free hit counter code Mahasiswa Tuntut Pemerintah Komitmen di Kasus HAM - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Mahasiswa Tuntut Pemerintah Komitmen di Kasus HAM

    Mahasiswa Tuntut Pemerintah Komitmen di Kasus HAM

    • Selasa, 12 September 2023 | 20:15:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung : Aksi Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Syariah dan Hukum Cabang Kabupaten Bandung, menggelar mimbar bebas di Kampus UIN Gunung Djati Jalan A.H Nasution No 105, Cipadung, Cibiru Kota Bandung, Selasa (12/09/2023).

     

    Gelaran acara mimbar bebas tersebut untuk menyuarakan penuntasan kasus HAM berat yang terjadi di Indonesia. 

     

    Ketua Umum HMI Komisariat Syariah dan Hukum Cabang Kabupaten Bandung, Luthfi Fathu Rohman mengatakan, aksi ini merupakan bentuk penegasan dari pihaknya yang tegas menolak lupa atas berbagai insiden pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat yang terjadi tepat pada bulan September. 

     

    "Hari ini ada kegiatan mimbar bebas dalam rangka memperingati September hitam, dimana di bulan ini adalah bulan yang penuh kekelaman. Pada bulan September ini banyak kejadian-kejadian pandangan HAM berat di Indonesia, setidaknya ini sebagai bentuk kita agar HMI menolak untuk Padam sebagai bentuk komitmen kami sebagai organisasi perjuangan untuk memperjuangkan hak-hak yang dilanggar hak asasi manusia,"ungkapnya.

     

    Luthfi memaparkan, seperti peristiwa pembunuhan Munir yang saat ini masih belum tuntas setelah 19 tahun berlalu, hingga insiden pelanggaran HAM di Rempang, Batam baru baru ini. 

     

    "Kami menilai pemerintah belum komitmen terhadap penanganan permasalahan daripada pelanggaran HAM berat, hanya sebatas kata-kata tidak terepresentasikan dalam tindakan yang lebih mengedepankan hak gak terhadap korban," jelasnya. 

     

    Hal senada pun di ungkapkan Anggota Bidang Kajian Ilmiah sekaligus Ketua Pelaksana Kajian dan Mimbar Bebas September Hitam, Muhammad Ikhbal. 

     

    Menurutnya, pemerintah harus konsen dan komitmen dalam menuntaskan kasus pelanggaran HAM terlebih yang masuk dalam kasus pelanggaran berat, bukan hanya sebatas kata-kata yang bertujuan menetralisir situasi tanpa aksi. 

     

    "Mereka hanya bisa dibilang hanya mengeluarkan statement tapi tidak mau membereskan hal tersebut. Dan harapannya kalau bisa kasus-kasus pelanggaran HAM berat di Indonesia ini jangan sampai terulang lagi dan jangan sampai kasus pelanggaran HAM berat ini malah menjadi hal yang udah biasa di Indonesia. Kami dari Kader HMI syariah dan hukum menegaskan jangan sampai ada lagi kasus pelanggaran HAM apa lagi kayak kemarin yang terbaru di Batam," tandasnya.(*) 

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Pendaftaran PPK Resmi di Buka KPU Kota Bandung
    Eliya Susilowati Prof Pertama Poltekesos Bandung
    Pendakwah Harus Ikuti Perkembangan Zaman
    Braga Bakal Bebas Kendaraan Tiap Akhir Pekan
    Visi dan Misi Bacalon Bupati KBB di DPC Demokrat

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi