free hit counter code Gerpis Sebut Orang Sunda Cocok Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Gerpis Sebut Orang Sunda Cocok Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan
(Foto: Rid/JuaraNews) Ketua Gerakan Pilihan Sunda (Gerpis), Andri P. Kantaprwira.

Gerpis Sebut Orang Sunda Cocok Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan

  • Rabu, 16 Desember 2020 | 11:37:00 WIB
  • 0 Komentar

 

JuaraNews, Bandung - Gerakan Pilihan Sunda (Gerpis) menilai orang Sunda sangat cocok untuk memempati kosongnya kursi Menteri Perikanan dan Kelautan karena sejatinya suku Sunda berasal dari kerajaan maritime.

 

Ketua Gerpis, Andri P. Kantaprwira mengatakan bahwa orang Sunda itu adalah orang-orang visioner yang punya kemampuan teknokratik. Selain itu, lanjut dia, orang Sunda memiliki nenek moyang para pelaut yang andal.

 

"Kita tahu bahwa Sunda itu adalah salah satu kerajaan maritim tertua di Indonesia yaitu sejak salakanegara abad ke-1 dan Padjadjaran itu adalah kerajaan maritim yang mempunyai 7 Pelabuhan," kata Andri di Bandung, Selasa (15/12/2020), malam.

 

Dia menjelaskan, kemakmuran Kerajaan Padjadjaran itu karena berbasis maritim, maka tidak heran ketika banyak pemikir-pemikir maritim kelautan yang hebat berasal dari orang Sunda seperti tokoh monumental yaitu Insinyur Haji Juanda.

 

"Kalau kita bicara tentang kemaritiman juga Menteri Maritim pertama, kan orang Sunda yang berhasil memberikan pondasi-pondasi di bidang kemaritiman," jelasnya.

 

Andri mengungkapkan bahwa dalam Kongres Sunda Wirayuda Djuanda mengatakan sebagai penunjang pondasi kemaritiman di Indonesia itu jangan memisahkan antara tanah dan air. Karena, sambung dia, bersatunya tanah dan air dalam ruang geopolitik serta geostrategis merupakan wujud kesatuan dan persatuan.

 

"Deklarasi Djuanda itu jadi saya melihat ada orang-orang Sunda itu memimpin departemen strategis di bidang kemaritiman ini berhasil membawa, membangun sebuah pondasi-pondasi besar," ungkapnya.

 

Andri Berharap, orang Sunda dapat menempati posisi Menteri Kelautan dan Perikanan atau bidang kemaritiman yang strategis sehingga dapat membantu perekonomian Indonesia disektor kelautan.

 

"Jadi kalau nanti ke depan ini ada resufle kabinet, orang Sunda diberikan posisi di departemen strategis Perikanan dan Kelautan dan dia (orang Sunda) profesional," tutupnya. (*)

Oleh: ridwan / rid

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


3 Raperda Prakarsa DPRD Jabar Tuntas Dibahas
Bey Target Swasembada Pangan di Jabar
Legislator Minta Regulasi PPDB Zonasi Dievaluasi
Komisi V Dorong Penerbitan Kepgub Upah Buruh
Sekretariat DPRD Jabar Gelar Halal Bihalal

Editorial



    sponsored links