free hit counter code Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar akan Kurangi Keramba Jaring Apung di Waduk Cirata - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar akan Kurangi Keramba Jaring Apung di Waduk Cirata
(Abdul Basir) Kadislutkan Jabar, Hermansyah

Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar akan Kurangi Keramba Jaring Apung di Waduk Cirata

  • Jumat, 5 Februari 2021 | 09:37:00 WIB
  • 0 Komentar

 

JuaraNews, Bandung - Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Jawa Barat mulai melakukan pengurangan dan penataan Keramba Jaring Apung (KJA) yang telah dimulai di Waduk Cirata.


Kadislutkan Jabar, Hermansyah mengatakan waduk yang berada di Kabupaten Bandung Barat, Cianjur, dan Purwakarta itu dahulu berkapasitas 12ribu dan semakin berkembang menjadi 98 ribu keramba.


"Sekarang diizinkan sekitar 7 ribuan. Jadi memang penataan itu harus untuk mengurangi dampak upwelling," ujar Hermansyah, Jum'at (5/2/2021).


Sebelumnya, ribuan ikan tawar berbagai jenis mati di Waduk Baru Saguling, Kabupaten Bandung Barat, dan Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, beberapa waktu lalu.


Akibatnya, para petani mengalami kerugian yang ditaksir hingga ratusan juta rupiah, terlebih status ratusan ikan yang mati itu siap panen.


Hermansyah mengatakan, kematian tersebut terjadi akibat arus balik (upwelling) oksigen menjadi berkurang, seharusnya padat tebar harus dikurangi dan dilakukan penambahan air asin.


Menurutnya, jika air yang berada di dasar waduk tersebut bersih, tidak akan menimbulkan masalah. Akan tetapi jika di dasar waduk terdapat limbah industri ataupun endapan sisa pakan, ketika terjadi arus balik akan meracuni dan menyebabkan kematian pada ikan.


Untuk itu, Pihaknya telah mengimbau kepada petani di dua waduk tersebut agar lebih waspada ketika curah hujan masih tinggi.


"Imbauan saja, tidak ada untuk penggantian ikan," tutupnya. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Legislator Minta Permasalah RKB Segera Diatasi
3 Raperda Prakarsa DPRD Jabar Tuntas Dibahas
Bey Target Swasembada Pangan di Jabar
Legislator Minta Regulasi PPDB Zonasi Dievaluasi
Komisi V Dorong Penerbitan Kepgub Upah Buruh

Editorial



    sponsored links