free hit counter code Bangkit, Lanjutkan Tren Positif di Laga Tandang - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Bangkit, Lanjutkan Tren Positif di Laga Tandang
      (juaranews) Bali United menjamu Persib pada Pekan 23 Liga 1

      Bali United vs Persib Bandung

      Bangkit, Lanjutkan Tren Positif di Laga Tandang

      • Senin, 18 Desember 2023 | 05:37:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung - Tim Persib Bandung bakal melakoni laga tandang Pekan 23 Liga 1 2023-2024 kontra Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Minggu (18/12/2023) mulai pukul 19.00 WIB.

       

      Laga antara kedua tim menjadi penting karena bakal memengaruhi posisi di papan atas klasemen sementara Liga 1. Saat ini, Bali United menempati peringkat 2 dengan 40 poin dari 22 laga, sedangkan Persib di posisi 3 dengan 39 poin. Dengan selisih poin yang sangat tipis, siapa pun yang memenangi laga, akan lebih nyaman menduduki posisi 2 di papan klasemen.

       

      Jika Bali United berhasil menaklukkan Persib, maka tim Serdadu Tridatu akan mengoleksi 43 poin dan menempati posisi 2 klasemen sehingga akan lebih sulit dikejar oleh Maung Bandung. Tapi sebaliknya, jika Persib berhasil memenangi laga, maka posisi Bali United akan tergusur ke peringkat 3, dan Maung Bandung kembali naik ke posisi 2 dengan 42 poin. Sedangkan jika laga berakhir dengan imbang, maka posisi kedua tim tetap sama di klasemen sementara.

       

      Namun untuk Persib, posisi tersebut masih tetap rawan disalip PSIS Semarang di posisi 4 dengan raihan 37 poin. Karena itu, skuat asuhan Pelatih Bojan Hodak mematok target 3 poin pada laga tersebut.

       

       Bojan Hodak Tak Segan Bawa Persib Kalahkan Mantan Timnya PSM Makassar

      Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak memberikan instruksi kepada para pemainnya pada laga Liga 1 2023-2024. (foto: persib.co.id)

        

      Target kemenangan tersebut, selain menjadi tonggak kebangkitan Maung Bandung dari kekalahan pekan lalu dari Persik Kediri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, 10 Desember lalu. Terlebih sebelumnya, Persib hanya bermain imbang 0-0 dengan PSM Makassar, 4 Desember 2023 lalu.

       

      Namun di sisi lain, Persib mempunyai rekor tandang yang cukup baik musim ini. Dari 11 laga tandang yang telah dilakoni, Persib memenangi 6 laga, dan 3 hasil imbang, serta 2 kekalahan. Hodak pun ingin timnya melanjutkan tren positif di laga tandang, sekaligus menjadi kebangkitan setelah rekor 14 laga tak terkalahan Persib terhenti.

       

      Selain ingin bangkit, Maung Bandung pun bertekad memperbaiki rekor pertemuannya dengan Bali United. Diketahui, Persib tidak pernah menang atas Bali United dalam 13 pertemuan terakhir. Persib menelan 6 kali kekalahan dan 7 kali imbang.

       

      Pelatih Bojan Hodak mengungkapkan, dengan catatan tersebut, diprediksi laga akan berjalan seru dan menarik. Hodak mengakui, tidak mudah menjalani laga tersebut. Apalagi dengan catatan Maung Bandung yang selalu sulit mengalahkan tim Serdadu Tridatu. Namun Hodak memastikan pasukannya akan berjuang maksimal untuk bisa meraih hasil terbaik.

       

      "Saya tahu sejarah bahwa Persib belum pernah mengalahkan Bali. Dan sekarang mereka bermain di kandangnya sendiri, dan tentu akan sulit dikalahkan. Di pertandingan sebelumnya di Bandung, kami bermain imbang 0-0, dan perlahan mereka mulai memperbaiki peformanya temasuk di AFC," ungkap Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu (17/11/2023).

       

      Namun menurutnya, dalam sepak bola kejutan selalu terjadi, dan setiap tim yang berhadapan memiliki peluang untuk dikalahkan dan mengalahkan. Karena itu, Hodak meyakini bahwa pasukannya akan berjuang maksimal untuk meraih hasil terbaik. Terlebih, timnya kali ini datang dengan kekuatan penuh, setelah Dedi Kusnandar dapat kembali bermain, setelah terlepas dari sanksi akumulasi.

       

      "Kami memprediksi ini akan jadi laga yang sulit. Tapi kami juga ada beberapa pemain yang kembali dari masa hukuman, pemain baru juga perlahan mulai menyatu dengan tim. Dengan situasi itu, besok kami akan bertarung dengan maksimal dan mendapatkan hasil terbaik. Saya tidak merasa tertekan dengan masa lalu dan kami akan melakukan segalanya demi meraih kemenangan," ungkap Hodak.

       

      Hodak menegaskan, tim asuhan Pelatih Stefano Cugurra tersebut bukan tim yang mudah dikalahkan. Sebab, mereka punya materi pemain berpengalaman. Selain itu, tak banyak pergantian komposisi pemain dalam setiap musimnya sehingga membuat tim lebih kompak.

       

      “Mereka adalah tim yang lama bersama-sama, tidak banyak melakukan perubahan dan inti dari timnya masih berada di sana. Mereka punya pemain asing bagus dan pemain lokal berpengalaman. Jadi sebagai satu unit, mereka tim yang sulit dikalahkan,” tandasnya.

       

      Teco Bicara Kemungkinan Penambahan Pemain Baru di Bali United

      Pelatih Bali United Stefano Cugurra saat mendampingi timnya di pinggir lapangan pada laga Liga 1 2023-2024. (baliuniotedofficial)

       

      Ingin Tutup Tahun dengan Kemenangan
      Sementara itu, Pelatih Bali United Stefano Cugurra menegaskan, timnya menargetkan hasil maksimal saat menjamu Persib di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Teco -sapaan akrab Stefano- optimistis bisa meraihnya meskipun timnya baru melakoni laga terakhir di ajang Piala AFC 2023. Ia pun telah mempersiapkan taktik khusus untuk bisa meredam serangan tim Maung Bandung.

       

      Selain taktik, tim Serdadu Tridatu itu juga menyiapkan latihan fisik terutama untuk pemulihan fisik para pemainnya setelah bertandang di markas Terengganu FC, Malaysia pada laga fase Grup G Piala AFC.

       

      “Kami baru menyelesaikan pertandingan di Malaysia (AFC Cup) dan memiliki 3 hari latihan bersama tim. Dari 2 pertandingan di Stadion Dipta, tim Bali United bermain bagus dan dapat hasil positif," ungkap Teco dalam sesi konferensi pers di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Minggu (17/12/2023).

       

      "Mudah-mudahan besok lawan Persib Bandung, kami bisa meraih kemenangan lagi. Kita tahu ini laga terakhir tutup tahun di musim kompetisi ini, jika bisa menang tentu situasi bagus buat tim Bali United,” lanjutnya.

       

      Teco sendiri menyebut laga nanti akan menjadi duel yang ketat, karena kedua tim saat ini menghuni papan atas. Kendati timnya dalam tren positif dan memiliki rekor yang baik menghadapi Persib, Teco tak mau menganggap enteng tim tamu yang memiliki selisih poin sangat tipis dengan tim Serdadu Tridatu.

       

      "Pastinya mereka juga mau masuk 4 Besar sehingga besok itu pertandingan yang penting sehingga kami harus kerja keras. Manajemen Persib sangat serius karena tiap tahun mereka target jadi juara. Kami harus hormati mereka, jadi benar-benar harus kerja keras dapat hasil positif di (Stadion) Dipta," ujar Teco.

       

      “Laga Bali United vs Persib akan menarik sebab kedua tim memiliki kualitas di lapangan. Kedua tim ini kalau bertemu selalu pertandingan seru dan menarik sehingga saya pikir layak di bilang sebagai pertandingan super big match,” lanjutnya.

       

      Menurut pelatih asal Brasil ini, motivasi para pemainnya pun makin berlipat menghadapi Persib. Apalagi laga nanti akan disaksikan lansung oleh puluhan ribu Sementon Dewata, pendukung fanatik Bali United.

       

      “Saya dapat info jika pertandingan besok stadion akan penuh oleh suporter yang akan mendukung langsung. Sewaktu stadion penuh dengan dukungan suporter, pasti lebih bagus karena pemain termotivasi untuk bisa meraih hasil positif di pertandingan,” jelasnya.

       

       

      Dalam 14 Pertemuan Terakhir, Persib Tak Bisa Kalahkan Bali United
      Tim Serdadu Tridatu memang menjadi lawan tangguh Persib sejak beberapa musim lalu. Dibanding tim-tim lain, Serdadu Tridayu menjadi salah satu tim yang paling sulit ditaklukkan Maung Bandung. Bahkan tercatat sejak musim 2017 atau 7 tahun silam, dalam 14 pertemuan terakhir kedua tim, Persib tidak menang atas Bali United.


      Dari 14 laga tersebut, Persib menderita 6 kali kekalahaan, sedangkan 8 laga sisanya berakhir imbang. Kemenangan terakhir Persib atas Bali United ini, terjadi pada musim 2016. Pada turnamen TSC 2016, Persib menang pada putaran pertama dengan skor 2-0, namun dibalas Bali United di putaran kedua dengan skor 1-0.


      Secara total, Persib dan Bali sendiri sudah bertemu sebanyak 24 kali, dan laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali nanti akan menjadi yang ke-25 sejak musim 2010 lalu. Dari 24 laga yang telah dilalui, Bali meraih 11 kemenangan, berbanding 4 kali yang dimenangi Persib, sedangkan sisanya 9 laga berakhir imbang.

       

      Bali United pun begitu superior dalam 5 pertemuan terakhirnya dengan Persib. Dari 5 laga tersebut, Bali memenangi 2 laga, sedangkan 3 lainnya berakhir imbang. Duel terakhir kedua tim yang terjadi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, 3 Agustus 2023, berakhir imbang 0-0. Sedangkan pada pertemuan sebelumnya di musim 2022-2023, pada pertemuan pertama, Persib menyerah 2-3 yang terjadi di kandang Maung Bandung di Stadion GBLA pada 23 Agustus 2022. Lalu pada pertemuan kedua di Kapten I Wayan Dipta, kedua tim berbagi angka 1-1 pada 10 Februari 2023.

       

      Menyongsong laga nanti, kondisi kedua relatif berbeda. Persib yang pada 14 laga sebelumnya terkalahkan, menyerah 0-2 dari Persik Kediri saat berlaga di Bandung. Sedangan di 4 laga sebelumnya, Maung Bandung meraih 2 kemenangan dan 2 kali imbang, yakni mengalahkan Dewa United (5-1) dan Madura United (1-0), lalu imbang dengan PSM Makassar (0-0) dan Arema FC (2-2).

       

      Lawatan kali ini pun menjadi tantangan bagi Pelatih Persib Bojan Hodak. Pelatih asal Kroasia tersebut pun mengusung misi kebangkitan setelah kalah dari Persik, pekan lalu. "Kami juga selalu kesulitan ketika bermain melawan Bali. Tapi, tahun ini kami akan mencoba untuk tampil lebih baik," kata Hodak.

       

      Sementara Bali United sedang on fire setelah 3 laga terakhirnya tidak terkalahkan. Dari 3 laga tersebut, Bali memenangi 2 laga dan sekali imbang. Pada laga terakhir, Bali berhasil mendapat hasil imbang 1-1 di kandang Dewa United. Sedangkan di 2 laga sebelumnya meraih kemenangan atas Arema FC (3-2), dan Madura United (2-1). Kekalahan terakhir diderita Bali United saat bertemu Borneo FC (1-2) pada 12 November 2023, sedangkan sebelumnya mengalahkan PSS Sleman (1-0).

       

      Meskipun mendominasi atas Persib, Pelatih Bali United Stefano Cugurra tak mau meremehkan calon lawannya, dan mewaspadai kebangkitan Maung Bandung yang baru menelan kekalahan. "Kami tetap menaruh respek dengan Persib. Kami akan kerja keras di pertandingan dan memperbaiki kekurangan yang masih terjadi di beberapa pertandingan sebelumnya agar pekan ini meraih poin maksimal,” jelas Teco, dikutip laman baliutd.

       

      Perkiraan Susunan Pemain

      Pada laga ke-23 dalam sejarah pertemuan kedua tim, baik Bali United maupun Persib menargetkan kemenangan. Pasalnya, raihan 3 poin sangat dibutuhkan kedua tim untuk tetap bertahan di papan atas klasemen sementara musim ini. Dengan kondisi tersebut, kedua pelatih dipastikan menurunkan pemain terbaiknya untuk meraih hasil positif.

       

      Pada laga nanti, kedua tim bakal mengandalkan 2 penyerang dan gelandang asal Brasil untuk bisa saling mengalahkan. Dari kubu Persib, ada top skorer sementara musim ini David da Silva yang telah mengoleksi 14 gol dan 4 assist, dan Ciro Alves dengan torehan 10 gol dan 7 assist. Sedangkan di tim Bali United, ada Jefferson Mateus yang telah mencetak 10 gol dan 1 assist, dan Eber Bessa dengan 3 gol dan 4 assist.

       

      Kabar Baik dari David Da Silva, Penyerang Brasil Resmi Perpanjang Kontrak  di Persib Bandung - tribunjatim-timur.com

      Penyerang Persib Bandung David da Silva saat merayakan gol di ajang Liga 1 2023-2024. DDS merupakan top skorer tim Persib, sekaligus top skorer sementara Liga 1 musim ini. (foto tribunnews)

       

      Namun pada laga kali ini, Pelatih Persib Bojan Hodak tidak bisa menurunkan Rachmat Irianto yang tak bisa diturunkan karena masih harus melakukan pemulihan cedera. Rian sendiri tak masuk dalam daftar 20 pemain Persib yang diboyong Hodak ke Pulau Bali. Sedangkan di pihak Bali United, ada 3 pemain yang kemungkinan tidak bisa dimainkan, yakni Mohamed Rashid, Novri Setiawan, dan Fadil Sausu yang masih berkutat dengan cederanya.

       

      Kabar baiknya, dari kubu tim tamu, Hodak sudah bisa menurunkan Dedi Kusnandar di lini tengah Maung Bandung, setelah absen pada laga sebelumnya menghadapi Persik Kediri karena akumulasi kartu kuning. "Kami sebelumnya tidak punya sosok untuk mengisi posisi gelandang bertahan, ini jadi masalah bagi kami. Tapi pada laga berikutnya kami sudah bisa menurunkannya lagi (Dedi Kusnandar)," ujar Hodak.

       

      Melawan Bali United, Coach Hodak kemungkinan akan memberikan kesempatan kembali kepada Kevin Ray Mendoza untuk mengawal gawang Maung Bandung, setelah menjalani debut pahit, kalah 0-2 dari Persik Kediri pada pekan lalu.

       

      Di barisan pertahanan, duet center bek Nick Kuipers-Alberto Rodriguez masih menjadi andalan, dengan didampingi Henhen Herdiana di sisi kanan dan Rezaldi Hehanusa di sektor kiri. Di depan 4 bek tersebut, akan berdiri 2 gelandang bertahan dengan kembali menduetkan Marc Anthony Klok dengan Dedi Kusnandar.

       

      Di ujung tombak dalam skeman 4-2-3-1, Hodak masih mengandalkan DDS sebagai striker tunggal, yang didampingi 3 gelandang serang di belakangnya. Ketiganya yakni Beckham Putra Nugraha yang akan berdiri di depan DDS, bersama 2 winger, Fabri Haryadi di sisi kanan dan Ciro Alves di sayang kiri.

       

      Posisi 4 Besar Aman, Bali United Hantam Arema FC 3 – 2 - Bali Factual News,  Berita Terkini di Bali, Tajam, Lugas dan Bertanggung Jawab

      Striker Bali United Jefferson Mateus mecetak 2 gol kegawnag Arema FC pada laga Pekan 21 L:iga 1 2023-2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Senin (4/12/2023). Jefferson telah mencetak 10 pada musim ini. (foto: net)

       

      Sementara dari kubu tuan rumah, Pelatih Bali United Stefano Cugurra juga akan menerapkan skema 4-3-3 dengan menempatkan Jefferson sebagai ujung tombak didampingi Irfan Jaya dan Rahmat Arjuna Reski. Ketiga penyerang tersebut akan disokong 3 gelandang serang, Eber Bessa, I Kadek Agung Widnyana Putra, dan M Luthfi Kamal.

       

      Sedangkan di barisan pertahanan, Coach Teco masih mengandalkan 4 bek yang ditempati I Made Andhika Pradana Wijaya, Jajang Mulyana, Ricky Pajrin Saputra, dan Jusef Elias Dolah. Kempat bek tersebut akan mengawal kiper Adilson Maringa dos Santos di bawah mistar gawang.

       

       

      Center bek Persib Bandung Nick Kuiper berduet udara dengan penyerang Bali United Jefferson Mateus de Assis pada laga Pekan 6 Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (3/8/2023) malam.

       

      Head to Head
      3 Agustus 2023          Liga 1 2023-2024               Persib Bandung 0-0 Bali United
      10 Februari 2023        Liga 1 2022-2023               Bali United 1-1 Persib Bandung
      23 Agustus 2022        Liga 1 2022-2023               Persib Bandung 2-3 Bali United
      12 Juni 2022              Piala Presiden 2022             Persib Bandung 1-1 Bali United
      13 Januari 2022         Liga 1 2021-2022                Persib Bandung 0-1 Bali United
      18 September 2021    Liga 1 2021-2022                Bali United 2-2 Persib Bandung
      24 Maret 2021           Piala Menpora 2021              Persib Bandung 1-1 Bali United
      28 November 2019     Liga 1 2019                         Bali United 3-2 Persib Bandung
      26 Juli 2019               Liga 1 2019                         Persib Bandung 0-2 Bali United
      30 Oktober 2018        Liga 1 2018                         Persib Bandung 1-1 Bali United
      27 Mei 2018               Liga 1 2018                         Bali United 0-0 Persib Bandung
      21 September 2017    Liga 1 2017                         Persib Bandung 0-0 Bali United
      31 Mei 2017               Liga 1 2017                         Bali United 1-0 Persib Bandung
      18 September 2016    TSC 2016                            Bali United 1-0 Persib Bandung
      14 Mei 2016               TSC 2016                            Persib Bandung 2-0 Bali United
      30 Juni 2013              ISL 2012-2013                     Persib Bandung 4-1 Bali United
      16 Februari 2013        ISL 2012-2013                     Bali United 2-1 Persib Bandung
      16 Desember 2012     Inter Island Cup 2012            Persib Bandung 0-2 Bali United
      6 Juni 2012                ISL 2011                              Persib Bandung 0-0 Bali United
      17 Januari 2012          ISL 2011                              Bali United 2-1 Persib Bandung
      13 April 2011              ISL 2010                              Persib Bandung 4-1 Bali United
      20 Januari 2011          ISL 2010                              Bali United 1-0 Persib Bandung
      20 Februari 2010         ISL 2009                              Persib Bandung 2-0 Bali United
      19 Januari 2010          ISL 2009                              Bali United 2-1 Persib

       

      Lima Laga Terakhir Bali United
      8 Desember 2023       Dewa United 1-1 Bali United
      4 Desember 2023       Bali United 3-2 Arema FC
      23 November 2023     Madura United 1-2 Bali United
      12 November 2023     Bali United 1-2 Borneo FC
      3 November 2023       PSS Sleman 0-1 Bali United

       

      Lima Laga Terakhir Persib Bandung
      10 Desember 2023     Persib Bandung 0-2 Persik Kediri
      4 Desember 2023       Persib Bandung 0-0 PSM Makassar
      26 November 2023     Dewa United 1-5 Persib Bandung
      8 November 2023       Persib Bandung 2-2 Arema FC
      1 November 2023       Madura United 0-1 Persib Bandung

       

      Klasemen 
                                       M   M  S  K Gm-Gk    P
      2. Bali United             22 12  4  6   27-27   40
      3. Persib Bandung      22 10  9  3   42-27   39

       

      Perkiraan Susunan Pemain
      Bali United (4-3-3)

      Foto Tim BALI UNITED FC

      Adilson Maringa dos Santos; I Made Andhika Pradana Wijaya, Jajang Mulyana, Ricky Pajrin Saputra, Jusef Elias Dolah; Eber Bessa, I Kadek Agung Widnyana Putra, M Luthfi Kamal; Jefferson Mateus, Irfan Jaya, Rahmat Arjuna Reski
      Cadangan: Muhammad Ridho; Rizki Ramdani Lestaluhu, Rahmat, Ardi Idrus, Ilija Spasojevic, Yabes Roni, Kadek Arel Priyatna, Jean Marie Privat Befolo Mbraga, I Gede Suni Jyesta Wibawa, Tegas Infantrie Sukamto
      Pelatih: Stefano Cugurra

       

      Persib Bandung (4-2-3-1)

      Bek Persib Bandung Ini Akui saat Lawan PSM Bukan Laga Terbaik, Targetkan Clean Sheet Lawan Persik
      Kevin Ray Mendoza; Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Rezaldi Hehanusa; Marc Klok, Edo Febriansah; Bechkam Putra Nugraha, Febri Haryadi, Ciro Alves; David da Silva
      Cadangan: Teja Paku Alam; Abdul Aziz, Victor Igbonefo, Achmad Jufriyanto, Ferdiansyah, Ryan Kurnia, Stefano Beltrame, Arsan Makarin, Ezra Walian
      Pelatih: Bojan Hodak. (*)

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Kevin Mendoza Senang Rasakan Kemenangan Perdana
      Main Stabil dalam 90 Menit Kunci Kemenangan Persib
      Revisi Kartu Merah Komdis Dinilai tak Profesional
      Tekuk PSIS 3-0, Persib Kembali Duduki Posisi 2
      Babak 1, Aksi Stefano Bawa Persib Ungguli PSIS 2-0

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 26 60
      2 Persib Bandung 26 45
      3 PSIS Semarang 26 43

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 20 45
      2. Aston Villa 20 42
      3. Manchester City 19 40
      4. Arsenal 20 40
      Tampilkan Detail