free hit counter code 9 Daerah di Jabar Sudah Terapkan ASO - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
9 Daerah di Jabar Sudah Terapkan ASO
Kadiskominfo Jabar, Ika Mardiah (Tengah)

9 Daerah di Jabar Sudah Terapkan ASO

JuaraNews Bandung -  Sembilan Kota/Kabupaten di Jawa Barat yang sudah menerapkan analog switch off (ASO) atau peralihan televisi analog ke digital. 

 

Kadiskominfo Jabar Ika Mardiah mengatakan 9 Daerah tersebut masuk dalam wilayah Bandung Raya dan Jabodetabek. Berarti masih ada 18 Kota/Kabupaten di Jabar belum menerapakn ASO.

 

"ASO belum 100 persen untuk di Jawa Barat. Atau baru Bandung Raya dan Jabodetabek, jadi yang lainya belum," kata Ika kepada wartawan seusai kegiatan Japri di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (5/6/2023).

 

Terkait kendala ASO, dia menyebutkan bahwa hal itu merupakan tanggung jawab pemerintah pusat. Sedangkan, pihaknya hanya menyiapkan dari penyiarannya saja.

 

"Kendalanya di pusat. Karena ASO sesuai dengan aturannya, semua tanggung Jawab Menteri Kominfo. Kita menggu saja, hanya kita menyiapkan dari sisi lembaga penyiaran, SDM juga masyarakatnya," tuturya.

 

Sementara itu, Ketua KPID Jabar Adiyana Slamet menyampaikan bahwa ASO jika dilihat dari Jakarta, Kemenkominfo ini masalahnya ada kesiapan infrastruktur dan kesiapan distribusi Set Of Box (STB).

 

Oleh karena itu, pihaknya mendorong pemerintah untuk segera membagikan STB kepada Masyarakat. "Tentunya kita harus mendorong pemegang multi placing secepatnya membagikan STB kepada masyarakat pra sejahtera atas data yang sudah ada," ucap Adiyana.

 

Dia menjelaskan, sehingga permasalahan ASO di Jabar ada delapan wilayah layanan, hanya baru satu wilayah layanan yang sudah swis on.

 

"Tadi kami mohon pemerintah pusat pemegang multi placing mempunyai political will untuk menuntaskan tujuh wilayah layanan yang ada di Jabar, sehingga masyarakat mampu untuk menikmati digitalisasi penyiaran atau ASO," tandasnya. (*)

Oleh: abdul basir / bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Satpol PP Tertibkan PKL Depan Pasar Kembar Bandung
Bey Ajak Masyarakat Nobar Persib di Gedung Sate
Jelang PPDB, Kepsek Tandatangani Pakta Integritas
Tegaskan Komitmen Pelayanan Terbaik dan Inovasi
PLN Sukses Hadirkan Listrik Tanpa Kedip KTT WWF

Editorial



    sponsored links