Hot News


Opini


  • Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat
    Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat

    TERKAIT penataan ruang, amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja memang berbeda dengan amanat UU 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

    Ridwan Kamil: Jabar-Yogyakarta Bakal Terus Tingkatkan Kerja Sama



    Ridwan Kamil: Jabar-Yogyakarta Bakal Terus Tingkatkan Kerja Sama
    Ridwan Kamil bersama Sri Sultan Hamengkubuwana IX saat acara Muhibah Pikat Amerta Budaya Jabar-Yogja, di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (7/12/2021) malam. bas

     

    JuaraNews, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan bahwa persahabatan antara Provinsi Jabar dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah terjadi sejak dahulu.


    Hal itu terlihat dari berbagai sejarah yang saat ini masih terlihat walaupun sudah ratusan tahun lamanya. Selain itu juga adanya keselarasan budaya tradisionaldi kedua provinsi ini.


    Sebagai contohnya, kata Emil, terdapat pohon dari tanah Pasundan yang ditanam di alun-alun Utara Yogjakarta. Kemudian ada tarian-tarian yang inspirasinya dari serat Pasundan, dan juga tarian inspirasinya dari wayang golek.


    "Temasuk di belakang gedung sate sudah ada jalan hayam wuruk dan jalan Majapahit yang memadai ekpresi persahabatan, dan di Jogjakarta jug ada jalan Padjajaran dan Siliwangi di Kota Yogjakarta," kata Ridwan Kamil saat acara Muhibah Pikat Amerta Budaya Jabar-Jogja, di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (7/12/2021) malam.


    "Salah satu menandakan bahwa persahabatan Jabar-Yogjakarta sudah datang sejak dulu. Ini juga menandakan betapa dalamnya hubungan antara sunda Jawa secara sejarah," ucapnya.


    Maka dari itu, Gubernur mengungkapkan hubungan yang erat kedua provinsi ini akan terus di jalan. Salah satunya dengan berbagai kerjasama yang dapat meningkatkan kesejahteraan. "Diera sekarang ini tentu akan kita tingkatkan kerjasama yang kongkrit di bidang pariwisata, ekonomi dll," tandasnya.


    Ditempat yang sama, Sri Sultan Hamengkubuwana IX mengatakan momentum yang sudah terjalin cukup lama ini akan terus di jaga, sehingga membuka sejarah baru di kedua provinsi. Seperti halnya, yang sudah dilakukan oleh leluhurnya dalam hubungan dengan Jawa Barat khususnya Padjadjaran.


    "Semoga hubungan antara provinsi Jogjakarta dan provinsi Jawa Barat ini bisa kita dasari dengan peristiwa sejarah bisa di isi dengan sejarah yang dapat memberikan kontribusi ke negara," katanya. (*)

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Gubernur Ridwan Kamil Pertimbangkan Bangun Kampung Inggris di Jabar
    Kena Sanksi dari PDIP lalu Minta Maaf, Arteria Dahlan Dilaporkan ke Polisi
    Dorong Melek Digital, Atalia Minta Ibu-ibu Jangan Curahkan Kekesalan di Media Sosial
    Kesbangpol Jabar Fokus Cegah Penyebaran Paham NII di Garut
    Meski Gelar Musda, Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Diputuskan DPP
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads