free hit counter code DPRD Jabar Minta Pemda Kelola Sampah dari Hulu - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
DPRD Jabar Minta Pemda Kelola Sampah dari Hulu
Pansus II saat peninjauan ke Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle (TPS3R) Kota Cimahi.

DPRD Jabar Minta Pemda Kelola Sampah dari Hulu

 

JuaraNews, Bandung  - DPRD Jabar meminta tiap kabupaten/kota khususnya di wilayah Bandung Raya melakukan pengelolaan sampah dari hulu.


Wakil Ketua Pansus II DPRD Provinsi Jawa Barat, M. Faizin mengatakan pengelolaan sampah dari hulu cukup penting dilakukan, hal itu agar semua sampah tidak dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).


Dia mengatakan, saat ini wilayah Bandung membuang sampah masih ke TPA Sarimukti, sedangkan saat ini kondisinya sudah over kapasitas.


"Saya kira penanganan yang sangat tepat karena memang sampah ini kalo tidak dikelola sangat tepat, secara profesional, secara baik pasti berdampak negatif terlebih TPPAS kita sudah over load seperti TPPAS Sarimukti,”ucapnya, Kamis (3/6/2021).


Menurutnya, pengelolaan sampah yang modern di Melong ini patut ditiru oleh daerah lainnya. TPPS3R Melong digagas oleh masyarakat dengan kelompok RW yang tergabung menjadi satu.


Faizin menyebut, dalam proses pengelolaan sampah harus benar-benar matang dan tidak bisa terburu-buru karena memang harus baik dalam penanganan nya.


“Tentunya ini memerlukan proses jangka panjang untuk penanganannya tidak bisa jangka pendek, karena satu butuh goodwell untuk penanganannya di level paling dasar yaitu dimasyarakat," ucapnya.


Fazrin meminta kepala daerah bersama OPD terkait diharapkan bisa menyediakan fasilitas-fasilitas infrastuktur TPPAS seperti halnya insenerator, alat-alat pengelolaan sampah lain yang kira-kira bisa dikelola ulang, hal itu agar bisa dimanfaatkan misalkan menjadi magot, kompos dan sebagainya.


"Kedepannya, pihaknya berharap, pemerintah dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah yang baik dan benar, sehingga nantinya sampah yang sudah diolah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," tutupnya. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Lancar
Pemprov Jabar Diminta Selesaikan Sertifikasi Aset
44 Anggota DPRD Jabar Belum Laporkan LHKPN
KPK Ingatkan Pemprov  Soal Pencegahan Korupsi
Perluasan Wolbachia Jabar tunggu Hasil Ujungberung

Editorial



    sponsored links