blog counter

Tim Persipura tak Datang ke Lapangan, Laga Tunda kontra Madura United Batal Digelar

  • Senin, 21 Februari 2022 | 23:11:00 WIB
  • 0 Komentar


Tim Persipura tak Datang ke Lapangan, Laga Tunda kontra Madura United Batal Digelar
Line up laga Persipura kontra Madura United yang dirilis PT LIB tidak diisi sususun pemain tim Mutiara Hitam. Laga yang dijadwalkan digelar Senin (21/2/2022) malam itu pun batal digelar. (ligaindonesiabaru.com)

JuaraNews, Gianyar – Laga tunda Pekan 22 Liga 1 2021-2022 antara Persipura Jayapura kontra Madura United yang dijadwalkan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (21/2/2022) malam, batal digelar.

 

Laga yang digeser ke Pekan 27 tersebut, tak bisa digelar karena para pemain Persipura tak kunjung hadir di lapangan hingga saatnya kick-off pada pukul 20.30 WIB.

 

Wasit Asep Yandis yang memimpin pertandingan, sebenarnya sudah melakukan penundaan laga hingga 2 kali atau 2x30 menit sesuai Pasal 12 dalam Regulasi Liga 1 2021/22 yang dirilis PT Liga Indonesia Baru (LIB). Namun setelah ditunda sebanyak 2 kali, tim Mutiara Hitam tidak juga datang ke stadion. Akhinyra,  dengan berbagai pertimbangan, wasit pun memutuskan meniup peluit panjang tanda laga berakhir pada pukul 21.30 WIB.

 

Dikabarkan sebelumnya, Persipura memang belum mengirim daftar susunan pemain (DSP) juga tim pelatih yang akan berlaga pada laga tersebut. Hingga kick-off dimulai, di situs resmi LIB, line up yang tersedia hanya dari Madura United. Sedangkan Persipura belum mengeluarkan susunan pemainnya untuk pertandingan ini.

 

Saat kick-off akan dimulai, bahkan tim Madura United masuk ke dalam lapangan tanpa adanya lawan, karena tim Persipura belum hadir di stadion. Jika mangacu pada regulasi PT LIB, maka Persipura dinyatakan kalah karena Walk Out atau WO.

 Soal Status Laga Persipura Vs Madura United, LIB Serahkan ke Komdis PSSI  Halaman all - Kompas.com

Tim Madura United memasuki lapangan tanpa kehadiran pemain Persipura Jayapura di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (21/2/2022) malam. Laga tunda Pekan 22 Liga 1 2021-2022 itu pun akhirnya dibatalkan. 

 

Persipura Diterpa Badai Covid-19

TimMutiara Hitam sendiri tidak datang ke stadion karena sejumlah alasan. Persipura sebelumnya menuliskan surat permohonan pertandingan tunda yang bernomor 004/Persipura/II/2022 tertanggal 20 Februari 2022. Persipura tidak bisa bertanding dengan alasan kehilangan banyak personel akibat terpapar Covid-19.

 

Hasil tes PCR, yang dilakukan pada Minggu (20/2/2022), menunjukkan 9 personel tim dinyatakan positif. Terdiri dari atas ofisial dan 6 pemain. Karena itu, manajemen Persipura meminta PT LIB menunda laga kontra Madura.

 

"Maka, kami berkoordinasi dengan LIB untuk dilakukan Tes pembanding pada Senin, 21 Februari 2022, apabila hasil tes pembanding masih ada beberapa pemain dengan status Positif Covid-19, maka Tim Persipura Jayapura TIDAK DAPAT BERTANDING dikarenakan (1) jumlah pemain akan sangat banyak yang berhalangan untuk dimainkan (2) menghilangkan azas fairness," tulis surat yang dikirim Persipura.

 

LIB dan Satgas Covid-19 di Liga 1 pun melakukan tes ulang. Hasilnya, sesuai dengan surat, yang dikirimkan LIB dengan No 100/LIB-KOM/II/2022, menyebutkan hasil tes seperti laporan Persipura.

 

Dengan begitu, dalam surat yang dikirimkan LIB ke manajemen Persipura pada Senin (21/2/2022) tersebut, dijelaskan bahwa didapati pemain yang negatif berjumlah lebih dari 14 orang sehingga tidak memenuhi unsur Pasal 52 ayat 7 regulasi Liga 1 2021-2022 dan tidak perlu diadakan emergency meeting untuk menentukan ditunda-tidaknya laga.

 

"Tidak ada kejadian luar biasa terkait Covid. Ini kasusnya seperti pertandingan Persikabo 1973 versus Bali United, beberapa pekan yang lalu. Pertandingan tetap dilanjutkan," ujar Direktur Operasional LIB Sudjarno, dalam laman resmi Liga 1.

 

"Dari kami pun sudah siap semuanya. LOC, wasit, keamanan, sudah berada di stadion. Tim Madura United juga sudah datang di stadion," tambahnya.

 

Madura United Menang WO?

Status laga Persipura kontra Madura sendiri masih belum jelas. Apakah MU dinyatakan menang WO atau laga tunda tersebut akan dijadwal ulang. Jika dinyatkan Persipura WO, maka Madura United mendapat kemenangan instan karena kejadian tersebut. MU pun akan langsung menggeser PSS Sleman di peringkat 10 klasemen sementara Liga 1. Namun di laman resmi Liga 1 sendiri, belum ada perubahan data, baik pada hasil laga yang masih terjadwal Senin (20/2/2022) pukul 20.30 WIB maupun di papan klasemen sementara dimana posisi Persipura dan MU masih di peringkat yang sebelumnya seusai laga Pekan 26.

 

Soal hal tersebut, Lukita menjelaskan, status pertandingan tersebut akan dikembalikan pada regulasi yang sudah dibuat. PT LIB juga akan berkonsultasi dengan PSSI lebih dulu.

 

"Kami akan mengonsultasikannya hal ini dengan PSSI terlebih dulu," tegas Lukita

 

Sementara itu, Media Officer Madura United Tabri mengaku belum tahu kabar mengenai status laga ini. Mereka pun masih menunggu keputusan dari PT LIB. "Belum tahu (status pertandingan ini), karena soal tunda atau tidaknya, adalah kewenangan LIB," ucap Tabri saat dihubungi wartawan, Senin (21/2/2022).

 

Bunyi Pasal 12 Regulasi Liga 1 2021-2022

1. Apabila Pertandingan tidak dapat dimulai sesuai waktu yang telah ditetapkan karena alasan force majeure atau alasan lain termasuk tetapi tidak terbatas pada lapangan permainan di Ssadion yang tidak layak digunakan, kondisi cuaca, lampu Stadion padam dan lainnya, maka berlaku prosedur sebagai berikut:

a. Match Commissioner memutuskan bahwa Pertandingan ditunda selama durasi sekurang-kurangnya 30 menit. Selama waktu penundaan ini, wasit dapat memutuskan apabila Pertandingan dapat dimulai sebelum waktu penundaan tersebut berakhi;

b. Setelah penundaan selama 30 menit pertama sebagaimana diatur dalam ayat 1 huruf a Pasal ini, dapat dilakukan penambahan penundaan waktu selama 30 menit berikutnya apabila menurut penilaian wasit penundaan kedua ini akan membuat Pertandingan dapat dimulai atau wasit dapat menyatakan Pertandingan dibatalkan. Selama waktu penundaan kedua ini, wasit dapat memutuskan Pertandingan dapat dimulai sebelum waktu penundaan tersebut berakhir;

c. Setelah penundaan selama 30 menit kedua berakhir dan wasit berpendapat bahwa Pertandingan masih belum dapat dilaksanakan, maka wasit akan menyatakan Pertandingan dibatalkan. (*)

jn

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Izin Kepolisian Sudah Terbit, Liga I 2022-2023 Mulai Kembali Senin Ini
Bertandang ke Markas Persib, Bali United Percaya Diri Raih Poin Penuh
Tanpa 7 Pemain Pilar, PSS Sleman Waspadai Motivasi Berlipat Persib
Madura United Bertekad Lanjutkan Tren Kemenangan di Kandang Maung Bandung
Timnas Indonesia Gagal ke Semifinal Piala AFF U-19, PSSI Layangkan Protes
Berita Terdahulu

Editorial


    Jadwal Liga


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 22 56
      2. Chelsea 22 43
      3. Liverpool 20 42
      4. West Ham United 21 37
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Madura United 10 23
      2 PSM Makassar 9 21
      3 Bali United 10 21