Bank BJB top banner

Hot News


Opini


  • Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru
    Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru

    MEMILIKI rumah merupakan impian setiap orang terlebih bagi seorang guru karena rumah termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

    Forum Zakat Mendorong Empat Agenda Strategis Untuk Menguatkan Gerakan Zakat Nasional

    • Kamis, 26 November 2020 | 13:18:00 WIB
    • 0 Komentar


    Forum Zakat Mendorong Empat Agenda Strategis Untuk Menguatkan Gerakan Zakat Nasional
    Konferensi Pers perhelatan tahunan CEO OPZ Forum di Hotel Aryaduta Kota Bandung, Kamis (26/11/2020) JuaraNews/Abdul Basir

    JuaraNews, Bandung - Forum Zakat (FOZ) selaku asosiasi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) mendorong empat agenda strategis untuk menguatkan basis gerakan zakat di Indonesia.


    Ketua Umum Forum Zakat Bambang Suherman mengatakan, dengan tantangan dan perkembangan dinamika zakat di Indonesia, maka FOZ memandang perlu konsolidasi tidak hanya di kalangan praktisi pegiat zakat semata, namun juga mendorong peran aktif negara yang lebih lagi.


    "Agenda strategis pertama adalah peran aktif gerakan zakat melalui Forum Zakat dalam merespon pandemi COVID-19. Dengan berlipatnya tingkat penularan COVID-19 serta bertambahnya jumlah orang miskin di Indonesia," kata Bambang dalam Konferensi Pers perhelatan tahunan CEO OPZ Forum di Hotel Aryaduta Kota Bandung, Kamis (26/11/2020).


    Menurutnya, Hingga November 2020, Forum Zakat mencatat telah tersalurkan Rp576.766.759.411 miliar rupiah dari penggalangan dana publik masyarakat dan menjangkau masyarakat di 34 provinsi merasakan manfaat dari program-program kemanusiaan lembaga zakat.


    Adapun, kata Bambang kolaborasi penanganan COVID-19 yang dikoordinir oleh Forum Zakat meliputi tiga klaster layanan yaitu; Pencegahan penyebaran dan bantuan APD bagi tenaga kesehatan, Penanganan ODP, PDP, dan pemulasaraan jenazah, dan Bantuan Ekonomi Terdampak.

     

    "Peran aktif anggota-anggota Forum Zakat dalam merespon pandemi dan dampak sosial ekonomi masyarakat Indonesia berhadapan dengan masalah legalitas lembaga," lanjutnya.


    Menurutnya, agenda strategis kedua, Forum Zakat memandang perlunya perbaikan tata kelola administrasi BAZNAS dan Kementerian Agama dalam hal perijinan, agar mendorong partisipasi masyarakat yang luas melalui LAZ dalam merespon pandemi dan isu-isu kemiskinan lainnya.


    Selanjutnya, Forum Zakat juga mendorong upaya aktif negara memperhatikan kesejahteraan amil zakat serta memberikan insentif dalam bentuk asuransi kesehatan nasional dan lainnya.


    "Terpilihnya komisioner Baznas periode 2020-2025 menjadi momentum baik untuk mengkonsolidasi dan menguatkan sinergi kolaborasi pemerintah dan masyarakat," ungkapnya.


    Terakhir, strategis yang diusung oleh Forum Zakat untuk menguatkan peran serta kolaborasi strategis antar pemangku kepentingan dalam merespon pandemi dan dampakdampak yang timbul karenanya. (*)

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Mudik Resmi Dilarang, Dua Daerah di Jabar Masuk  Zona Merah Covid-19
    Setelah Ditolak Menkumham, Dua Gugatan Moeldoko Cs Juga Ditolak Pengadilan
    Antisipasi Kebocoran Pemudik, Pemprov Jabar Siapkan 2.500 Ruang Isolasi di Desa/Kelurahan
    Airlangga Hartarto Capres Berpotensi Tertinggi, Namun Dinilai Masih Belum Populis
    Ketua SOKSI Jabar: Partai Golkar Harus Miliki Capres Sendiri di Pilpres 2024
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Bank BJB kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads