free hit counter code Jalan Khusus Tambang Cigudeg-Rumpin Mulai Dibangun - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Jabar Juara


Opini


  • Hejo Tapi Teu Ngejo
    Hejo Tapi Teu Ngejo

    PROVINSI Jawa Barat memilik Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Jasa Lingkungan Hidup. Perda tersebut didasari Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009.

    Jalan Khusus Tambang Cigudeg-Rumpin Mulai Dibangun

    Jalan Khusus Tambang Cigudeg-Rumpin Mulai Dibangun

    JuaraNews Bogor -  Pemda Provinsi Jawa Barat mulai merealisasikan pembangunan jalan khusus tambang penghubung Cigudeg - Rumpin, Kabupaten Bogor.

     

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi jalan khusus sekaligus melakukan pencanangan titik awal ruas di Kecamatan Cigudeg, Senin (29/5/2023). 

     

    Gubernur mengatakan jalan khusus tambang Cigudeg - Rumpin merupakan terobosan dalam pembangunan infrastruktur Indonesia karena dananya tidak bersumber dari uang pemerintah, baik APBD maupun APBN.

     

    Rencana pembangunan tertuang dalam RPJMD Kab Bogor 2018-2023 dan RPJMD Prov Jabar 2018-2023. 

     

    "Ini contoh pembangunan tidak pakai anggaran negara. Kita berperan memudahkan urusan ini secara investasi. Perannya adalah pembiayaan _full_ dari swasta," ujar Ridwan Kamil. 

     

    Menurut Gubernur, dana untuk membangun jalan tambang Cigudeg - Rumpin sepanjang kurang lebih 12 kilometer tersebut berasal dari investor swasta. 

     

    "Negara-swasta bekerja sama melayani masyarakat sampai dibikin peraturan khusus oleh Menteri ESDM dan PUPR. Jadi contoh se-Indonesia, bagaimana bekerja baik, kerja sama, inovasi, dan jadilah kemaslahatan," kata Ridwan Kamil.   

     

    Ke depan untuk pengelolaan jalan tersebut, Pemdaprov Jabar turut melakukan pengawasan melalui keterlibatan BUMD, PT Jasa Sarana.

     

    Gubernur berharap masyarakat sekitar mendapat manfaat ekonomi, baik itu dilibatkan sebagai pekerja selama proses pembangunan, atau peluang usaha melalui konektivitas wilayah yang tercipta. 

     

    Pemdaprov Jabar, menurut Gubernur, berupaya maksimal dalam menghadirkan jalan tambang Cigudeg - Rumpin yang sudah lama ditunggu masyarakat. 

     

    Jalur Cigudeg - Rumpin yang ada saat ini terus tergerus kerusakan karena ada percampuran moda transportasi tambang dengan umum (_mixed traffic_). 

     

    Selain kecelakaan lalu lintas, kerusakan jalur lama menyebabkan persoalan sosial dan lingkungan karena dekat dengan permukiman penduduk.  

     

    Jalan tambang Cigudeg - Rumpin akan memiliki 12 jembatan dan delapan akses masuk khusus truk tambang batu. "Sehingga truk tidak akan muter - muter bikin macet juga," sebut Ridwan Kamil. 

     

    Pembangunan jalan tambang membutuhkan 32,7 hektare lahan dan saat ini sudah dibebaskan 26,16 hektare atau 80 persen.

     

    Ke depan, jalan tambang Cigudeg - Rumpin ini akan melayani 58 pemegang izin usaha tambang atau transporter. 

     

    Hal ini berbeda dengan jalan tambang konvensional di Indonesia, yang satu ruas jalan ada dalam hanya satu kawasan tambang. Jalan tambang Cigudeg - Rumpin jauh dari permukiman penduduk sehingga tidak akan menganggu secara sosial dan lingkungan.  

     

    Setelah jalan tambang selesai, gubernur berkomitmen membangun jalur lama atau umum dengan peningkatan kualitas berupa cor, disusul pengaspalan menggunakan hotmiks. 

     

    "Jalur umum akan kita aspal, akan dianggarkan, tapi dikerjakan setelah jalur tambang beres, karena kalau saya aspal sekarang truk besarnya masih berada di sana nanti rusak lagi. Jadi saya mohon warga bersabar satu tahun,” tuturnya. 

     

    Sementara itu, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan mengajak semua pihak mendukung pembangunan jalan tambang Cigudeg - Rumpin, mulai dari sosialisasi hingga pekerjaan selesai. 

     

    "Masyarakat Bogor, khususnya Bogor Barat mendukung apa yang ingin diwujudkan. Semoga visi misi Gubernur Jawa Barat bisa selesai di akhir masa jabatannya," ucap Iwan. 

     

    Owner JB Group Mulyadi Jayabaya mengungkap jalan tambang Cigudeg - Rumpin  sangat mendesak dan pertama di Indonesia. 

     

    Karakteristiknya hampir seperti tol karena khusus truk tambang, tapi sedikit berbeda dalam segi akses keluar masuk. 

     

    "Kalau tol biasa tidak terlalu banyak akses, ini banyak akses hingga ada delapan _interchange_, untuk memudahkan akses keluar masuk (truk). Jembatan ada 12 termasuk jembatan yang dilewati jalan- jalan desa," kata Jayabaya. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Tetep: Terminal Singaparna Perlu Direlokasi
    Rekapitulasi KPU Prabowo-Gibran Kuasai Jabar
    KPU Jabar Enggan Disebut Lelet, Ini Alasannya
    BMKG Soal Hujan dan Angin Kencang Melanda Bandung
    Hasyim Sindir KPU Jabar Tidak Hadir di Rapat Pleno

    Editorial



      sponsored links