free hit counter code Peringatan Hari Tani Nasional, Mahasiswa Minta Pemerintah Percepat Reforma Agraria - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Peringatan Hari Tani Nasional, Mahasiswa Minta Pemerintah Percepat Reforma Agraria
bas Gerakan Mahasiswa (Gema) Petani Indonesia Jawa Barat melaksanakan aksi damai dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional 2021 di depan Kantor DPRD Jabar, Jum'at (24/9/2021

Peringatan Hari Tani Nasional, Mahasiswa Minta Pemerintah Percepat Reforma Agraria

  • Jumat, 24 September 2021 | 15:29:00 WIB
  • 0 Komentar

 

JuaraNews, Bandung - Gerakan Mahasiswa (Gema) Petani Indonesia Jawa Barat melaksanakan aksi damai dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional 2021.


Aksi damai tersebut dilaksanakan di depan Kantor DPRD Jabar, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jum'at (24/9/2021) siang.


Dalam aksinya masa aksi dari perguruan tinggi di wilayah Bandung raya meminta pemerintah Jawa Barat untuk melaksanakan percepatan Reforma Agraria yang menjadi prioritas program pemerintahan Presiden RI, Joko Widodo.

 

Arif Rahman, Orator Gema Petani mengatakan Jawa Barat memiliki beberapa wilayah prioritas Target Objek Reforma Agraria (TORA) yang harus segera di redistribusikan tanahnya kepada petani penggarap, agar tidak terjadi konflik pertanahan di Jawa Barat

 

"Sebagai bagian dari lumbung pangan Nasional yang mengandalkan sektor pertanian sebagai andalan pemulihan ekonomi, pemerintah Jawa Barat harus mampu menjadikan petani bukan hanya sebagai objek tapi juga subjek dalam mencapai kesejahteraan bagi petani itu sendiri," tandasnya.


Menurutnya, pemenuhan hak petani atas tanah, akses permodalan, akses benih dan pupuk serta market dan penyerapan dari hasil pertanian khususnya pertanian pangan dan hortikultura harus terlaksana secara adil dan merata. Sehingga petani di Jawa Barat lebih sejahtera dan mempunyai prospek yang lebih baik kedepannya.


"Seperti yang kita tau bersama kondisi regenerasi petani di Jawa Barat begitu mengkhawatirkan sudah tidak ada lagi anak muda yang mau menjadi petani karena image dari petani itu sendiri di tambah problem yang begitu kompleks di alami petani kita,' tandasnya.

 

Sementara itu, aksi ini damai ini diterima langsung Anggota Komisi I DPRD Jabar, Rafaela Situmorang. Politisi PDI Perjuangan ini mengapresiasi kegelisahan dari temen-temen mahasiswa terhadap kondisi petani saat ini.

 

Dia mengaku juga mengaku prihatin dengan kondisi petani saat ini yang hanya menjadi buruh akan tetapi tidak dapat mensejahterakan dalam kehidupan sehari-harinya.

 

"Maka dari itu, apa yang menjadi tuntutan serta keprihatinan temen-temen mahasiswa terhadap kondisi tani saati ini saya tampungan dan akan saya sampaikan kepada pimpinan untuk segera ditindaklanjuti," tandasnya. (*)

 

 

 

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Jabar Mitigasi Bencana Hidrometeorologi saat Mudik
Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Lancar
Pemprov Jabar Diminta Selesaikan Sertifikasi Aset
44 Anggota DPRD Jabar Belum Laporkan LHKPN
KPK Ingatkan Pemprov  Soal Pencegahan Korupsi

Editorial



    sponsored links