free hit counter code 223 Kasus Kebakaran, Warga Diimbau Waspada - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    223 Kasus Kebakaran, Warga Diimbau Waspada
    istimewa Kebakaran di Kota Bandung

    223 Kasus Kebakaran, Warga Diimbau Waspada

    • Jumat, 29 September 2023 | 14:46:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews Bandung - Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Kebakaran (Diskar PB) Kota Bandung mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada bencana kebakaran. Apalagi, saat ini masih memasuki fase El Nino yang menyebabkan suhu udara lebih panas.

     

    Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung, Yusuf Hidayat mengungkapkan, dalam kurun waktu Januari hingga September 2023 tercatat 223 kejadian kebakaran. 

     

    Dibandingkan tahun 2022, kejadian kebakaran saat ini cukup tinggi. Pada tahun 2022, kejadian kebakaran berjumlah 195 kejadian. 

     

    "Dibandingkan tahun 2022, memang tahun ini meningkat. Kita berupaya untuk menekan angka kebakaran dengan mitigasi," ungkapnya kepada Humas Kota Bandung.

     

    "Ini harus kita antisipasi, apalagi situasi kemarau panjang, angin kencang ini potensi (kebakaran) bisa terjadi. Kejadian ini variatif, ada di pemukiman dan kawasan umum. Penyebabnya juga sama variatif," imbuhnya.

     

    Oleh karenanya, Yusuf mengimbau masyarakat memeriksa sejumlah hal yang berpotensi memicu terjadinya kebakaran.

     

    "Yakinkan tempat tinggal itu aman. Secara umum gunakan listrik sesuai kapasitas. Matikan kompor, jangan tinggalkan kompor saat memasak. Lakukan pembesihan kompor secara berkala," bebernya. 

     

    Menurutnya, hal kecil pun bisa menjadi penyebab kebakaran. Termasuk soal penanganan sampah.

     

    "Bahkan saat ini masih dalam darurat sampah. Ini berpotensi kebakaran. Mulai dari bagian api kecil yang tidak terkendali sehingga menjadi kebakaran," ungkapnya. 

     

    Soal ketersediaan hydrant, Yusuf mengungkapkan saat ini sekitar 5 hydrant yang berfungsi untuk dimanfaatkan oleh Diskar PB untuk memadamkan api. 

     

    "Hydrant di Kota Bandung saat ini ada di beberapa lokasi, seperti Cikapayang, Jalan Supratman, Pasar Kordon Buahbatu, Jalan Pajajaran, juga Sadang Sarang," tuturnya. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Dinkes Masifkan Sosialisasi Cegah DBD di Sekolah
    Pendaftaran PPK Resmi di Buka KPU Kota Bandung
    Eliya Susilowati Prof Pertama Poltekesos Bandung
    Pendakwah Harus Ikuti Perkembangan Zaman
    Braga Bakal Bebas Kendaraan Tiap Akhir Pekan

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi