free hit counter code Kuliner dan Pertanian, Sektor UMKM yang Bertahan di Masa Pandemi Covid-19 - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Kuliner dan Pertanian, Sektor UMKM yang Bertahan di Masa Pandemi Covid-19
ilustrasi

Kuliner dan Pertanian, Sektor UMKM yang Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

  • Kamis, 26 November 2020 | 03:41:00 WIB
  • 0 Komentar

 

UBAHLAKU.ID – Para pelaku UMKM dapat mengambil peluang dari sektor kuliner dan pertanian yang terbukti meski pandemi tetap hidup, bahkan berkembang pesat. Ini tidak lepas dari gaya hidup masyarakat di tengah wabah virus yang cenderung berbelanja makanan secara daring.

 

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil mengatakan hal itu saat memberikan tips sukses bagi UMKM di tengah pandemi COVID-19 pada acara "Peningkatan Motivasi UMKM DWP BPTD Wil IX Jabar" di Hotel Holiday Inn, Bandung, Selasa (24/11/2020).

 

Dalam kondisi apapun masyarakat membutuhkan makan sehingga industri kuliner tidak akan pernah mati. "Makanan itu kebutuhan primer yang akan didahulukan dibanding kebutuhan lainnya," kata Atalia saat berbagi tips.

 

Tak hanya itu, lanjut Attalia, bidang pertanian sama memiliki prospek cerah. Pandemi telah memunculkan budaya baru di masyarakat, yakni urban farming; di mana sekarang lebih senang menghasilkan bahan makanan sendiri tanpa harus keluar rumah dan mengeluarkan uang belanja. Ini bisa jadi cara berhemat di tengah masa pandemi yang membuat banyak orang kehilangan pendapatan.

 

Sedangkan di bidang kesehatan, kata Atalia, layak untuk dicoba pelaku UMKM. Wabah Covid-19 telah membawa kesadaran masyarakat pentingnya menjaga kesehatan. Produk–produk kesehatan modern dan tradisional seperti jamu, herbal, dan rempah akan menjadi tren mendatang.

 

Dalam posisi ini,  UMKM akan lebih berkembang jika misalnya pandai memanfaatkan internet dan teknologi digital dalam promosi, pemasaran, dan penjualan. Namun hal ini harus disertai dengan kepercayaan diri yang menjadi kunci keberhasilan UMKM. “Kunci UMKM berhasil harus memiliki rasa percaya diri, memperluas jaringan pasar, kreatif, inovatif, terbuka untuk informasi, berpikir positif, telaten, sabar. Serta kemauan keras dan siap ambil risiko," imbuh Atalia.

 

Selain itu tidak kalah penting, menurut Atalia, pelaku UMKM juga harus jeli dalam menentukan produk yang akan dijual. “Apakah dibutuhkan disukai dan diketahui masyarakat,” katanya. 

 

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jabar mencatat, saat ini sebanyak 58.263 UMKM di seluruh Jabar terdampak oleh COVID-19. Paling tinggi berada di Kabupaten Tasikmalaya disusul Kabupaten Ciamis.

 

UMKM terdampak di dua daerah ini kebanyakan bergerak di bidang kerajinan. Di tengah resesi ekonomi, daya beli masyarakat turun dan cenderung menabung dan mengeluarkan uang untuk hal-hal pokok. "Karena mereka mengutamakan lebih banyak ke produk kerajinan yang bukan kebutuhan primer," ucap Atalia. (*)

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Lancar
Pemprov Jabar Diminta Selesaikan Sertifikasi Aset
44 Anggota DPRD Jabar Belum Laporkan LHKPN
KPK Ingatkan Pemprov  Soal Pencegahan Korupsi
Perluasan Wolbachia Jabar tunggu Hasil Ujungberung

Editorial



    sponsored links