free hit counter code Indonesia vs Vietnam: Berburu Peluang ke Putaran 3 - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Indonesia vs Vietnam: Berburu Peluang ke Putaran 3
    (juaranews) Indonesia jamu Vietnam di kualifikasi Piala Dunia

    kualifikasi piala dunia 2026

    Indonesia vs Vietnam: Berburu Peluang ke Putaran 3

    JuaraNews, Bandung – Timnas Indonesia bakal melakoni laga penting di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, kontra Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024) mulai pukul 20.30 WIB.

     

    Laga yang digelar dalam format home and away tersebut menjadi krusial karena akan menentukan langkah tim Garuda lama menuju pentas Piala Dunia 2026 yang akan digelar di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada tersebut.

     

    Skuat Garuda tentu membidik kemenangan guna membuka peluang lolos ke putaran selanjutnya. Saat ini, Indonesia menempati posisi 4 atau buncit di klasemen sementara Grup F dengan raihan 1 poin, dari hasil sekali kalah oleh Irak (5-1) dan imbang 1-1 lawan Filipina. Sementara Vietnam menduduki posisi 2 dengan 3 poin, dari sekali kalah oleh Irak (1-0) dan menang 2-0 atas Filipina. Untuk melanjutkan kiprahnya di kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia harus menyelesaikan putaran kedua dengan minimal finis di posisi 2.

     

    Perjuangan tim asuhan Pelatih Shin Tae-yong untuk meraih kemenangan pun tidaklah mudah, karena yang dihadapi adalah Vietnam, yang merupakan salah satu tim yang bagus di kawasan Asia Tenggara. The Golden Stars yang tercatat memiliki peringkat FIFA di urutan 105 pernah tampil 2 kali sebagai juara Piala AFF, yakni pada 2008 dan 2018. Vietnam juga merupakan runner-up pada perhelatan Piala AFF terakhir pada 2022 lalu. Sementara Indonesia yang menempati peringkat 146 FIFA, belum sekalipun jadi juara Piala AFF. Prestasi tertinggi tim Merah Putih, hanya sebagai runner-up sebanyak 6 kali, yakni pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020.

     

    Hadapi Vietnam, STY Janjikan Raih Poin Maksimal

    Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama Sandy Walsh dalam sesi konferensi pers jelang laga kontra Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (20/3/2024). 

     

    STY Yakin Timnas Indonesia Raih Hasil Positif

    Pada laga nanti, Caoch STY menjanjikan pasukannya akan menampilkan permainan terbaiknya. Hal tersebut disampaikan STY menanggapi besarnya antusiasme suporter Indonesia yang akan memenuhi SUGBK. PSSI melaporkan bahwa 60 ribu lembar tiket laga pertama Indonesia kontra Vietnam telah terjual habis. STY pun senang dan menghargai dukungan warga Indonesia tersebut.

     

    "Tiket sold out tentu akan bagus karena akan ada dukungan suporter untuk tim kita sehingga bisa mengalahkan vietnam," ujar STY dalam sesi konferensi pers jelang laga di SUGBK, Rabu (20/3/2024).

     

    STY sendiri menilai laga tersebut sangat penting untuk perjalanan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Untuk itu, pasukannya akan mengeluarkan segenap kemampuan untuk meraih kemenangan.

     

    "Kami harus menunjukkan penampilan terbaik untuk bisa hasil yang terbaik dengan mengikuti instruksi," ucapnya.

     

    Dia mengakui skuat Merah Putih tidak akan mudah untuk memetik poin penuh dari The Golden Stars. Pasalnya, banyak pemain penting yang mengalami cedera jelang lagatersebut. Setidaknya 4 pemain tidak bisa diturunkan, yakni kapten tim Asnawi Mangkualam yang terkena hukuman akumulasi kartu kuning. Lalu Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Yance Sayuri karena mengalami cedera.

     

    Namun STY mendapat tambahan tenaga baru dengan masuknya Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On yang sudah rampung proses naturalisasinya. STY juga kemungkinan besar sudah bisa menurunkan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen yang baru disumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI), Senin (18/3/2024) malam. Namun keduanya masih harus menunggu proses peralihan federasi dari Belanda ke Indonesia. Kendati demikian, STY tetap yakin pasukannya bisa meraih hasil positif.

     

    "Kita harus optimistis. Semua pemain dalam kondisi siap tempur. Tidak ada masalah dengan pemain. Soal siapa yang akan diturunkan dan siapa kapten nanti, kita tunggu saja,’’ jelas STY.

     

    Pada laga nanti, STY sendiri menargetkan gawang timnya tidak kebobolan, dan pasukannya mencetak banyak gol ke gawang Vietnam. Performa timnas di Piala Asia 2023 sejatinya kurang memuaskan karena skuat Garuda kurang tajam di depan gawang.

     

    Secara keseluruhan, timnas Indonesia hanya mampu mengemas 3 gol dan kebobolan 10 kali. STY mengakui timnas merupakan tim terlemah di Piala Asia 2023 jika berkaca kepada ranking FIFA. “Di Piala Asia kemarin memang tim Indonesia yang paling lemah dari semua tim yang berpartisipasi. Apalagi tim-tim di grup kami prestasinya baik. Semua tim kuat dan bagus. Jadi, timnas Indonesia lebih banyak kebobolan daripada mengemas gol,” ungkap pelatih asal Korsel.

     

    STY punya keyakinan tim asuhannya bakal tampil berbeda saat melawan Vietnam. Pasukannya, tegas STY, siap mencetak gol lebih banyak dan menjaga gawang tetap bersih dari kebobolan. “Namun, timnas Indonesia mempunyai banyak harapan dan masih berkembangLaga melawan Vietnam pun bakal diupayakan tidak akan kebobolan dan mampu banyak mencetak gol. Memang itu yang dipersiapkan,” jelasnya.

     

    STY menambahkan, timnas Indonesia sudah sepenuhnya siap melakoni laga kontra Vietnam. “Saya berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan diri melawan Vietnam. Memang ada beberapa pemain cedera yang tidak bisa bergabung ke timnas. Namun, pemain-pemain yang ada di sini sudah bekerja keras,” pungkasnya.

     

    Vietnam Percaya Diri Bisa Curi Poin dari Indonesia

    Pelatih timnas Vietnam Phillippe Troussier dalam sesi konferensi pers jelang laga kontra Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (20/3/2024). 

     

    Vietnam Percaya Diri Bisa Curi Poin dari Indonesia

    Dari kubu tim tamu, Pelatih Philippe Troussier cukup percaya diri pasukannya bisa mencuri poin dari Indonesia. Troussier mengakui SUGBK yang menjadi kandang tim Garuda memiliki magis yang kuat bagi tim lawan. Kendati demikian, Troussier menegaskan, timnya akan berusaha keras meraih poin di SUGBK yang bakal dipadati suporter tuan rumah.

     

    "Kami akan berusaha keras untuk mencapai tujuan dengan baik. Terutama melewati tekanan di stadion yang penuh dengan suporter yang bersemangat. Yang terpenting adalah pemain Vietnam semua siap," ungkap Troussier dalam sesi konferensi pers jelang laga di SUGBK, Rabu (19/3/2024).

     

    "Saat ini, Vietnam sangat percaya diri dan akan menunjukkannya pada besok. Bertanding sebagai tamu di SUGBK adalah tantangan besar bagi kami, tapi kami menyukai tantangan. Saya telah melatih Vietnam selama setahun. Saya yakin kami telah mengumpulkan cukup pengalaman dan kesiapan untuk bertarung," sambungnya.

     

    Troussier pun meyakini timnya bisa bermain lebih baik dibanding saat dikalahkan Indonesia di ajang Piala Asia 2023 Qatar lalu. Pada laga tersebut, Nguyen Quang Hai dan kawan-kawan kalah 0-1 oleh tim Garuda.

     

    "Di Piala Asia 2023, meskipun Vietnam tidak mencapai target yang diharapkan, kami masih memiliki hasil. Misalnya, kami kalah dari Timnas Indonesia tetapi banyak hal positif yang ditunjukkan pada babak kedua," jelas Troussier.

     

    Pelatih asal Prancis ini mengaku tekanan dari dalam negeri Vietnam terhadapi timnya cukup besar, setelah anak-anak asuhnya gagal meraih kemenangan dalam 3 laga fase grup di Piala Asia lalu. Bahkan, menurutnya, sebagian besar warga Vietnam memprediksi pasukannya kalah oleh Indonesia, dan dirinya akan dipecat oleh federasi sepak bola Vietnam (VFF).

     

    Namun menurut suksesor Park Hang-seo tersebut, saat ini justru menjadi moment bagi timnya untuk membuktikan kepada publik Vietnam.

     

    "Di Vietnam 80 persen orang menunggu kapan VFF akan memecat saya. Setiap hari saya membawa surat kabar, orang-orang menunggu, kapan orang tua dari Prancis ini akan keluar dari negara Vietnam. Dan kita lihat di sini ada wartawan-wartawan yang menulis hal itu setiap harinya," ucap Troussier yang ditujukan kepada sejumlah wartawan Vietnam yang mengikuti konferensi pers.

     

    "'Sepak bola pelatih Prancis ini tidak cocok untuk sepak bola Vietnam. Pelatih Prancis ini ingin menghancurkan sepak bola Vietnam'. Ini adalah yang kalian tulis setiap hari. Kemudian secara otomatis para fans mengikuti apa yang kalian tulis," ujar Troussier sambil menunjuk ke sejumlah wartawan Vietnam.

     

    Vietnam sendiri menelan kekalahan dari 4 laga terakhirnya, yakni 3 kali di ajang Piala Asia 2023, salah satunya dari Indonesia, serta sekali di kualifikasi Piala Dunia 2026, saat ditekuk Irak 1-0. Kepercayaan fans pada Troussier menurun. Namun, Troussier yakin pemain the Golden Stars masih memiliki komitmen dan siap memberikan yang terbaik.

     

    "Mungkin banyak orang yang tidak mempercayai saya, mungkin mereka mengumpulkan informasi buruk tentang saya melalui jejaring sosial, namun semua orang dapat percaya bahwa tim akan selalu melakukan yang terbaik," tegas Troussier.

     

    Pemain Indonesia merayakan gol yang dicetak oleh Asnawi Mangkualam./Reuters

    Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan merayakan gol Indonesia ke gawang Vietnam pada ase Grup D Piala Asia 2023 Qatar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, 19 Januari 2024. Pada laga tersebut, Indonesia menang dengan skor tipis 1-0 atas Vietnam.   

     

    Statistik Pertemuan, Indonesia Kalah Tipis dari Vietnam

    Di pentas internasional, Indonesia dan Vietnam sudah cukup sering bertemu, baik di level U-23 seperti di ajang SEA Games atau di level senior seperti di Piala AFF, Piala Asia, atau kualifikasi Piala Dunia. Dalam berbagai kesempatan, Vietnam lebih unggul, baik di level junior maupun senior.

     

    Untuk level senior, sejauh ini Indonesia dan Vietnam sudah 16 kali berjumpa sejak pertama kali bertanding pada 1993. Tim asal Negeri Paman Ho itu memang menjadi salah satu kontestan di Asia Tenggara yang sulit ditaklukkan Indonesia. Dari 16 laga yang pernah dilakoni, Indonesia hanya mampu memenangkan 4 laga, sedangkan Vietnam memenangkan 5 laga, dan 7 laga lainnya berakhir imbang. Dalam 16 laga tersebut, Indonesia mencetak 20 gol, sedangkan Vietnam 27 gol.

     

    Namun menghadapi laga di SUGBK nanti, skuat Garuda memiliki modal cukup baik untuk menjamu tim asuhan Pelatih Phillipe Troussier tersebut. Namun pada laga terakhir, Indonesia berhasil membungkam The Golden Star Warriors pada fase Grup D Piala Asia 2023 .

     

    Bertanding di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, 19 Januari 2024, Tim Garuda menang 1-0, lewat . gol Asnawi Mangkualam dari eksekusi penalti menit 42. Itu merupakan kemenangan pertama yang memutus puasa kemenangan Indonesia atas Vietnam dalam 6 laga terakhir. Kemenangan Indonesia di Piala Asia 2023 itu juga menjadi yang pertama bagi STY atas the Golder Stars.

     

    Kemenangan di fase grup Piala Asia 2023 tentu menjadi modal berharga bagi tim Garuda untuk kembali mengalahkan Vietnam, sekaligus memetik kemenangan perdana pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

     

    Pada 2 laga sebelumnya di kualifikasi Piala Dunia, Indonesia sendiri menelan sekali kekalahan, yakni dari Irak 5-1, dan bermain imbang 1-1 dengan Filipina. Sedangkan kemenangan 1-0 atas Vietnam, menjadi satu-satunya yang diraih Indonesia dalam 4 laga yang dilakoni di Piala Asia 2023. Sementara  3 laga lainnya, berakhir dengan kekalahan. Ketiga kekalahan tersebut terjadi saat menghadapi Jepang 3-1 dan Irak 3-1 di fase grup, dan kalah 4-0 oleh Australisa di babak 16 Besar.

     

    Catatan 5 laga terakhir Indonesia, sedikit lebih baik dibanding Vietnam. Indonesia meraih 1 kemenangan, 1 imban, dan 3 kali kalah, sedang Vietnam sekali menangan dan menderita 4 kali kekalahan. Empat kekalahan tersebut terjadi secar beruntun dalam 4 laga terakhir. Selain kalah oleh Indonesia, di Piala Asia 2023, Vietnam juga menelan kekalahan dari Irak 3-2 dan dari Jepang 4-2. Lalu di kualifikasi Piala Dunia 2026, juga kalah oleh Irak dengan skor 1-0. Kemenangan terakhir diraih Vietnam saat meneku Filipina 2-0 di ajang kualifikasi Piala Dunia 2026.

      

    Indonesia vs Vietnam

    Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong bersalaman dengan Pelatih timnas Vietnam Phillippe Troussier seusai sesi konferensi pers jelang laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (20/3/2024). 

     

    Perkiraan Susunan Pemain

    Guna meraih kemenangan, kedua pelatih dipastikan menurunka para pemain terbaiknya. Sayanganya, pada pertemuan pertama ini, Coach STY tak bisa menurunkan sejumlah pemain andalannya. Sejumlah pemain inti bakal absen, di antaranya 3 pemain naturalisasi yang selama ini menjadi langganan skuat Merah Putih. Ketiganya yakni penghuni lini pertahanan Jordi Amat dan Elkan Baggott, serta gelandang Shayne Pattynaama yang mengalami cedera, sehingga tak masuk daftar pemain yang akan menghadapi Vietnam.

     

    Sebagai gantinya, STY hanya memanggil satu tambahan, yakni Arkhan Fikri. Sehingga, kini kekuatan Tim Garuda hanya tinggal 26 pemain dari sebelumnya diproyeksikan sebanyak 29 orang. STY pun dipastikan tidak bisa menurunkan Asnawi Mangkualam yang terjerat sanksi akumulasi kartu, sedangakn 2 pemain naturalisasi anyar Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen belum diketahui apakah bisa dimainkan atau tidak, karena masih menunggu proses peralihan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI.

     

    Menghadapi laga kandang tersebut, STY kemungkinan akan menerapkan formasi yang lebih agresif menyerang. Pola 3-4-3 kemungkinan bakal jadi pilihan pelatih asal Korea Selatan itu.  Di bawah mistar gawang, absennya Ernando Ari membuat Nadeo Argawinata berpotensi menjadi pilihan utama. Nadeo dinilai paling berpengalaman bersama Timnas Indonesia dibanding 3 kiper lainnya, Muhammad Riyandi dan Adi Satryo.

     

    Dalam pola tersebut, Nadeo akan dikawal oleh 3 bek sejajar yang diisi Rizky Ridho, Jay Idzes, dan Justin Hubner. Lalu ke posisi wing back kanan ada Sandy Walsh. Sandy Walsh hampir pasti diberi tugas sebagai karena Asnawi tak bisa bermain. Di posisi tengah tersebut, Sandy akan ditemani Pratama Arhan di posisi wing back kiri. Sementara dua gelandang sentral kemungkinan diisi Ivar Jenner dan Ricky Kambuaya. Sedangkan untuk trio lini depan, bakal ditempati Yakob Sayuri sebagai winger kanan, Marselino Ferdinan (winger kiri) dan Rafael Struick (penyerang tengah).

     

    Sementara itu dari kubu tim tamu, Pelatih timnas Vietnam Philippe Troussier membawa 28 pemain ke Jakarta. Timnas Vietnam sendiri mencoret 5 pemainnya, dari 33 pemain yang diumumkan federasi sepak bola Vietnam (VFF) sebelumnya. Kelima pemain tersebut, yakni Nguyen Cong Phuong, Duy Manh, Nguyen Hai Long, Truonh Tien Anh, dan Giap Tuan Duong.

     

    Coach Troussier kemungkinan akan memainkan skema 4-4-2. Pemain termahal dan satu-satunya naturalisasi, yakni Filip Nguyen dipastikan menempati posisi penjaga gawang. Pemain keturunan Ceko tersebut akan dikawal 4 bek, yakni Phan Tuan Tai, Vo Minh Trong, Nguyen Thanh Binh, dan Pham Xuan Manh. Lalu di sektor gelandang ada Bui Hoang Vietn Anh, Nguyen Quang Hai, Nguyen Thai Son, dan Pham Van Luan. Sedangkan sebagai juru gedor, ada duet Pham Tuan Hai, Nguyen Van Tung.

     

    Head to Head

    19 Januari 2024                Piala Asia 2023                                  Indonesia 1-0 Vietnam

    9 Januari 2023                  Piala AFF 2022                                   Vietnam 2-0 Indonesia

    6 Januari 2023                  Piala AFF 2022                                   Indonesia 0-0 Vietnam

    15 Desember 2021            Piala AFF 2020                                   Indonesia 0-0 Vietnam

    7 Juni 2021                       Kualifikasi Piala Dunia 2022                Vietnam 4-0 Indonesia

    15 Okrober 2021               Kualifikasi Piala Dunia 2022                Indonesia 1-3 Vietnam

    7 Desember 2016              Piala AFF 2016                                  Indonesia 2-2 Vietnam

    3 Desember 2016              Piala AFF 2016                                  Indonesia 2-1 Vietnam

    8 November 2016              Persahabatan                                    Vietnam 3-2 Indonesia

    9 Oktober 2016                 Persahabatan                                    Indonesia 2-2 Vietnam

    22 November 2014            Piala AFF 2014                                  Vietnam 2-2 Indonesia

    15 Januari 2007                Piala AFF 2007                                  Indonesia 1-1 Vietnam

    21 Desember 2004            Piala AFF 2004                                  Indonesia 2-2 Vietnam

    11 Desember 2003            Piala AFF 2004                                  Vietnam 0-3 Indonesia

    30 April 1993                    Kualifikasi Piala Dunia 1994               Indonesia 2-1 Vietnam

    16 April 1993                    Kualifikasi Piala Dunia 1994               Vietnam 1-0 Indonesia

     

    5 Laga Terakhir Indonesia

    28 Januari 2024                Piala Asia 2023                                  Australia 4-0 Indonesia

    24 Januari 2024                Piala Asia 2023                                  Jepang 3-1 Indonesia

    19 Januari 2024                Piala Asia 2023                                  Vietnam 0-1 Indonesia

    15 Januari 2024                Piala Asia 2026                                  Indonesia 1-3 Irak

    21 November 2023           Kualifikasi Piala Dunia 2026                 Filipina 1-1 Indonesia

     

    5 Laga Terakhir Vietnam

    24 Januari 2024                Piala Asia 2023                                  Irak 3-2 Vietnam

    19 Januari 2024                Piala Asia 2023                                  Vietnam 0-1 Indonesia

    14 Januari 2024                Piala Asia 2023                                  Jepang 4-2 Vietnam

    21 November 23                Kualifikasi Piala Dunia 2026                Vietnam 0-1 Irak

    16 November 23                Kualifikasi Piala Dunia 2026                Filipina 0-2 Vietnam

     

    Perkiraan Susunan Pemain

    Indonesia (4-3-3)

    Artikel

    Nadeo Argawinata; Rizky Ridho, Jay Idzes, Justin Hubner; Sandy Walsh, Ivar Jenner, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan, Rafael Struick

    Pelatih: Shin Tae-yong

     

    Vietnam (4-4-2)

    Hadapi Indonesia, Vietnam Boyong 28 Pemain Terbaik

    Filip Nguyen; Phan Tuan Tai, Vo Minh Trong, Nguyen Thanh Binh, Pham Xuan Manh; Bui Hoang Vietn Anh, Nguyen Quang Hai, Nguyen Thai Son, Pham Van Luan, Tien Linh, Nguyen Van Tung

    Pelatih: Philippe Troussier.

     

    Klasemen Grup F

                          M            M            S              K             Gm-Gk                 P

    1 Irak             2             2             0             0             6-1                       6            

    2 Vietnam       2             1             0             1             2-1                       3

    3 Filipina         2             0             1             1             1-3                       1

    4 Indonesia     2             0             1             1             2-6                       1. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Sikap STY Profesional, Hwang Son-hung Senang
    Target Selanjutnya Indonesia Lolos ke Semifinal
    Indonesia Ukir Sejarah Lolos ke Perempat Final
    Babak I, Indonesia Pimpin Skor 2-0 atas Yordania
    Ini Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Yordania

    Editorial


      Jadwal Liga



      sponsored links


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 32 70
      2 Persib Bandung 32 59
      3 Bali United 32 55