free hit counter code Kang Acel Sektor Ekonomi Kreatif Harus Bisa Tumbuh - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Kang Acel Sektor Ekonomi Kreatif Harus Bisa Tumbuh

    Kang Acel Sektor Ekonomi Kreatif Harus Bisa Tumbuh

    JuaraNews, Bandung - Pendiri Bandung Kreatif Acep Lulu Iddin yang dikenal sebagai Kang Acel. Melihat Bandung kota yang dikenal dengan semangat kreatifnya, sedang berada di persimpangan jalan, untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatifnya, karena potensi ekonomi kreatif di Bandung sangat besar dan dapat dikembangkan lebih lanjut.

     

    "Sebetulnya sektor ekonomi kreatif yang berkembang di Bandung ini bisa ditumbuhkan dengan baik," ujar Kang Acel. Jumat (8/3/2024). 

     

    Kang Acel menekankan pentingnya keselarasan antara pemerintah sebagai pemilik kebijakan dan para pelaku ekonomi kreatif dalam sektor seni. Ia percaya bahwa kolaborasi antara kedua belah pihak ini dapat mencegah tumpang tindih kebijakan dan operasional, memudahkan pelaku ekonomi kreatif untuk berkembang.

     

    Ketika ekonomi kreatif berkembang, di ungkapkannya, ndampak positifnya akan dirasakan oleh masyarakat dan pemerintah, berupa peningkatan pendapatan per kapita dan mempermudah keterkenalan investasi. Namun, tantangan tetap ada, terutama dari pandangan sebagian pemerintah dan masyarakat yang masih menganggap sektor kreatif, seperti film dan musik, hanya sebagai hiburan.

     

    "Persepsi itu membutuhkan edukasi dan satu edukasi itu bisa mengubah satu persepsi," katanya. 

     

    Di sisi lain, seorang sineas asal Bandung, Iang Darmawan, menilai bahwa sektor ekonomi kreatif khususnya dunia perfilman di Bandung masih belum berkembang dengan baik. Ia menyoroti kurangnya keterlibatan generasi muda dalam ekonomi kreatif sebagai salah satu hambatan utama.

     

    Menghadapi tantangan ini, diperlukan strategi yang komprehensif dari pemerintah dan komunitas kreatif di Bandung untuk membangun ekosistem yang mendukung pengembangan ekonomi kreatif. 

     

    "Melalui kolaborasi, edukasi, dan inovasi, Bandung berpotensi besar menjadi pusat ekonomi kreatif yang tidak hanya berkembang di Indonesia, tetapi juga dikenal di kancah internasional," tutupnya. (*) 

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Kawal Pengiriman 16 Ton RDF ke Pabrik Semen
    Realisasi Dana CSR Jabar Naik Jadi Rp251 Miliar
    Suara PKS Meningkat Optimis Menang di Pemilukada
    Kepala Desa Cimekar Bakal Digugat
    Sukses Cetak Para Wirausaha Muda Dalam Pelatihan

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi