free hit counter code Gubernur: Pengetesan PCR di Jawa Barat Sudah Penuhi Standar WHO - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Gubernur: Pengetesan PCR di Jawa Barat Sudah Penuhi Standar WHO
Konperensi pers Gubernur Jabar di Makodam III

Gubernur: Pengetesan PCR di Jawa Barat Sudah Penuhi Standar WHO

  • Selasa, 20 Oktober 2020 | 12:43:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung – Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pengetesan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dilalukan di Jabar sudah memenuhi standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni terhadap 1 persen dari total populasi.

 

Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil dalam konperensi pers mingguan di Makodam III/ Siliwangi, Kota Bandung, Senin (19/10/2020).

 

Menurut Gubernur, berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar) hingga Senin (19/10) pukul 18:00 WIB, terdapat 499.269 tes PCR yang tersedia di Jabar. Merujuk Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jabar, total penduduk Jabar per 2019 adalah 49,3 juta jiwa.

 

"Minggu ini Jabar sudah memenuhi standar WHO. Jadi tes PCR kami minggu ini sudah 1 persen dari jumlah populasi di angka mendekati 50 juta, di (kurang lebih) 500 ribu tes PCR. Kami akan terus tingkatkan upaya pengendalian dan peningkatan kapasitas testing," kata Emil.

 

Dia mengatakan, hanya terdapat dua Zona Merah (Risiko Tinggi) di Jabar pada data periode 12-18 Oktober 2020.  

 

“Zona Merah sekarang hanya ada dua di minggu ini, yaitu Kabupaten Bekasi dan Kota Cirebon. Mudah-mudahan dengan metode (penanggulangan) yang terus kita lakukan, Zona Merah (di Jabar) bisa nol," kata Gubernur.

 

Emil menjelaskan, tingkat kesembuhan (recovery rate) Covid-19 di Jabar meningkat dan per 17 Oktober berada di angka 66,32 persen. Tingkat kematian (case fatality rate) akibat Covid-19 juga terus menurun, per 17 Oktober 2020 berada di angka 1,86 persen atau lebih rendah 1,61 persen dibandingkan angka nasional (3,47 persen).

 

“Saya kira dua kabar baik tersebut bisa menjadi indikator bahwa apa yang kita upayakan ini membuahkan sebuah keterkendalian yang membaik, termasuk angka Reproduksi Efektif (Rt) Covid-19 Jabar di angka 1,04 (per 17 Oktober 2020)," tutur Emil. (*)

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Sekda Instruksikan Pemda Data Dampak Gempa Garut
Sejumlah Bangunan Rusak Akibat Gempa M 6,5 Garut
13.050 Jemaah Haji Asal Jabar Berangkat dari BIJB
Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel

Editorial



    sponsored links