free hit counter code Tingkatkan Rasio Pengetesan Covid-19, Ridwan Kamil Hibahkan PCR Portable ke 27 Daerah - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Tingkatkan Rasio Pengetesan Covid-19, Ridwan Kamil Hibahkan PCR Portable ke 27 Daerah
(istimewa/humas pemprov jabar) Emil menyerahka PCR protable secara simbolis

Tingkatkan Rasio Pengetesan Covid-19, Ridwan Kamil Hibahkan PCR Portable ke 27 Daerah

  • Minggu, 30 Agustus 2020 | 18:29:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Cirebon - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covis-19 Jabar Jabar menyerahkan Polymerase Chain Reaction (PCR) Portable kepada semua daerah di Jabar.

 

Dengan PCR Portable, rasio pengetesan metode uji usap (swab test) PCR di Jabar diharapkan meningkat, dan pelacakan kontak erat bisa berjalan lebih cepat.

 

Ketua Gugus Tugas Jabar Ridwan Kamil menyerahkan secara simbolis PCR Portable kepada Wali Kota Cirebon di Kantor Balai Kota Cirebon, Minggu (30/8/2020). Penyerahan tersebut disaksikan langsung oleh 26 kepala daerah lainnya melalui video conference.

 

Emil meminta Gugus Tugas Kabupaten/Kota fokus mengetes kawasan industri. Salah satunya dengan menggunakan PCR Portable. Sebab, kata dia, sudah muncul klaster penularan Covid-19 di kawasan industri.

 

"Ada klaster di tempat kerja, khususnya industri. Maka, saya titip kepada seluruh bupati dan wali kota yang punya zona industri untuk diprioritaskan dalam tes PCR," kata Emil.

 

Dengan PCR Portable, kata Emil, pengetesan Covid-19 dapat dilakukan di daerah pelosok Jabar, terutama yang sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM). Karena berukuran sebesar koper kecil, PCR Portabel mudah dibawa ke mana saja.

 

"Polanya tidak usah warga yang datang ke laboratorium, tapi koper canggih ini bisa dibawa petugas menggunakan motor hingga ke gunung-gunung," ucapnya.

 

Emil pun berharap rasio pengetesan di Jabar terus meningkat sehingga peta persebaran Covid-19 semakin komprehensif dan rantai penularan Covid-19 dapat diputus.

 

Merujuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Jabar harus mengetes dengan metode uji usap sebanyak 500.000 atau satu persen dari jumlah penduduk. Berdasarkan data Pikobar pada Minggu (30/8/2020) pukul 14.30 WIB, Gugus Tugas Jabar sudah mengetes dengan metode PCR sebanyak 223.287 spesimen.

 

"Ini adalah inovasi yang kami hadirkan khususnya kepada wilayah yang membutuhkan kenaikan rasio. Harapannya rasio testing naik dan kami bisa mengendalikan (Covid-19)," katanya.

 

"Kalau tes PCR saja, kami baru mencapai 200 ribu lebih, itupun sudah tertinggi di Indonesia di luar DKI Jakarta. Dengan hibah ini, kami harap para bupati/wali kota bisa menaikkan rasio testing ke satu persen dari total jumlah penduduk masing-masing," imbuhnya.

 

Gugus Tugas Jabar sendiri memiliki 29 unit PCR Portable. Sebanyak 27 unit di antaranya dihibahkan dengan status pinjam pakai ke 27 kabupaten/kota. Dua unit lainnya akan digunakan Laboratorium Kesehatan (Labkes) Jabar.

 

"PCR Portabel ini statusnya hibah pinjam pakai, 2 unit lagi kami siapkan di Labkes Jabar bila ada daerah yang membutuhkan tambahan alat," ucapnya.

 

Ketua Divisi Pelacakan, Pengujian, dan Manajemen Laboratorium Gugus Tugas Jabar Siska Gerfianti mengatakan, selain PCR Portable, pihaknya menyalurkan 15.000 test kit PCR kepada 27 kabupaten/kota. Menurut ia, PCR Portable didesain untuk fast tracing, testing, dan treatment.

 

"Jadi ini bisa dibawa ke mana-mana, bisa dilakukan di berbagai suhu kamar. Tidak harus minus 20 derajat dan lain-lain sehingga PCR ini bisa digunakan lebih cepat dan kontak erat dari pasien positif juga lebih cepat dilakukan," kata Siska.

 

Dengan adanya PCR Portable, Siska optimistis swab test di Jabar dapat mencapai 50.000 sampel per pekan. Angka tersebut merujuk standar WHO.

 

"Untuk mengejar target pengetesan 50 ribu tes PCR per minggu hingga Jumat malam sampel yang diperiksa sudah hampir 40 ribu tinggal memaksimalkan hari Sabtu dan Minggu. Kita yakin bisa melampaui 50 ribu pemeriksaan sampel PCR per minggu," ucapnya. (*)

Oleh: JuaraNews / jar

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Lancar
Pemprov Jabar Diminta Selesaikan Sertifikasi Aset
44 Anggota DPRD Jabar Belum Laporkan LHKPN
KPK Ingatkan Pemprov  Soal Pencegahan Korupsi
Perluasan Wolbachia Jabar tunggu Hasil Ujungberung

Editorial



    sponsored links