon doa restu dan mengajak seluruh keluarga besar pesantren untuk bersama merawat keharmonisan anta umat, mengikat kembali simpul-simpul silaturahim demi kebaikan seluruh rakyat Indonesia.

"Saya memohon doa dan dukungan, saran dan nasihat dari para kiai dan ibu nyai yang hadir di sini, untuk memastikan acara berjalan dengan baik," pintanya.

Oleh: Aep Ahmad Senjaya / Aep

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Bey Target Swasembada Pangan di Jabar
Sekretariat DPRD Jabar Gelar Halal Bihalal
Pentingnya Insan Perbankan Akan Bahaya korupsi
Ini Jalur Alternatif di Jabar saat Arus Balik
Dishub Jabar Siapkan Contra Flow Arus Balik

Editorial



    sponsored links