Hot News


Opini


  • Peran Pemuda dalam Mekanisme Islam
    Peran Pemuda dalam Mekanisme Islam

    PEMUDA adalah pelopor perubahan di tangannya estapet kepemimpinan akan dilanjutkan. Untuk membentuk pemuda yang berjiwa pemimpin memerlukan banyak dukungan.

    Gerpis Sebut Orang Sunda Cocok Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan

    • Rabu, 16 Desember 2020 | 11:37:00 WIB
    • 0 Komentar


    Gerpis Sebut Orang Sunda Cocok Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan
    Ketua Gerakan Pilihan Sunda (Gerpis), Andri P. Kantaprwira. (Foto: Rid/JuaraNews)

     

    JuaraNews, Bandung - Gerakan Pilihan Sunda (Gerpis) menilai orang Sunda sangat cocok untuk memempati kosongnya kursi Menteri Perikanan dan Kelautan karena sejatinya suku Sunda berasal dari kerajaan maritime.

     

    Ketua Gerpis, Andri P. Kantaprwira mengatakan bahwa orang Sunda itu adalah orang-orang visioner yang punya kemampuan teknokratik. Selain itu, lanjut dia, orang Sunda memiliki nenek moyang para pelaut yang andal.

     

    "Kita tahu bahwa Sunda itu adalah salah satu kerajaan maritim tertua di Indonesia yaitu sejak salakanegara abad ke-1 dan Padjadjaran itu adalah kerajaan maritim yang mempunyai 7 Pelabuhan," kata Andri di Bandung, Selasa (15/12/2020), malam.

     

    Dia menjelaskan, kemakmuran Kerajaan Padjadjaran itu karena berbasis maritim, maka tidak heran ketika banyak pemikir-pemikir maritim kelautan yang hebat berasal dari orang Sunda seperti tokoh monumental yaitu Insinyur Haji Juanda.

     

    "Kalau kita bicara tentang kemaritiman juga Menteri Maritim pertama, kan orang Sunda yang berhasil memberikan pondasi-pondasi di bidang kemaritiman," jelasnya.

     

    Andri mengungkapkan bahwa dalam Kongres Sunda Wirayuda Djuanda mengatakan sebagai penunjang pondasi kemaritiman di Indonesia itu jangan memisahkan antara tanah dan air. Karena, sambung dia, bersatunya tanah dan air dalam ruang geopolitik serta geostrategis merupakan wujud kesatuan dan persatuan.

     

    "Deklarasi Djuanda itu jadi saya melihat ada orang-orang Sunda itu memimpin departemen strategis di bidang kemaritiman ini berhasil membawa, membangun sebuah pondasi-pondasi besar," ungkapnya.

     

    Andri Berharap, orang Sunda dapat menempati posisi Menteri Kelautan dan Perikanan atau bidang kemaritiman yang strategis sehingga dapat membantu perekonomian Indonesia disektor kelautan.

     

    "Jadi kalau nanti ke depan ini ada resufle kabinet, orang Sunda diberikan posisi di departemen strategis Perikanan dan Kelautan dan dia (orang Sunda) profesional," tutupnya. (*)

    Oleh: ridwan / rid

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Peran IRMAS Dibutuhkan Dalam Mencegah Kenakalan Remaja
    Sigap Bencana, Jabar Susun Peta Rawan Bencana
    Besok Joe Biden Dilantik Jadi Presiden AS, Ini Sumpah yang Diucapkannya
    Seluruh Korban Longsor Sumedang Ditemukan
    Penyumbang Plasma Darah Penyintas Covid-19 Masih Rendah
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads