Hot News


Opini


    Gelar Vaksinasi Covid-19, PTI Bujuk Rayu Ratusan Kaum Disabilitas

    • Minggu, 5 September 2021 | 20:30:00 WIB
    • 0 Komentar


    Gelar Vaksinasi Covid-19, PTI Bujuk Rayu Ratusan Kaum Disabilitas

    JuaraNews, Bandung –  Sebanyak 500 penyandang disabilitas mengikuti vaksinasi Covid-19 di SMKN 15, Kota Bandung, Sabtu (4/9/2021).

     

    Kegiatan ini diinisiasi Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) yang menggandeng Sesko TNI, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), Komunitas Budha Tzu Chi Indonesia, Klinik Mawar, dan donatur lain.

     

    Ketua PTI Jabar, Hemasari Dharmabumi mengatakan, vaksinasi ini sengaja digelar untuk membantu pemerintah dalam percepatan herd immunity di Jawa Barat. Ia menyebut sebanyak 500 difabel yang terdata beserta 200 orang pendampingnya mengikuti vaksinasi.

     

    "Vaksinasi tersebut mulai pagi hingga sore pukul 15.00 WIB. Kami pertama kali menggelar vaksinasi ini di Jabar khususnya Kota Bandung," ujar Hemasari.

     

    Dia juga terharu, karena respons dari para difabel sangatlah antusias untuk mengikuti vaksinasi. “Memang terdapat beberapa kendala saat pelaksanaan vaksinasi terhadap kaum disabilitas. Namun, dengan kelembutan dan bujuk rayu para tenaga kesehatan atau vaksinator, para difabel pun dengan lancar menjalani vaksinasi,” ucapnya.

     

    Rencananya, lanjut Hemasari, 2 pekan ke depan PTI akan mengadakan vaksinasi terhadap siswa SMK. "Karena di samping harus ikuti pembelajaran tatap muka, mereka juga perlu untuk kebutuhan kerja lapangan (PKL)," ujarnya.

     

    Berdasarkan data dari Staf Khusus Kepresidenan, Hemasari menyebut di Jabar vaksinasi terhadap disabilitas baru di angka 15 persen, sehingga perlu digenjot agar semakin merata. "Di Kota Bandung, ada 4.444 orang difabel dan yang sudah mengikuti vaksin masih terbilang sedikit," kata Hemasari.

     

    Menurut Hemasari, kegiatan PTI ini masih akan berlanjut. "Kami sudah menyiapkan lagi program vaksinasi massal untuk disabilitas bulan september ini, bekerja sama sama lagi dengan pihak Sesko TNI," jelas Hemasari.

     

    "Selain itu PTI Jabar akan menyasar 4P yakni Perempuan, Pelajar, Pesantren, Pekerja sebagai upaya membantu pemerintah dalam percepatan penyerapan vaksin di semua lapisan masyarakat," sambungnya.

     

    Anggota DPR RI Komisi I Fraksi PDI Perjuangan, Junico BP Siahaan tampak hadir meninjau pelaksanaan vaksinasi disabilitas di SMKN 15 Bandung ini. Junico mengapresiasi vaksinasi yang digelar oleh PTI yang persiapannya begitu singkat.

     

    Tentunya pelaksanaan vaksinasi terhadap disabilitas ditemukan kendala dan tidak mudah. "Nyatanya, luar biasa penyelenggaraan vaksinasi berjalan lancar dan saya mendukung panitia dari PTI yang menggelar walau waktunya singkat," kata Nico.

     

    Di tempat yang sama, Wakil Komandan Sesko TNI Mayjend TNI Handy Geniardi menyampaikan apresiasinya. "Hari ini saya hadir di tengah-tengah mereka, berkolaborasi dengan PTI untuk kegiatan yang cukup menyentuh ini. Mudah-mudahan bisa berkah dan berkelanjutan, satu upaya untuk membantu program pemerintah," ujar Handy.

     

    Senada dengan Handy, Direktur Umum Sesko TNI Marsekal Pertama TNI Djoko Hadipurwanto, mengaku bangga dengan kaum perempuan yang tergabung dalam PTI yang telah menggelar acara vaksninasi massal ini. 

     

    "Bangga sekali peran perempuan untuk bangsa ini sudah terlihat jelas. Perempuan tidak hanya berdiri di belakang, tapi maju di depan, juga untuk percepatan vaksinasi ini," ucap Djoko. (*)

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Gubernur Jabar: Masuk Dunia Digital, Banyak UMKM tak Siap Lonjakan Permintaan Pasar
    Komisi I DPRD Jabar Minta KPU Daerah Samakan Persepsi Terkait Piplres 2024
    Gebyar Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek 2021 Wujudkan Program Link and Super Match
    Danseskoad Meninjau KKL Studi Wilayah Pertahanan Pasis Dikreg LXI Seskoad
    Demokrat: Bukti yang diberikan Moeldoko di Pengadilan Tidak Nyambung!
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads