free hit counter code Oded M Danial: Penanganan Stunting di Kota Bandung dari Hulu ke Hilir - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Oded M Danial: Penanganan Stunting di Kota Bandung dari Hulu ke Hilir
    Wali Kota Bandung, Oded M Danial

    Oded M Danial: Penanganan Stunting di Kota Bandung dari Hulu ke Hilir

    • Jumat, 27 Agustus 2021 | 12:18:00 WIB
    • 0 Komentar

     

    JuaraNews, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan penanganan stunting di Kota Bandung dilaksanakan secara holistik integratif. Dengan memperhatikan penyebab utama stunting, di antaranya layanan kesehatan, pelayanan gizi, pola asuh dan lingkungan.


    Hal itu diungkapkan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat mempresentasikan upaya pencegahan dan penurunan stunting di Kota Bandung pada penilaian kinerja pelaksanaan aksi konvergensi stunting Tahun 2021 tingkat Provinsi Jawa Barat secara virtual di Balai Kota Bandung.


    “Pemkot Bandung melakukan intervensi dengan solusi dan inovasi dimulai dari hulu ke hilir. Yakni fase remaja, ibu hamil, ibu menyusui, serta fase baduta dan balita,” kata Oded, Jum'at (27/8/2021).


    Menurutnya, infrastuktur dan daya lingkungan menjadi hal yang tidak terpisahkan dari intervensi.


    "Adapun Buruan SAE (sehat, alami, ekonomis) serta pengolahan makanan hasil Buruan SAE pun menjadi bagian yang komprehensif menyasar seluruh level usia, dari remaja sampai balita,” sambungnya.


    Oded menjelaskan, ada sejumlah sasaran intervensi. Sasaran tersebut terbagi ke dalam tiga fase.


    Pertama fase remaja putri, calon pengantin dan pasangan usia subur (PUS). Intervensi dilakukan mulai dari pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri untuk mencegah anemia, pembinaan kelompok pusat inovasi dan konseling remaja, program Hebat (hidup sehat bersama sahabat), sampai dengan edukasi Kesehatan reproduksi calon pengantin.


    Kedua, fase ibu hamil dan ibu menyusui yang menyasar pada layanan telekonseling dan Bandung SAE atau sadayana asi ekslusif serta dengan memperhatikan gizi ibu menyusui.


    Ketiga, fase baduta (bayi usia sampai dua tahun) dengan mengembangkan pola asuh guna menstimulasi bayi sampai dengan usia balita (bawah lima tahun).


    “Inovasi yang berkelanjutan dan menyasar semua kalangan, menjadi tujuan Kota Bandung selalu berkolaborasi dengan semua pihak. Ketahanan pangan menjadi fokus Pemerintah Kota Bandung bersama seluruh stakeholder untuk tangguh menghadapi dampak dari pandemi Covid-19,” paparnya.


    Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Bandung, Siti Muntamah Oded mengatakan, selain intervensi Pemkot Bandung, ada pula upaya-upaya yang dilakukan oleh Tim Penggerak PKK untuk mendukung percepatan pencegahan dan penurunan stunting di Kota Bandung.


    Tim TP-PKK bekerja sama dengan banyak pihak dalam memberikan pelatihan bagi keluarga stunting untuk memiliki skill. Sehingga bisa memberikan tambahan pendapatan keluarga agar dapat memenuhi kebutuhan dasar.


    “Kami juga menyiapkan kader-kader posyandu sebagi support sistem di dalam penimbangan balita. Dan dalam rangka 2021 kegiatan canting ini adalah dengan membangun warung UP2K atau warung online UP2K,” bebernya. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    PLN Bangun Menara Darurat Untuk Cegah Tower Roboh
    bank bjb Hidupkan Kembali Tradisi Haji Geyot
    Jelang Lebaran, Stok Kepokmas di Kota Bandung Aman
    Steve Ewon Bersilaturahmi Bersama DPC Demokrat KBB
    Longsor Cipongkor, Bey:Pencarian Korban Diutamakan

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi