Hot News


Inspirasi


    Pemerintah Dorong Akselerasi UMKM Berbasis Platform Digital

    • Kamis, 5 November 2020 | 21:29:00 WIB
    • 0 Komentar


    Pemerintah Dorong Akselerasi UMKM Berbasis Platform Digital
    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/JuaraNews)

    JuaraNews, Bandung - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto mangatakan, saat ini Indonesia perlu melakukan transformasi ekonomi berbasis digital. Dia menyebut, dengan adanya pandemi covid pemerintah mendorong agar terjadi transformasi digital terutama akselerasi pada industri 4.0 dengan UMKM berbasis platform digital.

     

    "Pemerintah akan mendorong dan intervensi di berbagai program UMKM ini agar bisa terus bergerak," kata Airlangga dalam virtual Zoom saat seminar Transformasi Ekonomi: Momentum Menuju Indonesia Maju dan Unggul yang dilakukan di Aula Universitas Islam Bamdung (Unisba), Jalan Taman Sari, Kota Bandung, (5/11/2020).

     

    Dia mengungkapkan, transformasi digital ini mempunyai potensi karena 180 juta masyarakat Indonesia adalah pengguna internet dan juga pengguna smartphone ada sekitar 49,33 persen.

     

    "Ini meningkat terus mendorong bahwa peningkatan literasi digital ini bisa terus ditingkatkan," ungkapnya.

     

    Sementara itu, Rektor Unisba, Edi Setiadi menyampaikan bahwa transformasi ekonomi momentum menuju Indonesia maju dan unggul ini sesuai dengan anjuran presiden pada sidang MPR pada (24/10/2019).

     

    Hasil rapat tersebut, ucap dia, bahwa Indonesia harus bertransformasi dari ketergantungan pada sumber daya alam menjadi daya saing manufaktur dan jasa modern yang mempunyai nilai tambah tinggi.

     

    "Hal tersebut tentu saja pemerintah telah banyak melakukan berbagai upaya bisanya konsisten terhadap peta jalan yang sudah dibuat untuk peningkatan sektor manufaktur yang menghasilkan produk berorientasi ekspor," ucap Edi.

     

    Menurutnya, transformasi ekonomi dipandang perlu untuk memulihkan kondisi ekonomi di tengah berbagai masalah yang terjadi seperti Pandemi Covid-19, perang dagang, dan kebijakan moneter.

     

    "Transformasi ekonomi merupakan suatu keniscayaan di tengah kondisi global yang mengalami ketidakpastian akibat kompetisi yang semakin tajam antara negara super power dan kebijakan moneter yang berpengaruh kepada negara lain, dan menghadapi berbagai tantangan pandemi Covid-19," tutupnya. (*)

    Oleh: ridwan / rid

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Jabar Raih Peringkat Tiga dalam MTQ Tingkat Nasional 2020
    Mudrikah dapat SK Kepengurusan, Polemik Karang Taruna Cianjur Telah Dilalui
    Untuk Menangkan Pilkada 2020, Partai Golkar Gelar TOT Saksi
    IMDI Jabar Target Rekrut Generasi Milenial
    Kesbangpol Jabar Temukan Keterlibatan ASN di Pilkada Kabupaten Bandung
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads