free hit counter code DPRD Desak Moratorium Dicabut, 9 CDOB Jabar Antri - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
DPRD Desak Moratorium Dicabut, 9 CDOB Jabar Antri
Ketua Komisi I DPRD Jabar, Bedi Budiman

DPRD Desak Moratorium Dicabut, 9 CDOB Jabar Antri

JuaraNews Bandung - DPRD Jawa Barat terus mendesak pemerintah pusat mencabut moratorium pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB).

 

Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Bedi Budiman mengatakan pencabutan dilakukan agar pemekaran wilayah pada sembilan calon daerah otonomi baru (CDOB) di Jawa Barat segera dibahas di DPR RI.

 

9 DCDO tersebut yakni, Sukabumi Utara, Bogor Barat, Garut Selatan, Indramayu Barat, Bogor Timur, Cianjur Selatan, Tasikmalaya Selatan, Garut Utara, dan Subang Utara.

 

"Kami sudah berupaya dengan Pemerintah provinsi, dihadiri komisi 2, ada kementerian dalam negeri untuk dorongan pencabutan moratorium," katanya, Kamis (13/7/2023).

 

Menurut Bedi sembari menunggu pencabutan moratorium, CDOB harus dipacu untuk pelayan dasar, misal batas wilayah, pembagian aset dan lain sebagainya.

 

Lanjutnya, ketika daerah CDOB sudah siap maka tinggal bersaing dengan daerah pemekaran lainya yang telah diajukan kepada Kemendagri.

 

"Konon katanya sudah 300-an yang masuk di pusat usulan CDOB tidak mungkin pemerintah meloloskan semuanya, pasti ada mekanisme seleksi parameter yang digunakan adalah Rancangan Peraturan Pemerintah," ungkapnya.

 

Bedi menambahkan DPRD Jabar mendorong indikator yang dibutuhkan dari RPP supaya meningkat,"Indikator ada sekitar 26 yang pasti IPM angka pelayanan dasar, Pendidikan, kesehatan, perekonomian dll," tandasnya.

 

Untuk diketahui, puluhan masa dari Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah Jawa Barat (Forkodetada Jabar) menggelar aksi rasa Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (13/7/2023). 

 

Masa yang berasal dari perwakilan daerah sejumlah CDOB di Jabar mendesak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk turut bergerak mengupayakan pencabutan moratorium Calon Daerah Otonom Baru (CDOB). (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Sekda Instruksikan Pemda Data Dampak Gempa Garut
Sejumlah Bangunan Rusak Akibat Gempa M 6,5 Garut
13.050 Jemaah Haji Asal Jabar Berangkat dari BIJB
Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel

Editorial



    sponsored links