free hit counter code Aura Angker di Gunung Salak - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Aura Angker di Gunung Salak
    ilustrasi

    Aura Angker di Gunung Salak

    • Kamis, 28 September 2023 | 12:55:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Gunung Salak merupakan nama yang tidak asing lagi bagi masyarakat sekitar pegunungan dan para pendaki, Selain menyuguhkan keindahan alam dan pengalaman mendaki yang cukup menarik, berbagai kisah misteri yang terjadi di gunung ini kerap menghantui para pendaki yang banyak memakan korban. 

     

    Lokasi Gunung Salak terletak di wilayah antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, merupakan salah satu gunung yang paling angker di Tanah Sunda. 

     

    Gunung Salak memiliki ketinggian puncak 2.211 meter di atas permukaan laut karena memiliki keindahan dan gagah terlihat dari kejauhan sehingga gunung ini sering didatangi oleh para pendaki, Selain dari itu Gunung Salak ternyata menyimpan cerita misteri yang berkembang di tengah masyarakat dan pendaki, Cerita misteri itu beragam mulai dari kerajaan ghoib, ritual pesugihan, hingga sering memakan korban jiwa. 

     

    Berikut beberapa ulasan dan cerita misteri di balik Gunung Salak yang dirangkum dari berbagai sumber. 

     

    1. Terdapat Kerajaan Ghaib

    Gunung Salak memiliki kaitannya dengan Kerajaan ghaib Padjadjaran karena Kerajaan Padjajaran sendiri merupakan kerajaan yang berada di Tatar Sunda, Kerajaan ini berdiri sekitar tahun 1030 M banyak masyarakat Sunda percaya bahwa arwah para penghuni Kerajaan Padjadjaran masih ada di lokasi tersebut hal itu tak lepas dari cerita masyarakat yang kerap kali melihat wujud orang-orang tengah bertugas dengan seragam khas zaman kerajaan. Selain itu sebagian masyarakat juga percaya jika arwah dari Prabu Siliwangi yang dikenal sebagai sosok raja di Kerajaan Padjadjaran masih ada di sekitar Gunung Salak. 

     

    2. Memiliki Kekuatan Magnetik

    Cerita mistis Gunung Salak selanjutnya dipercaya memiliki kekuatan magnetik yang cukup kuat

    salah satunya kecelakaan pesawat yang pernah terjadi di area Gunung Salak yaitu kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 pada 2012. Kecelakaan pesawat ini menewaskan sekitar 45 penumpang warga negara Indonesia dan warga negara asing.

    Kejadian ini kemudian memunculkan cerita mistis dibalik ke angkeran Gunung Salak banyak orang-orang yang mengaitkan kecelakaan pesawat Sukhoi dengan Kerajaan ghaib

     

    3. Harta Karun di Gunung Salak

    Cerita mistis yang beredar selanjutnya di Gunung Salak ada harta karun yang terkubur. Cerita mistis ini datang dari kisah penambang emas ilegal di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Sebelum melakukan penambangan di Gunung Halimun Salak, para penambang memiliki ritual khusus sebelum menggali lubang tambang tersebut, Ritual mistiknya dimana para penambang akan melemparkan minyak wangi jenis apeljin yang telah diberi ajian oleh dukun ketika minyak wangi apeljin itu dilemparkan ke tempat penambangan dan jatuh tepat di pusatnya maka di situlah lokasi yang mengandung kadar emas berada. 

     

    4. Suara Gamelan

    Gunung Salak selanjutnya adalah misteri suara gamelan di Gunung Salak terdapat suara gamelan yang terdengar jika mendaki ke arah puncak. Kesaksian itu diceritakan oleh para pendaki yang mendengar suara gamelan ketika mendaki Gunung Salak. Tak sedikit juga para pendaki yang terhipnotis dan mengikuti suara gamelan tersebut bahkan menurut cerita ada beberapa pendaki yang mengikuti suara gamelan itu dan akhirnya hilang tanpa jejak

     

    Cerita mistis Gunung Salak selain yang disebutkan di atas juga didukung dengan adanya tradisi-tradisi yang masih dilakukan oleh masyarakat dan pantangan yang harus dipatuhi oleh para pendaki. 

     

    Berikut beberapa tradisi dan pantangan yang harus dipatuhi saat berada di Gunung Salak:

     

    "Seren Taun"

    Tradisi Seren Taun sampai saat ini dilaksanakan oleh masyarakat di ketinggian 1.200 meter dan tepat berada di sisi timur Gunung Salak. tujuan dari adanya tradisi atau perayaan seren taun ini sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas hasil panen yang didapat.

     

    "Pantangan Buah Salak"

    Cerita mistis Gunung Salak diperkuat dengan adanya pantangan menyebut atau menanyakan tentang buah salak nama Gunung Salak diambil dari bahasa Sansekerta yaitu Salaka yang memiliki arti perak.

     

    Meskipun asal-usul nama gunung ini tidak ada kaitannya dengan buah salak, para pendaki tetap tidak boleh menyebut buah salak atau membahas hal yang berkaitan dengan buah salak, hal ini dianggap sebuah kesombongan dan pendaki yang menyebut buah salak akan sulit untuk sampai ke puncak.

     

    "Pantangan Memetik Bunga Anggrek"

    Pantangan selanjutnya yaitu para pendaki dilarang memetik bunga Anggrek yang berada di Gunung Salak memang cukup menarik perhatian namun masyarakat di sana percaya bahwa bunga Anggrek merupakan tanaman yang dimiliki oleh para makhluk ghaib di Gunung Salak.

     

    Cerita mistis Gunung Salak cukup terkenal dan banyak dipercaya oleh masyarakat sekitar dan para pendaki yang sudah menjelajahnya. Terlepas bahwa cerita tersebut merupakan mitos atau fakta, kita sebagai pendaki harus menghormati adat dan kebiasaan yang sudah ada di Gunung Salak. (*) 

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Inilah Beberapa Daerah Bersuhu Dingin di Indonesia
    Misteri Penghuni Jin Kota Gaib Padang 12 Kalbar
    iBooming, Solusi Sukses Afiliasi di TikTok
    Sesar Lembang, Pahami Patahan di Tanah Parahyangan
    Ini Prediksi Fenomena Badai Matahari Akan Terjadi


    sponsored links