free hit counter code Pemprov Jabar Perpanjang Status Darurat Sampah - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Pemprov Jabar Perpanjang Status Darurat Sampah
istimewa sampah menggunung di TPS di Kota Bandung

Pemprov Jabar Perpanjang Status Darurat Sampah

  • Selasa, 26 September 2023 | 11:32:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews Bandung - Pemprov Jabar memperpanjang status darurat sampah di Bandung Raya hingga hingga 25 Oktober mendatang. 

 

Hal itu diutarakan Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Dani Ramdan. " Penanganan darurat sampah di Bandung Raya diperpanjang hingga 25 Oktober 2023," katanya di Bandung, Senin (25/9/2023).

 

Dani Ramdan mengatakan pihaknya saat ini tengah melakukan normalisasi TPA Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat pasca terbakar beberapa waktu lalu.

 

"Untuk menggunakan kembali TPA Sarimukti, DLH Jabar perlu melaksanakan beberapa hal di antaranya, penutupan tanah di area bekas terbakar, membangun sistem proteksi kebakaran," ucap.

 

Sementa itu, Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan kebakaran TPA Sarimukti sudah berhasil dipadamkan. 

 

Karena itu, status darurat penanganan TPA Sarimukti yang berakhir 25 September 2023 tidak diperpanjang. 

 

"Alhamdulillah sudah berhasil dipadamkan. Oleh karena itu, status darurat yang berakhir hari ini tidak diperpanjang," ucap Bey.

 

Meski begitu, lanjut bey, TPA Sarimukti masih bisa menerima sampah di zona super darurat sebanyak 2.626 rit.

Meski begitu, Bey tetap menegaskan bahwa Pemda Kabupaten/Kota di Bandung Raya harus tetap berkomitmen mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA. 

 

"Kalau caranya tetap sama seperti ini, ya, ini akan berulang terus. Kita tidak mau seperti itu. Harus ada perubahan pola," tegasnya.

 

Bey mengapresiasi pemda kabupaten dan kota di Bandung Raya yang selama masa darurat sampah melakukan berbagai upaya untuk pengolahan sampah sehingga beban TPA Sarimukti berkurang. 

 

"Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada warga terutama di Bandung Raya atas pengertian selama masa darurat sampah dengan memilah sampah sejak dari rumah. Ini jadi momentum bagi Bandung Raya dan Jabar untuk mengelola sampah lebih baik, modern, dan terintegrasi," tuturnya.(*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Diskusi JMSI, Arfi: Adab itu Harus Mendahului Ilmu
Sebanyak 440 Jemaah Haji 1 Asal Jabar Tiba di BIJB
Ratusan Siswi SD Bandung Olah si Kulit Bundar
Parlemen Mengabdi Bertajuk Pancasila Untuk Dunia
Calon Kepala Daerah Golkar Berpijak pada Survei

Editorial



    sponsored links