free hit counter code Gubernur Ridwan Kamil Raih Penghargaan Inovasi ICMI Iptek Award - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Editorial


    Hot News


    Opini


      Gubernur Ridwan Kamil Raih Penghargaan Inovasi ICMI Iptek Award
      (humas pemprov jabar) Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menerima  penghargaan Inovasi ICMI Iptek Award dari Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) di Hotel Grand Asrilia, Jalan Pelajar Pejuang 4 Kota Bandung, Sabtu (4/12/2021).

      Gubernur Ridwan Kamil Raih Penghargaan Inovasi ICMI Iptek Award

      • Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:27:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendapat penghargaan Inovasi ICMI Iptek Award dari Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI).

       

      Penghargaan tersebut diterima Kang Emil dalam Muktamar VII ICMI Tahun 2021 dan MILAD ke-31 ICMI bertema ‘Membangun Indonesia Bermartabat, Menuju Indonesia Emas 2045’ di Hotel Grand Asrilia, Jalan Pelajar Pejuang 45 Kota Bandung, Sabtu (4/12/2021).

       

      Emil sendiri sering berinovasi dengan memanfaatkan teknologi 4.0 untuk menjawab persoalan yang ada. Salah satunya menghadirkan Jabar Digital Service (JDS) di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar.

       

      Saat pandemi melanda Jabar, Emil membuat aplikasi bernama Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar). Pikobar menjadi sumber informasi penanganan Covid-19 di Jabar. Pikobar juga memiliki sejumlah fitur yang dapat memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terkait penanganan Covid-19.

       

      Pikobar pun mendapatkan penghargaan Special Award for Resiliency kategori Penanganan Covid-19 dalam IDC Digital Transformation Awards (DXa) Indonesia 2020. Kategori tersebut berkaitan dengan bagaimana teknologi berfungsi dalam penanganan Covid-19.

       

      Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang hadir dalam kegiatan tersebut menuturkan, ICMI menjadi simbol persatuan juga perkembangan umat Islam di Indonesia. ICMI bersama MUI menjadi inovator dalam menginisiasi Bank Muamalah.

       

      “Kelahiran ICMI tiga dekade silam bukan sekadar wadah perkumpulan cendekiawan muslim, simbol perkembangan dan kemajuan umat Islam Indonesia. Membawa Indonesia ke arah kemajuan di antaranya dengan MUI, menginisiasi Bank Muamalah sebagai bank pertama di Indonesia,” kata Wapres.

       

      Dalam perjalanannya, kata Wapres, ICMI terlibat dalam kemajuan bangsa terkait penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ma’ruf berpesan agar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut harus tetap diiringi dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

       

      “Layaknya dua sisi mata uang, ilmu dan takwa tidak terpisahkan. Ilmu pengetahuan justru semakin menuntun kita pada keimanan,” ucap Wapres.

       

      Melihat kondisi perekonomian di dunia pascapandemi Covid-19, Ma’ruf mengajak anggota ICMI untuk adaptif dan kreatif.

       

      “Kondisi perekonomian global saat ini juga penuh ketidakpastian, sehingga menjadi adaptif dan kreatif bukan lagi suatu pilihan. Namun, itu semua tidak lantas membuat kita melupakan cita-cita kita untuk membangun bangsa Indonesia yang bermartabat sekaligus mewujudkan visi Indonesia Emas," ucapnya.

       

      Di akhir sambutannya, Wapres meminta ICMI untuk menjadi mitra pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

       

      “Sebagai mitra sinergis Pemerintah, saya berharap ICMI dapat membantu Pemerintah dalam menanggulangi pandemi dan dampak yang diakibatkannya. Potensi dan jejaring ICMI di seluruh Indonesia, jika dimobilisasi secara tepat, akan menjadi modal dasar untuk mendukung pemulihan berbagai sektor, khususnya di bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi,” pungkasnya. (*)

      jn

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Sistem Merit ASN Pemprov Jabar Terdepan
      Ridwan Kamil Instruksikan Satu ASN di Jabar Jadi Orangtua Asuh Satu Anak Stunting
      Terapkan Kebijakan Pelestarian Lingkungan, Gubernur Ridwan Kamil Raih Penghargaan Nirwasita Tantra
      Pemprov Jabar Raih Juara Pertama Penghargaan Pembangunan Daerah 2022
      Pikobar dan akun IG Humas Jabar & Jabarprovgoid Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Award


      PARLEMENTARIA