Hot News


Opini


    Komisi Informasi Ajak Masyarakat Evaluasi Keterbukaan 118 Badan Publik di Jabar

    • Jumat, 3 September 2021 | 11:25:00 WIB
    • 0 Komentar


    Komisi Informasi Ajak Masyarakat Evaluasi Keterbukaan 118 Badan Publik di Jabar

     

    JuaraNews, Bandung – Ketua Komisi Informasi Jawa Barat Ijang Faisal mengajak masyarakat turut serta mengevaluasi implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 118 badan publik yang ada di Jabar,. mulai dari Pemda Provinsi Jabar, Pemda Kabupaten/Kota, BUMD, sampai organisasi nonpemerintah.

     

    Menurut Ijang, masyarakat dapat menyampaikan berbagai pengalaman terkait pelayanan pencarian atau permohonan informasi publik yang dikuasai oleh Badan Publik kepada KI Jabar selama empat bulan pada September-Desember 2021. Hal itu pun sudah sesuai dengan arahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

     

    "Hasil monev tersebut akan menentukan peringkat badan publik dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi, apakah sudah baik sehingga dikategori badan publik menjadi informatif atau sebaliknya," kata Ijang.

     

    KI Jabar, kata Ijang, sudah menunjuk sembilan anggota Tim Penilai Independen yang diketuai Deddy Djamaludin Malik, M.Si. dengan Wakil Ketua merangkap anggota Antar Venus. Mereka ditugaskan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi keterbukaan informasi publik pada Badan Publik yang ada di Jabar.

     

    Salah satu indikator yang menjadi pertimbangan penilaian adalah masukan dari masyarakat selain fakta-fakta di lapangan hasil check and recheck oleh Tim Independen, baik melalui evaluasi kuisioner, realitas pada sarana publikasi Badan Publik, maupun kebijakan dan program terkait implementasi KIP.

     

    Oleh karena itu, Ijang berharap masyarakat Jabar ikut berpartisipasi dalam monitoring dan evaluasi implementasi keterbukaan informasi publik pada Badan Publik yang ada di Jabar. Hal itu menjadi penting karena masyarakatlah yang merasakan secara langsung baik atau buruknya kualitas keterbukaan informasi publik.

     

    “Kami berharap masyarakat Jabar dapat ikut serta aktif memberikan masukan kepada Tim Penilai Independen agar Badan Publik yang mendapat peringkat terbaik betul-betul menunjukkan kualitas layanan ketebukaan informasi terbaik pula di mata masyarakat,” kata Ijang.

     

    Masukan hasil evaluasi masyarakat terhadap Badan Publik dapat dikirim melalui surat eletronik ke email: kipjabar@jabarprov.go.id atau surat langsung ke Sekretariat KI Jabar di Jalan Turangga, Kota Bandung, dengan disertai bukti-bukti yang cukup.

     

    “Insya Allah Komisi Informasi akan menetapkan identitas warga yang memberikan masukan akan menjadi informasi yang dikecualikan atau dirahasiakan sepanjang  atas permintaan warga tersebut,” ucap Ijang. (*)

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Bangkitkan Pariwisata Baduy dengan Kearifan Lokal
    Ketua MK:  Hanya Bentuk Negara yang tak Diubah dalam Amandemen UUD 1945
    Gubernur Jabar Usulkan Prof Mochtar Kusumaatmadja jadi Pahlawan Nasional
    Ketua KPID Jawa Barat : Peran Generasi Milenial dalam Content Creator Sangat Penting
    Sarbumusi-NU Jabar Silaturahmi dengan Wakil Bupati dan Kapolres Garut
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads