free hit counter code Kemarau di Bandung Raya Akan Berlangsung Lama - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Kemarau di Bandung Raya Akan Berlangsung Lama
    net Warga Antri Air Bersih Efek Kemarau Panjang

    Kemarau di Bandung Raya Akan Berlangsung Lama

    • Jumat, 13 Oktober 2023 | 11:10:00 WIB
    • 0 Komentar

    A

    JuaraNews, Bandung -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi kemarau di Wilayah Bandung Raya akan berlangsung lebih lama.

     

    Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan kondisi tersebut dikarenakan badai El Nino. Fenomena ini mampu memicu dampak terhadap cuaca di wilayah yang terdampak. Termasuk wilayah Indonesia.

     

    Menurutnya, apabila El Nino ini terjadi maka wilayah Jawa Barat akan termasuk pada wilayah terdampak El Nino di Indonesia, termasuk juga wilayah Bandung Raya.



    "Musim kemarau berpeluang lebih lama terjadi di wilayah Bandung Raya," kata Teguh, Kamis (13/10/2023).



    Teguh mengungkapkan dampak El Nino terhadap musim kemarau di Bandung Raya yaitu secara temporal akan membuat musim kemarau berpeluang lebih lama terjadi di wilayah Bandung Raya. Sedangkan secara volume atau jumlah curah hujan akan membuat musim kemarau menjadi lebih kering.

     

    Teguh mengatakan BMKG tidak pernah mengeluarkan peringatan dini terkait panas ekstrem. Sebab berdasarkan pengamatan, panas ekstrem seperti kejadian heatwave tidak terjadi di Indonesia.

     

    "Informasi yang dikeluarkan oleh BMKG adalah informasi terkait dengan ultraviolet sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kejadian panas ekstrem di Indonesia karena tidak akan terjadi," kata dia.

     

    Teguh Rahayu mengatakan pada musim kemarau tutupan awan akan lebih sedikit dibandingkan dengan musim hujan serta masa peralihan. Sehingga sinar matahari akan lebih banyak mencapai permukaan bumi yang menyebabkan cuaca terasa panas terik.

     

    Namun, suhunya tidak mencapai kategori ekstrem. BMKG mengimbau kepada institusi terkait dan seluruh masyarakat untuk lebih siap dan antisipasi terhadap kemungkinan dampak musim kemarau," kata dia.

     

    "Pada tahun ini musim kemarau diprediksi bersifat bawah normal atau lebih kering dibanding biasanya," kata dia.

     

    Ia juga menambahkan pada bulan November 2023  merupakan awal musim hujan. Namun, jika didapati hujan pada musim kemarau bukan berarti musim hujan sudah mulai.

     

    "Karena ada kriteria besaran curah hujan di musim hujan maupun di musim kemarau. Hujan di musim kemarau  wajar terjadi dan sifatnya lokal," katanya. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Pengembangbiakan Wolbachia Kota Bandung Capai 64 %
    Haru Ungkapkan Ada Hikmah Ibadah Dalam Berkurban
    Bey Cek Sungai Citarum Yang Viral Penuh Sampah
    DPRD Bakal Panggil Dinas Lingkungan Hidup Jabar
    DLH Minta Pemda Kurangi Buang Sampah ke Sarimukti

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi