free hit counter code Antisipasi Genangan Air saat Musim Penghujan, Dinas PU Kota Bandung Siaga 24 Jam - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


  • Hejo Tapi Teu Ngejo
    Hejo Tapi Teu Ngejo

    PROVINSI Jawa Barat memilik Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Jasa Lingkungan Hidup. Perda tersebut didasari Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009.

    Antisipasi Genangan Air saat Musim Penghujan, Dinas PU Kota Bandung Siaga 24 Jam
    ilustrasi

    Antisipasi Genangan Air saat Musim Penghujan, Dinas PU Kota Bandung Siaga 24 Jam

    • Kamis, 16 September 2021 | 19:42:00 WIB
    • 0 Komentar

     

    JuaraNews, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melakukan beragam upaya guna meminalisir genangan air saat musim penghujan. Salah satunya rutin memelihara 48 Daerah Aliran SUngai (DAS) saat musim kemarau.

     

    Bahkan tim Dinas Pekerjaan Umum (DPU) tetap bersiaga 24 jam saat hujan melanda Kota Bandung dan sekitarnya


    "Awal tahun renovasi kirmir, saluran perbaikan dan sejenisnya. Kemarin sudah mapag hujan, pengerukan sedimen dan sampah di titik-titik banjir. Kita lakukan di banyak lokasi hingga ratusan titik," ucap Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Yul Zulkarnaen di Balai Kota Bandung, Kamis (16/9/2021).


    Yul menuturkan, pengerukan sedimentasi dan pengangkutan sampah menjadi hal yang rutin dilakukan. Sebab, masih saja banyak masyarakat belum tetap membuang sampah ke sungai. Utamanya barang-barang non organik yang kerap ditemui dengan ukuran sangat besar.


    Menurut Zul, pengangkutan sampah dan pengerukan sedimentasi menjadi langkah sangat efektif untuk mengurangi terjadinya luapan air saat datang musim hujan. Karena membuat air sungai mengalir lebih lancar dari hulu ke hilir.


    "Pengerukan sedimen berpengaruh sekali. Rutin dilakukan di titik tertentu. Kita pantau kalau sedimennya, jika sudah tinggi kita keruk. Setahun bisa empat atau lima kali," ujarnya.


    Yul memaparkan, saat ini hanya tinggal 10 titik yang masuk dalam daftar pemantauan ketat lantaran kerap terjadi luapan air sungai saat musim hujan tiba. Sebelumnya, di Kota Bandung ini tak kurang dari 68 titik kerap terjadi genangan air cukup tinggi.


    Dari pendataan terakhir pada 30 Juli 2021, Yul menyebutkan, 10 titik tersebut yakni di Jalan Cibaduyut tepatnya di dekat terowongan batas kota. Di Kopo Citarip (dengan 13 kejadian) dan Terusan Pariskoja-Soekarno Hatta (10 kejadian).


    Selanjutnya, di Simpang Soekarno Hatta-Gedebage (6 kejadian), Pasar Induk Gedebage (4 kejadian), Jalan Rumah Sakit (4 kejadian), Margacinta di depan Komplek Bunga Bakung (4 kejadian), dan Jalan A.H. Nasution tepat di kawasan Cikadut (4 kejadian).


    "Sisanya itu ada di Rancabolang daerah Margacinta. Itu ada laporan tiga kejadian dan di depan apotek Jaya juga tiga kejadian," ungkap Yul.


    Selain pengangkatan sampah dan pengerukan sedimen secara rutin, Yul memastikan, titik luapan air sungai ini juga semakin berkurang seiring masifnya pembuatan kolam retensi dan optimalisasi lahan perbukitan dalam tiga tahun terakhir.


    Yul menyatakan, petugas DPU di setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) tetap siaga selama 24 jam penuh apabila memerlukan penanganan mendadak ketika terjadi luapan air sungai.

    "Kita punya banyak perlatan yang bisa digunakan penanganan banjir. Backhoe untuk pengerukan dan pengangkatan sampah, loader mobile pump untuk menyedot air. Kita ada tim siaga banjir piket 24 jam apabila terjadi hujan," katanya. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    PMCI Mengutuk Oknum Pengrusakan Aset Eks Cipaganti
    Satu Bangunan Terbawa Longsor di Desa Kertawangi
    Es Cendol Elizabeth, Minuman Legend Sejak 1972
    Ini Prediksi BMKG Soal Awal Musim Kemarau 2024
    Hikmat Ginanjar Ditunjuk Jadi Plh Sekda Bandung

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi