Hot News


Opini


  • Kang Hariyawan
    Kang Hariyawan

    KANG Hariyawan sosok wartawan dan penulis yang kalem, tenang, sedikit bicara, dan banyak bekerja.

    Mencetak Front Line Kegiatan Pertambangan Melalui Diklat POP dari PPSDM Geominerba

    • Kamis, 4 Februari 2021 | 23:00:00 WIB
    • 0 Komentar


    Mencetak Front Line Kegiatan Pertambangan Melalui Diklat POP dari PPSDM Geominerba

     

    JuaraNews, Bandung – Mengawali langkah baru yang penuh optimisme, di awal 2021, PPSDM Kembali menggelar rangkaian pendidikan dan pelatihan terkait industri pertambangan. Kali ini adalah Diklat Pemenuhan dan Uji Kompetensi bagi Pengawas Operasional Pertama (POP) pada Pertambangan.

     

    Digelar untuk kali pertama pada 2021, dan masih di tengah pandemi Covid-19, diklat ini menjadi salah satu upaya dari PPSDM Geominerba membantu perusahaan pemegang IUP. Tujuannya agar perusahaan bisa mempersiapkan para praktisi pertambangan pada tingkatan manajemen pertama yang mempunyai pengetahuan teknis sesuai dengan unit kompetensi sebagai pengawas operasional. 

     

    Diklat ini juga diharapkan dapat membantu para peserta melewati ujian sertifikasi sehingga dinyatakan sebagai pekerja yang kompeten untuk menduduki jabatan Pengawas Operasional Pertama. Sebanyak 22 orang dari perusahaan tambang nasional di seluruh Indonesia mengikuti diklat yang akan berlangsung selama 12 hari (11-22 Januari 2021) ini secara online.

     

    Lebih lama dari biasanya lantaran ada pertimbangan bagaimana membuat diklat tetap sangat efektif meski digelar secara online. Tentu juga memastikan peserta dapat sepenuhnya memahami materi yang diberikan.

     

    Materi yang akan diberikan di antaranya Pelaksanaan Peraturan Perundang-undangan Terkait Keselamatan Pertambangan; Pelaksanaan Inspeksi; Pelaksanaan Investigasi Kecelakaan; Pelaksanaan Peraturan Perundang-undangan Terkait Perlindungan Lingkungan; Identifikasi Bahaya dan Pengendalian Risiko. Ada juga Pelaksanaan Analisis Keselamatan Pekerjaan; Pelaksanaan Pertemuan Keselamatan Pertambangan Terencana; dan Pelaksanaan Tugas dan Tanggung Jawab Keselamatan Pertambangan pada Area yang menjadi Tanggung Jawabnya.

     

    Pelaksanaan ujian tulis dan lisannya juga dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting. Para peserta juga diberikan akun melalui LMS (Learning Management System) Geominerba (GISEL) sehingga memudahkan para peserta dalam memahami materi serta tanya jawab dengan pengajar. (IR)

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Kehadiran Ruby Resto Poles Wajah Hotel Geowisata Inn Kian Menarik
    Program Perbaikan Rutilahu Jabar Jadi Stimulus Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19
    Upayakan Penghasilan Tambahan di Masa Pandemi, DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias
    Pecahkan Masalah, Petani dan Pemerintah Harus Duduk Sama-sama
    Yod Mintaraga: Tantangan Dunia Pertanian adalah Permodalan
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      iklan qposaja

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads