free hit counter code Pemprov Jabar Maksimalkan Pengelolaan Big Data - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Pemprov Jabar Maksimalkan Pengelolaan Big Data
(humas pemprov jabar) Emil menyerahkan piagam di acara Asset Award 202

Pemprov Jabar Maksimalkan Pengelolaan Big Data

  • Kamis, 10 Agustus 2023 | 17:40:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendukung penuh Asset Award 2023 yang memberikan penghargaan kepada instansi yang telah mengelola aset negara dengan baik.

Menurutnya, hadirnya Asset Award akan memberikan suntikan semangat bagi instansi pusat maupun daerah dalam memanfaatkan dan mencatat aset yang dimiliki.


"Orang Indonesia senang diberi apresiasi jadi menambah semangat, maka Asset Award ini saya restui dan dukung karena memberi semangat agar mereka mengelola dan memaksimalkan aset dengan baik," ujar Emil saat memberikan sambutan pada Asset Award 2023 di Mason Pine Kota Baru Parahyangan Kabupaten Bandung Barat, Rabu (9/8/2023).


Asset Award diinisiasi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jabar merupakan yang pertama kalinya digelar di Jabar, bahkan di Indonesia.


Asset Award memberikan penghargaan dengan 4 kategori, yaitu Analysis Highest and Best Use, Pemda Kabupaten/Kota, Perangkat Daerah Lingkup Pemda Provinsi Jabar, dan SMU/SMK/SLB.


Kang Emil menuturkan, selama masa kepemimpinannya telah berkomitmen tidak boleh ada sejengkal tanah pun aset yang tidak bermanfaat dan tak tercatat.


"Jadi prinsip pertama tidak boleh ada aset yang mubazir, prinsip kedua harus tercatat. Saya tidak suka aset itu hanya untuk catatan, maka tidak boleh ada sejengkal aset pemerintah atau tanah yang tidak bermanfaat," tegasnya.


Untuk itu, dalam momen Asset Award 2023 Pemprov Jabar menghibahkan aset atau barang milik daerah kepada Pemda Kabupaten/Kota, dan instansi pusat, yakni Sesko AU, TNI AL, dan TVRI.


"Pada saat ada institusi lain membutuhkan, selama prosedur dan aturannya benar saya sangat senang karena pasti akan dimanfaatkan," ujar Emil.


Saat ini, big data mengenai aset milik Pemprov Jabar sudah terkelola dengan baik, salah satunya lewat dukungan digitalisasi.


Maksimalnya pengelolaan big data aset ini menjadi salah satu pendukung diraihnya 12 kali berturut-turut opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan Pemprov Jabar.


"Kami punya aplikasi untuk pengelolaan aset dan Jabar menjadi percontohan bagaimana pengelolaan big data aset yang luar biasa," kata Kang Emil.


Peraih Asset Award 2023:
Kategori Analysis Highest and Best
Juara 1: Tim Amabatik Artha Priangan
Juara 2;  Tim Cemerlang Abadi
Juara 3: Tim Kelompok 1

Kategori Pemda Kabupaten/ Kota
Juara 1: Pemda Kabupaten Sumedang
Juara 2: Pemda Kota Bandung
Juara 3: Pemda Kabupaten Sukabumi

Kategori SMAN/ SMK/ SLB
Juara 1: SMAN 1 Pangalengan
Juara 2: SMKN 1 Karawang
Juara 3: SMAN 1 Cikarang Utara

Kategori Perangkat Daerah Lingkup Pemprov Jabar
Juara 1: Inspektorat
Juara 2: BKD
Juara 3: Dinas Kesehatan. (*)

den

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Peluang Timnas U-23 Masih Terbuka Menuju Olimpiade
Sekda Instruksikan Pemda Data Dampak Gempa Garut
Sejumlah Bangunan Rusak Akibat Gempa M 6,5 Garut
13.050 Jemaah Haji Asal Jabar Berangkat dari BIJB
Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi

Editorial



    sponsored links