free hit counter code Gerakan Pangan Murah di Bandung Kendalikan Inflasi - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Gerakan Pangan Murah di Bandung Kendalikan Inflasi

    Gerakan Pangan Murah di Bandung Kendalikan Inflasi

    • Sabtu, 2 Desember 2023 | 08:30:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews Bandung - Pemkot Bandung bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) menggelar Gerakan Pangan Murah.

     

    Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengungkapkan GPM dilaksanakan sebagai upaya stabilitas harga pangan dan mengendalikan inflasi.

     

    "Kita menghadirkan Gerakan Pangan Murah (GPM) bekerja sama dengan DWP. Saat harga sekarang pangan sedang tinggi, ini juga upaya Pemkot Bandung dalam stabilitas pasokan dan harga pangan,"katanya, Jumat (1/11/2023).

     

    Gin Gin menambahkan, dalam GPM menghadirkan para distributor hingga. Hal ini untuk menjaga stabilitas harga, sehingga para pelaku usaha bisa turun langsung bertransaksi dengan masyarakat. 

     

    "Ada sekitar 29 booth yang kita sediakan, dan menghadirkan distributornya langsung juga para petani. Hari ini juga menghadirkan UMKM makanan olahan. Ada juga edukasi dari DKPP memberikan tanaman sayuran gratis, anak ayam juga ikan yang siap dikonsumsi," bebernya. 

     

    Gerakan pangan murah dan beberapa kegiatan lainnya bertujuan untuk mengendalikan inflasi daerah. Sehingga gerakan tersebut menjadi upaya agar masyarakat mudah mendapatkan bahan pokok. 

     

    "Dengan kegiatan ini masyarakat mudah mengakses pangan dengan harga murah. Karena di sini pangan itu diberikan subsidi khususnya pangan yang sedang naik," ujarnya. 

     

    Ia mencontohkan, seperti harga telur di pasaran Rp27.000, pada GPM di subsidi menjadi Rp25.000. 

     

    "Harga telur di pasar Rp27.000, kita subsidi Rp2.000, menjadi Rp25.000. Bahkan di sini kualitas bagus karena hadir langsung dari distributor dan petani. Kalau dilakukan serentak dan masif bisa kendalikan gejolak harga," ungkap Gin Gin. 

     

    "Kita siapkan persediaan beras 4 ton. Bulan Desember ini, kegiatan GPM akan dilaksanakan 2 hingga 3 kali lagi. Bekerja sama dengan provinsi, Bapanas juga BI," imbuh Gin Gin. 

     

    Sementara itu, Ketua DWP Kota Bandung, Cici Ema Sumarna mengatakan kegiatan tersebut juga salah satunya  memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24

     

    Selain itu, ada juga pembagian bibit sayuran gratis, cabai rawit, terong, ikan dan anak ayam, bazar sembako dan pakaian layak pakai. 

     

    "Kegiatan ini juga untuk meningkatkan empati dan kepedulian sesama kepada yang lebih membutuhkan. Karena kegiatan ini tentunya bersifat sosial," kata Ketua DWP Kota Bandung, Cici Ema Sumarna. 

     

    Cici mengungkapkan, kegiatan tersebut digelar sebagai upaya menstabilkan harga pangan agar lebih terjangkau. 

     

    "Kita kolaborasi dengan DKPP, tujuannya tentunya gerakan pangan ini menstabilkan harga lebih terjangkau dibanding harga pasar. Faktor pentingnya dalam menjaga harga," ungkap Cici.  (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Figur dan Kriteria Steve Ewon Dimata Partai Golkar
    Bandung Siap Jadi Kota Layak Anak di 2024
    Warga Sambut Antusias Operasi Pasar Murah Beras
    Menteri ATR AHY Tetapkan Program 100 Hari Pertama
    Pentingnya Pendidikan Seksualitas Bagi Remaja

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi