Peringatan Hari Tani Nasional, Mahasiswa Minta Pemerintah Percepat Reforma Agraria

  • Jumat, 24 September 2021 | 15:29:00 WIB
  • 0 Komentar


Peringatan Hari Tani Nasional, Mahasiswa Minta Pemerintah Percepat Reforma Agraria
Gerakan Mahasiswa (Gema) Petani Indonesia Jawa Barat melaksanakan aksi damai dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional 2021 di depan Kantor DPRD Jabar, Jum'at (24/9/2021 bas

 

JuaraNews, Bandung - Gerakan Mahasiswa (Gema) Petani Indonesia Jawa Barat melaksanakan aksi damai dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional 2021.


Aksi damai tersebut dilaksanakan di depan Kantor DPRD Jabar, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jum'at (24/9/2021) siang.


Dalam aksinya masa aksi dari perguruan tinggi di wilayah Bandung raya meminta pemerintah Jawa Barat untuk melaksanakan percepatan Reforma Agraria yang menjadi prioritas program pemerintahan Presiden RI, Joko Widodo.

 

Arif Rahman, Orator Gema Petani mengatakan Jawa Barat memiliki beberapa wilayah prioritas Target Objek Reforma Agraria (TORA) yang harus segera di redistribusikan tanahnya kepada petani penggarap, agar tidak terjadi konflik pertanahan di Jawa Barat

 

"Sebagai bagian dari lumbung pangan Nasional yang mengandalkan sektor pertanian sebagai andalan pemulihan ekonomi, pemerintah Jawa Barat harus mampu menjadikan petani bukan hanya sebagai objek tapi juga subjek dalam mencapai kesejahteraan bagi petani itu sendiri," tandasnya.


Menurutnya, pemenuhan hak petani atas tanah, akses permodalan, akses benih dan pupuk serta market dan penyerapan dari hasil pertanian khususnya pertanian pangan dan hortikultura harus terlaksana secara adil dan merata. Sehingga petani di Jawa Barat lebih sejahtera dan mempunyai prospek yang lebih baik kedepannya.


"Seperti yang kita tau bersama kondisi regenerasi petani di Jawa Barat begitu mengkhawatirkan sudah tidak ada lagi anak muda yang mau menjadi petani karena image dari petani itu sendiri di tambah problem yang begitu kompleks di alami petani kita,' tandasnya.

 

Sementara itu, aksi ini damai ini diterima langsung Anggota Komisi I DPRD Jabar, Rafaela Situmorang. Politisi PDI Perjuangan ini mengapresiasi kegelisahan dari temen-temen mahasiswa terhadap kondisi petani saat ini.

 

Dia mengaku juga mengaku prihatin dengan kondisi petani saat ini yang hanya menjadi buruh akan tetapi tidak dapat mensejahterakan dalam kehidupan sehari-harinya.

 

"Maka dari itu, apa yang menjadi tuntutan serta keprihatinan temen-temen mahasiswa terhadap kondisi tani saati ini saya tampungan dan akan saya sampaikan kepada pimpinan untuk segera ditindaklanjuti," tandasnya. (*)

 

 

 

bas

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
KPID Jabar Layangkan Surat ke KPI Pusat terkait TV Tayangkan Gambar Porno
Rangkaian HUT ke-57, Golkar Jabar Gelar Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Cikutra
Gelar Vaksinasi Bersama Eiger dan Korem 061, JQR Kebut Herd Immunity di Bogor
Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Gubernur Ingatkan Masyarakat Pentingnya Disiplin Prokes
Nadiem: Pentingnya Adaptasi Teknologi bagi Sektor Pendidikan dalam Menjawab Tantangan Masa Depan
Berita Terdahulu

Editorial


    Pos Indonesia kanan

    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads