free hit counter code Pangdam Siliwangi "Dijebloskan" ke Sel Tahanan Setelah Dijemput Pomdam - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Pangdam Siliwangi
(pendam iii/siliwangi) Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo (kiri) mendengarkan tausyiah di dalam sel tahanan maximum security Pomda III Siliwangi.

Pangdam Siliwangi "Dijebloskan" ke Sel Tahanan Setelah Dijemput Pomdam

  • Kamis, 25 Agustus 2022 | 23:06:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dijemput petugas Pomdam III/Siliwangi dan dijebloskan ke sel tahanan.

 

Selain Pangdam, sejumlah pejabat Kodam Siliwangi pun, mendapatkan tindakan serupa. Seperti Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapok Sahli), Asiste Perencanaan Kodam (Asrendam) Siliwangi, para asisten, dan Kabalakdam juga dijemput dan dimasukkan ke dalam tahanan Polisi Militer Kodam (Pomdam) III Siliwangi.


Sama seperti tahanan lain, Pangdam Siliwangi pun mendapatkan perlakuan sesuai standard operasional prosedur (SOP). Di antaranya, saat masuk dilakukan proses penerimaan tahanan melalui beberapa tahapan. Antara lain, setelah tahanan masuk melalui pintu sally port dilakukan registrasi, pengambilan data tahanan, sidik jari, pengukuran tinggi, dan berat badan, foto, penggantian baju, dan pemasangan pin, dan dilanjutkan pemeriksaan kesehatan.


Seusai menjalani proses penerimaan tahanan, Pangdam Siliwangi dan pejabat Kodam lainnya melaksanakan kegiatan seperti hal yang dilakukan tahanan lainnya di antaranya melaksanakan salat berjamaah dan menerima siraman rohani.

 

“Penahanan terhadap Pangdam Siliwangi beserta pejabat kodam oleh Pomdam III/Siliwangi dalam rangka simulasi proses penerimaan tahanan militer yang melakukan tindak pidana,” kata Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto dalam rilis resmi yang diterima JuaraNews, Kamis (25/8/2022).

 

Arie menyatakan, kehadiran Pangdam III/Siliwangi bersama pejabat kodam di Stal Tahmil Pomdam III/Siliwangi yang sekarang disebut Super Maximum Security Pomdam III/Siliwangi, dalam rangka mengadakan pengecekan kesiapan operasional fasilitas tersebut, juga SOP Pomdam III/Siliwangi.

"Selain itu juga untuk melihat apakah fasilitas yang dibangun dapat memenuhi kebutuhan normatif prajurit di dalam tahanan. Sekaligus pengecekan kesiapan bangunan dan berbagai fasilitasnya yang akan diresmikan oleh KSAD (Jenderal Dudung Abdurachman) direncanakan pada Senin (29/8/2022)," ujar Arie.

 

Simulasi ini, tutur Kapendam, juga untuk memastikan kesiapan peresmian dan mengetahui sejauh mana kualitas fasilitas Super Maximum Security Pomdam III/Siliwangi, Pangdam bersama pejabat Kodam lainnya menginap di ruang tahanan tersebut.

 

Pembangunan Super Maximum Security Siliwangi dilengkapi dengan teknologi terkini untuk IT security system. Sel tahanan Super Maximum Security itu menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang tertanam di dalam setiap kamera CCTV berbasis AI dan didukung dengan alat khusus analytic.

 

"Sistem ini bisa mendeteksi adanya perkelahian, keributan, percobaan melarikan diri, pelanggaran batas yang telah ditentukan (intrusion), termasuk bisa mengenali pola wajah (face recognition)," tutur Kapendam Siliwangi.

 

Sementara itu, Pangdam III/Sililiwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan, tujuan lain dari kegiatan tersebut adalah sebagai sarana menjalin kebersamaan dengan para perwira sekaligus menjadi peringatan agar prajurit tidak melakukan pelanggaran, baik hukum maupun disiplin TNI.

"Kegiatan ini menjadi bagian pembelajaran bagi Perwira, harus menjadi contoh kepada bawahan jangan hanya bicara tanpa melakukan aksi nyata," kata Mayjen Kunto. (*)

Aep

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links