free hit counter code Forum Zakat Mendorong Empat Agenda Strategis Untuk Menguatkan Gerakan Zakat Nasional - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Forum Zakat Mendorong Empat Agenda Strategis Untuk Menguatkan Gerakan Zakat Nasional
JuaraNews/Abdul Basir Konferensi Pers perhelatan tahunan CEO OPZ Forum di Hotel Aryaduta Kota Bandung, Kamis (26/11/2020)

Forum Zakat Mendorong Empat Agenda Strategis Untuk Menguatkan Gerakan Zakat Nasional

  • Kamis, 26 November 2020 | 13:18:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Forum Zakat (FOZ) selaku asosiasi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) mendorong empat agenda strategis untuk menguatkan basis gerakan zakat di Indonesia.


Ketua Umum Forum Zakat Bambang Suherman mengatakan, dengan tantangan dan perkembangan dinamika zakat di Indonesia, maka FOZ memandang perlu konsolidasi tidak hanya di kalangan praktisi pegiat zakat semata, namun juga mendorong peran aktif negara yang lebih lagi.


"Agenda strategis pertama adalah peran aktif gerakan zakat melalui Forum Zakat dalam merespon pandemi COVID-19. Dengan berlipatnya tingkat penularan COVID-19 serta bertambahnya jumlah orang miskin di Indonesia," kata Bambang dalam Konferensi Pers perhelatan tahunan CEO OPZ Forum di Hotel Aryaduta Kota Bandung, Kamis (26/11/2020).


Menurutnya, Hingga November 2020, Forum Zakat mencatat telah tersalurkan Rp576.766.759.411 miliar rupiah dari penggalangan dana publik masyarakat dan menjangkau masyarakat di 34 provinsi merasakan manfaat dari program-program kemanusiaan lembaga zakat.


Adapun, kata Bambang kolaborasi penanganan COVID-19 yang dikoordinir oleh Forum Zakat meliputi tiga klaster layanan yaitu; Pencegahan penyebaran dan bantuan APD bagi tenaga kesehatan, Penanganan ODP, PDP, dan pemulasaraan jenazah, dan Bantuan Ekonomi Terdampak.

 

"Peran aktif anggota-anggota Forum Zakat dalam merespon pandemi dan dampak sosial ekonomi masyarakat Indonesia berhadapan dengan masalah legalitas lembaga," lanjutnya.


Menurutnya, agenda strategis kedua, Forum Zakat memandang perlunya perbaikan tata kelola administrasi BAZNAS dan Kementerian Agama dalam hal perijinan, agar mendorong partisipasi masyarakat yang luas melalui LAZ dalam merespon pandemi dan isu-isu kemiskinan lainnya.


Selanjutnya, Forum Zakat juga mendorong upaya aktif negara memperhatikan kesejahteraan amil zakat serta memberikan insentif dalam bentuk asuransi kesehatan nasional dan lainnya.


"Terpilihnya komisioner Baznas periode 2020-2025 menjadi momentum baik untuk mengkonsolidasi dan menguatkan sinergi kolaborasi pemerintah dan masyarakat," ungkapnya.


Terakhir, strategis yang diusung oleh Forum Zakat untuk menguatkan peran serta kolaborasi strategis antar pemangku kepentingan dalam merespon pandemi dan dampakdampak yang timbul karenanya. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif
Target Angka Penurunan Stunting  Masih Jauh

Editorial



    sponsored links