blog counter

Hot News


Opini


    10 Pemimpin Media Online Anggota AMSI Terpilih Ikuti Pendampingan Pengembangan Media Digital



    10 Pemimpin Media Online Anggota AMSI Terpilih Ikuti Pendampingan Pengembangan Media Digital

    JuaraNews, Jakarta - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) kembali memilih 10 pemimpin media online dan tim untuk mengikuti program pendampingan penguatan kapasitas dan pengelolaan manajemen, bisnis dan pengembangan media online.

     

    Mereka juga menerima pendanaan untuk pengembangan media sebesar Rp15 juta untuk menyelesaikan proyek yang diusulkan.



    Kegiatan ini merupakan program tahun kedua yang digelar AMSI dengan dukungan dari Internews dan USAID MEDIA. Sebelumnya, 10 pemimpin media ini lolos seleksi berdasarkan keaktifan selama mengikuti pelatihan daring 'Manajemen, Pengembangan Bisnis dan Keberlanjutan Media Digital'. Mereka juga telah melewati tahap Organisational Capacity Assessment (OCA), yakni penilaian pemberitaan di situs media online dan wawancara mendalam dari aspek manajemen.


    Pemimpin media lokal tersebut merupakan pewakilan Pontianakpost.jawapos.com (Kalimantan Barat), Radarjogja.jawapos.com (Yogyakarta), Inibaru.id (Jawa Tengah), Wongkito.co (Sumatera Selatan), Beritajatim.com (Jawa Timur), Timesindonesia.co.id (Jawa Timur), Jabarnews.com (Jawa Barat), Batamnews.co.id (Kepulauan Riau), Terasmaluku.com (Maluku-Maluku Utara), dan Beritamanado.com (Sulawesi Utara).


    Program pendampingan ini berlangsung selama tiga bulan, sejak pertengahan Juli hingga Oktober 2022. Selanjutnya AMSI akan memilih 5 pemimpin media dan tim yang dapat menyelesaikan proyek secara optimal untuk mendapatkan pendampingan tingkat lanjut melibatkan mentor skala internasional.


    Wakil Ketua I AMSI Suwarjono yang juga penanggung jawab program, menjelaskan 10 pemimpin media tersebut akan mendapatkan pendampingan intensif dari mentor-mentor pemimpin media di Jakarta dan media mainstream lokal, yang sudah cukup lama berkecimpung di bisnis media online.


    “Mentor yang dipilih telah menjadi penggerak di media masing-masing. Mereka dapat membagikan ilmu dan pengetahuan yang harapannya dapat meningkatkan kemampuan pemimpin media online lokal dan timnya dalam mengembangkan media digital agar tumbuh menjadi media digital yang independen dan dapat memenuhi kebutuhan informasi publik yang berkualitas,” kata Suwarjono, Selasa (19/7/2022).


    Para mentor tersebut yaitu Upi Asmaradhana (CEO KGI Group), I Nengah Muliarta (Dewan Redaksi Beritabali.com), Agoez Perdana (CEO KabarMedan.com), Maryadi (VP Bisnis dan Digital Katadata.co.id), Dwi Eko Lokononto (Pemimpin Umum Beritajatim.com), Gaib Maruto Sigit (Pemimpin Redaksi Trijaya FM), Nining Darmaningrum (Direktur Usaha Beritajatim.com), Citra Dyah Prastuti (Pemimpin Redaksi KBR.id), Amrie Hakim (Direktur Pemberitaan dan Konten Hukumonline.com) dan Victor Mambor (Pemimpin Umum Jubi.co.id).


    Suwarjono juga berharap bahwa model pendampingan intensif dapat mengatasi isu kesenjangan pengetahuan pengelolaan media daring di Jakarta dan luar Jakarta. Selain itu, media lokal dapat membangun jaringan, meningkatkan bisnis media yang sehat, dan konten yang berkualitas.


    “Semoga 10 pemimpin media terpilih dapat memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menyerap berbagai ilmu pengelolaan media online sehingga nantinya dapat diimplementasikan di media masing-masing,” katanya. (*)

    jn

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Balai Mektan Gelar Lomba Bongkar Pasang Traktor
    HUT ke-77 RI,  AHY Ajak Rawat Persatuan, Demokrasi & Kebangkitan Ekonomi
    HUT ke-77 RI, Momentum Kebangkitan Indonesia Menuju Negara Adidaya
    Ridwan Kamil: Indonesia Sudah 77 Tahun, Jangan ada Lagi Polarisasi Agama
    Masuk  Bandung Zoo Gratis Bagi Pengunjung Lahir 17 dan 18 Agustus
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads