blog counter

Hot News


Opini


  • Jadilah Pemuda Muslim Pejuang Islam
    Jadilah Pemuda Muslim Pejuang Islam

    KEMENAG mengajak generasi milenial pegiat fesyen untuk ambil bagian menghidupkan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 pada 20–22 Oktober 2022 mendatang.

    Gubernur Jabar Dorong Seni Kaligrafi di Pondok Pesantren

    • Sabtu, 20 Februari 2021 | 13:38:00 WIB
    • 0 Komentar


    Gubernur Jabar Dorong Seni Kaligrafi di Pondok Pesantren
    Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengunjungi Workshop Gallery Seni Hibbat: Seni Kaligrafi dan Lukis Community di Pondok Pesantren Hibbatussa'diyyah, Desa Nagrak, Kabupaten Cianjur, Sabtu (20/2/2021). (humas pemprov jabar)

    JuaraNews, Cianjur - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengunjungi Workshop Gallery Seni Hibbat: Seni Kaligrafi dan Lukis Community di Pondok Pesantren Hibbatussa'diyyah, Desa Nagrak, Kabupaten Cianjur, Sabtu (20/2/2021).

     

    Dalam kunjungan kali ini, Gubernur Emil sekaligus meninjau potensi ekonomi dari seni kaligrafi di pondok pesantren, termasuk Hibbatussa'diyyah. Kaligrafi sendiri adalah seni menulis indah huruf Arab.

     

    "Salah satu ekonomi pesantren yang mudah untuk diterima masyarakat adalah seni kaligrafi, tapi harus berbeda. Misalnya media lukisnya berupa gelas, keramik, piring. Nanti saya bantu promosikan," ucap Emil.

     

    "Jadi (lewat kaligrafi) selain melestarikan Alquran, ekonomi juga jalan. Syaratnya harus kreatif media atau materialnya, itu yang hilang dalam khasanah kaligrafi kita," tambahnya.

     

    Selain itu, Emil mengatakan bahwa tujuannya mendorong seni kaligrafi di pondok pesantren adalah untuk mengangkat harkat kaligrafi.

     

    "Karena market (pasar) besar. Saya arsitek pun suka dan mencoba kaligrafi. Jadi kalau bisa, kaligrafi ini menjadi ciri semua pesantren di Jabar," kata Gubernur.

     

    Adapun untuk mendorong hasil kaligrafi menjadi bernilai ekonomi, Emil berpesan agar pondok pesantren jeli melihat kebutuhan pasar atau konsumen.

     

    "Jadi nilai ekonomi asal bertemu keahlian dan kebutuhan. Saat ini keahlian (kaligrafi) sudah ada, tinggal kebutuhan yang kita pelajar, artinya pasar butuh apa, misal medianya gelas, piring, kaca patri," tutur Emil.

     

    Turut mendampingi Gubernur dalam kunjungan kali ini adalah Pimpinan Pondok Pesantren Hibbatussa'diyyah KH Chevy Hibbatullah serta Kapolres Cianjur AKBP Moch Rifai. Sebelum mengunjungi Pondok Pesantren Hibbatussa'diyyah, Emil lebih dulu bertemu warga di Pondok Pesantren Al Madaroh sekaligus menyaksikan penyerahan bantuan renovasi bangunan dari Wakaf Salman ITB di Kampung Loji Cianjur. (*)

    Oleh: JuaraNews / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    31 Parpol Daftar Pemilu 2024, Baru 21 yang Melengkapi Dokumen ke KPU
    Terkait Kasus Pembunuhan Brigadir J, Penyidik Polres Jaksel dan Polda Metro Diperiksa Irsus Polri
    Penyidikan Kasus Dengan Terlapor Brigadir J Dihetikan. Polri: Tidak Ditemukan Peristiwa Pidana
    Wagub Uu Tanggapi Tingginya Angka Perceraian di Jabar
    Tebing 40 Meter Longsor Tutup Total Jalur Tasikmalaya-Pangandaran
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads