free hit counter code Mencetak Front Line Kegiatan Pertambangan Melalui Diklat POP dari PPSDM Geominerba - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


  • Sekretariat DPRD Jabar Gelar Halal Bihalal
    Sekretariat DPRD Jabar Gelar Halal Bihalal
    • 17 April 2024 | 17:41:00 WIB

    Sekretariat DPRD Jabar menggelar acara halal bihalal dengan tema Mari Perkuat Silaturahmi dan Sucikan Hati untuk Menggapai Kemenangan Hakiki.

Opini


    Mencetak Front Line Kegiatan Pertambangan Melalui Diklat POP dari PPSDM Geominerba

    Mencetak Front Line Kegiatan Pertambangan Melalui Diklat POP dari PPSDM Geominerba

    • Kamis, 4 Februari 2021 | 23:00:00 WIB
    • 0 Komentar

     

    JuaraNews, Bandung – Mengawali langkah baru yang penuh optimisme, di awal 2021, PPSDM Kembali menggelar rangkaian pendidikan dan pelatihan terkait industri pertambangan. Kali ini adalah Diklat Pemenuhan dan Uji Kompetensi bagi Pengawas Operasional Pertama (POP) pada Pertambangan.

     

    Digelar untuk kali pertama pada 2021, dan masih di tengah pandemi Covid-19, diklat ini menjadi salah satu upaya dari PPSDM Geominerba membantu perusahaan pemegang IUP. Tujuannya agar perusahaan bisa mempersiapkan para praktisi pertambangan pada tingkatan manajemen pertama yang mempunyai pengetahuan teknis sesuai dengan unit kompetensi sebagai pengawas operasional. 

     

    Diklat ini juga diharapkan dapat membantu para peserta melewati ujian sertifikasi sehingga dinyatakan sebagai pekerja yang kompeten untuk menduduki jabatan Pengawas Operasional Pertama. Sebanyak 22 orang dari perusahaan tambang nasional di seluruh Indonesia mengikuti diklat yang akan berlangsung selama 12 hari (11-22 Januari 2021) ini secara online.

     

    Lebih lama dari biasanya lantaran ada pertimbangan bagaimana membuat diklat tetap sangat efektif meski digelar secara online. Tentu juga memastikan peserta dapat sepenuhnya memahami materi yang diberikan.

     

    Materi yang akan diberikan di antaranya Pelaksanaan Peraturan Perundang-undangan Terkait Keselamatan Pertambangan; Pelaksanaan Inspeksi; Pelaksanaan Investigasi Kecelakaan; Pelaksanaan Peraturan Perundang-undangan Terkait Perlindungan Lingkungan; Identifikasi Bahaya dan Pengendalian Risiko. Ada juga Pelaksanaan Analisis Keselamatan Pekerjaan; Pelaksanaan Pertemuan Keselamatan Pertambangan Terencana; dan Pelaksanaan Tugas dan Tanggung Jawab Keselamatan Pertambangan pada Area yang menjadi Tanggung Jawabnya.

     

    Pelaksanaan ujian tulis dan lisannya juga dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting. Para peserta juga diberikan akun melalui LMS (Learning Management System) Geominerba (GISEL) sehingga memudahkan para peserta dalam memahami materi serta tanya jawab dengan pengajar. (IR)

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Cerita Pegawai PLN Tak Mudik Demi Amankan Listrik
    Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik
    Layanan Operasional Terbatas & Weekend Banking
    Operasi Pasar Ditarget Tuntas pada H-4 Lebaran
    KAI Operasikan 58 Perjalanan di Wilayah 2 Bandung

    Editorial



      sponsored links