free hit counter code Saksikan Serah Terima LoI IKN, Jokowi: Malaysia – Indonesia Punya Hubungan yang Kokoh - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Saksikan Serah Terima LoI IKN, Jokowi: Malaysia – Indonesia Punya Hubungan yang Kokoh
(humas setkab) Presiden Jokowi dan PM Anwar Ibrahim (belakang) menyaksikan serah terima LoI sepuluh investor Malaysia dalam pembangunan IKN

Saksikan Serah Terima LoI IKN, Jokowi: Malaysia – Indonesia Punya Hubungan yang Kokoh

JuaraNews, Jakarta – Dalam pertemuan bilateral Indonesia – Malaysia, Presiden Jokowi dan PM Malaysia Anwar Ibrahim menyaksikan serah terima sebelas letter of intent (LoI) atau surat ketertarikan sepuluh investor Malaysia pada pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).  Para Investor itu, akan berpartisipasi dalam pembangunan IKN baru itu.

 

Atas penyerahan 11 LoI yang oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan Internasional Malaysia Tengku Zafrul bin Tengku Abdul Aziz kepada Kepala Otorita IKN Bambang Suswantono itu, Jokowi mengungkapkan sambutan atas keterlibatan para investor dari Malaysia itu.

 

“Saya menyambut baik minat para investor Malaysia dalam pembangunan ibu kota negara baru, Nusantara. Sebelas letter of intent (LoI) telah ditandatangani oleh sektor swasta Malaysia dan diserahkan kepada Otoritas IKN yang bergerak di bidang elektronik, kesehatan, pengelolaan limbah, konstruksi, dan properti,” papar Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama PM Anwar Ibrahim, Senin (09/01/2023), di Istana Kepresidenan Bogor.

 

Pada kesempatan itu juga, Presiden Jokowi juga menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan PM Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri ke-10 Malaysia pada November 2022 silam. Presiden Jokowi pun meyakini di bawah kepemimpinan Anwar Ibrahim kerja sama kedua negara akan semakin kuat.

 

“Malaysia bukan saja negara tetangga dekat Indonesia, namun kita juga merupakan bangsa serumpun dan memiliki hubungan yang sangat kokoh,” cetus Jokowi.

 

Jokowi pun menyebut, kedatangan PM Malaysia pengganti Ismail Sabri Yakoob itu merupakan sebuah kehormatan bagi Indonesia.

 

“Sebuah kehormatan bagi Indonesia menerima lawatan luar negeri pertama Perdana Menteri Dato’ Seri Anwar Ibrahim,” ujarnya.

 

Selain itu, dalam pertemuan antara Jokowi dan Anwar Ibrahim itu kedua negara menyepakati juga delapan memorandum saling pengertian (MSP), yaitu dalam bidang perkapalan, pembiayaan ekspor-impor, energi hijau, pengembangan industri baterai, dan lain-lain.

 

Adapun kedelapan MSP antara Indonesia dan Malaysia tersebut yakni:

  1. Saling Pengertian antara ASIC Offshore & Marine Sdn Bhd dan PT Dok Perkapalan Kodja Bahari
  2. Memorandum Saling Pengertian antara Export-Import Bank of Malaysia Berhad dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia
  3. Memorandum Kolaborasi antara FGV Holdings dan PT Perkebunan Nusantara Indonesia
  4. Memorandum Saling Pengertian antara Citaglobal Berhad dan Indonesia Battery Corporation
  5. Memorandum Saling Pengertian antara AWC Berhad dan PT GKM
  6. Memorandum Saling Pengertian AWC Berhad dan PT Bintang Timur Investama
  7. Memorandum Saling Pengertian AIROD Sdn Bhd dan PT Dirgantara Indonesia
  8. Memorandum Saling Pengertian antara SIRIM Berhad dan Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia(*)

Aep

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Legislator Minta Permasalah RKB Segera Diatasi
3 Raperda Prakarsa DPRD Jabar Tuntas Dibahas
Bey Target Swasembada Pangan di Jabar
Legislator Minta Regulasi PPDB Zonasi Dievaluasi
Komisi V Dorong Penerbitan Kepgub Upah Buruh

Editorial



    sponsored links