free hit counter code Yod Mintaraga: Jika Pembangunan Pertanian Pangan tak Ada, Urusan akan Repot - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Yod Mintaraga: Jika Pembangunan Pertanian Pangan tak Ada, Urusan akan Repot
Anggota DPPRD Jawa Barat Drs. Yod Mintaraga, MAP.

Yod Mintaraga: Jika Pembangunan Pertanian Pangan tak Ada, Urusan akan Repot

 

Juaranews, Tasikmalaya – Dunia pertanian di Jawa Barat harus mampu mempertahankan sebagai daerah lumbung pangan nasional. Harapan tersebut disampaikan Yod dalam reses dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (Musda HKTI) Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (10/3/2021).

 

"Dulu zaman Gubernur Aang Kunaefi dikenal pembangunan dengan istilah papan pageuh, ibadah maneuh, beuteung seubeuh," kata Yod.

 

Artinya, lanjut Yod, kalaupun pembangunan bidang lain seperti infrastruktur atau pendidikan sudah berjalan, jika pertanian tanaman pangan tidak ada, urusannya akan menjadi repot.

 

Yod menegaskan, pembangunan pertanian di Tasikmalaya sudah luar biasa karena sudah mampu melakukan ekspor padi organik ke luar negeri. Produksi pertanian di Tasikmalaya tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan sendiri, namun bisa melakukan ekspor.

 

Negara ini, kata Yod, sudah menunjukan kepada dunia internasional sebagai negara penghasil pangan dan tak diragukan lagi. Meskipun sekarang untuk masalah tanaman pangan ini sedang mengalami kemunduran, namun Jawa Barat masih menjadi penyuplai pangan nasional.

 

Ke depan, kata anggota dewan dari Dapil Kabupaten dan Kota Tasikmalaya ini, pembangunan pertanian menghadapi tantangan karena berbagai hal. Ia menjelaskan, semakin sumber daya manusia memiliki kuantitas, sejatinya harus semakin meningkatkan produktifitas pertanian. Demikian pula dari segi budaya, semakin maju budaya suatu daerah, harus semakin meningkatkan produktifitas pertanian yang pada gilirannya bisa menyejahterakan petani. (*)

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Bey Target Swasembada Pangan di Jabar
Sekretariat DPRD Jabar Gelar Halal Bihalal
Pentingnya Insan Perbankan Akan Bahaya korupsi
Ini Jalur Alternatif di Jabar saat Arus Balik
Dishub Jabar Siapkan Contra Flow Arus Balik

Editorial



    sponsored links