Hot News


Opini


  • Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat
    Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat

    TERKAIT penataan ruang, amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja memang berbeda dengan amanat UU 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

    PPSDM Geominerba Bersama Dekranas Selenggarakan Diklat Pengembangan UMKM



    PPSDM Geominerba Bersama Dekranas Selenggarakan Diklat Pengembangan UMKM

     

    JuaraNews, Bandung - BPSDM ESDM melalui PPSDM Geominerba bersinergi dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) melaksanakan Diklat Pengembangan UMKM di sekitar lokasi Unesco Global Geopark Gunung Sewu.


    Pelatihan yang diselenggarakan 25-29 Oktober 2021 di Desa Jarum, Klaten ini diikuti oleh sebanyak 65 orang masyarakat yang merupakan pelaku UMKM.


    Kepala PPSDM Geominerba Bambang Utoro mengatakan pendidikan nonformal sebagai bagian dari sistem pendidikan memiliki tugas sama dengan pendidikan lainnya yakni memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat.


    "Pengadaan kegiatan pendidikan nonformal cenderung lebih diadakan oleh masyarakat tentunya tidak lepas dari dukungan pemerintah bebagai bentuk hadirnya Pemerintah ditengah-tengah masyarakat,"ucap Bambang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/10/2021).


    Menurutnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) melalui PPSDM Geominerba bertugas mengembangkan kompetensi sumber daya manusia di sektor geologi, mineral, dan batubara selain itu juga untuk penyiapan tenaga kerja lokal, membangun jiwa kewirausahaan, sehingga diharapkan anggota masyarakat tersebut telah siap sebagai tenaga kerja dan mandiri dalam berusaha.


    Pelaksanaan diklat masyarakat mengacu kepada Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 Tahun 2015 tentang Bantuan Pendidikan Dan Pelatihan Serta Beasiswa Bidang Energi Dan Sumber Daya Mineral.


    Pada Pasal 2 huruf a, disebutkan bahwa Bantuan Diklat dan Beasiswa diberikan kepada Masyarakat bertempat tinggal di daerah penghasil dan/atau daerah yang melaksanakan kegiatan bidang energi dan sumber daya mineral dan/atau berasal dari daerah tertinggal, terpencil, terdepan, dan terluar atau pedalaman dan/atau daerah berpotensi bencana.

     

    Dekranas Goes to Geopark diharapkan dapat membantu para pengrajin yang terdampak pandemi ini untuk bergerak serentak dan bangkit bersama menata kembali produksi kriya mereka. Salah satu kegiatan yang akan dilakukan adalah memberikan pelatihan pewarna alam dan wawasan desain untuk kerajinan kayu, bambu, dan pandan agar produksi kerajinan mereka lebih variatif, dan bisa diterima oleh pasar yang lebih luas karena ramah lingkungan. Dimana setelah pelatihan akan dilanjutkan pendampingannya oleh Dekranas di masing-masing daerah.

     

    “Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi terkemuka (outstanding) – termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya – di mana masyarakat setempat diajak berperan-serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam.” (UNESCO, 2004).


    Sehingga keberadaan Geopark ditujukan dalam rangka perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan, dan mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sana.


    Terdapat 3 unsur utama Geopark, yaitu keragaman Geologi (Geodiversity), keragaman Hayati (Biodiversity), dan keragaman Budaya (Culturaldiversity). Konsep asas Geopark menurut UNESCO adalah pembangunan ekonomi secara mapan melalui warisan geologi atau geotourism. Tujuan dan sasaran dari Geopark adalah untuk melindungi keragaman Bumi (geodiversity) dan konservasi lingkungan, pendidikan dan ilmu kebumian secara luas.


    Geopark Gunung Sewu membentang di tiga wilayah, yaitu Gunungkidul (DIY), Wonogiri (Jawa Tengah), dan Pacitan (Jawa Timur), dan sudah diakui oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menjadi salah satu dari Global Geoparks Network (GGN). (*)

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Asisten Stafsus Wapres Guntur Subagja Sebut 4 Hal Ini yang Bikin Media Online Menang hadapi Medsos
    Tinjau Banjir Bandang di Garut, Wagub Jabar Janji Segera PerbaikI Jembatan yang Putus
    Lahirkan Relawan Bencana yang Tangguh, Jabar Quick Response Gelar Pelatihan Water Rescue
    Pengurus AMSI Jabar Dilantik, Gelar Seminar Media Siber: Sehat Bisnisnya, Berkualitas Kontennya
    Pesan Ridwan Kamil untuk Pemuda menuju Indonesia Emas 2045
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads