free hit counter code Atasi Dampak Covid-19, Pemkot Bandung Bentuk Recovery UMKM Center - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Atasi Dampak Covid-19, Pemkot Bandung Bentuk Recovery UMKM Center
    Net Ilutrasi UMKM

    Atasi Dampak Covid-19, Pemkot Bandung Bentuk Recovery UMKM Center

    JuaraNews, Bandung - Data Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Kota Bandung menunjukkan UMKM sektor jasa paling terpukul saat pandemi Covid-19.

     

    Menurut Kepala Dinas KUMKM Kota Bandung Atet Dedi Handiman, ada sekitar 6.000 UMKM di Kota Bandung turut terdampak pandemi Covid-19.

     

    “Sektor jasa hampir 100 persen ketika awal pandemi, seperti salon, pernikahan, pariwisata terkena dampaknya. Kedua itu craft atau kerajinan tangan,” jelas Atet, Jumat (2/10/2020).

     

    Selain itu, sektor fesyen mengalami rata-rata penurunan omzet 79 persen dari sebelum pandemi. Sedangkan sektor kuliner berada di angka 65 persen.

     

    Sebagai salah satu roda penggerak ekonomi Kota Bandung, UMKM pun langsung mendapatkan pertolongan. Selain bantuan dari pemerintah pusat maupun provinsi, Dinas KUMKM mengeluarkan inovasi UMKM Recovery Center.

     

    “Di dalamnya ada 4 kegiatan, yaitu business matching, coaching clinic, intermediasi pembiayaan, dan galeri pemasaran produk UMKM,” jelas Atet.

     

    Para pelaku UMKM di Kota Bandung bisa memanfaatkan fasilitas tersebut secara gratis melalui Dinas KUMKM.

     

    Inovasi ini yang membawa Dinas KUMKM mendapatkan penghargaan Natamukti Nindya, penghargaan tertinggi di Indonesia bagi pemerintah daerah atas kesuksesan dalam manajemen UMKM.

     

    Selain akan mendapatkan kursus dan pelatihan untuk bertahan di tengah pandemi, pelaku UMKM juga bisa mendapatkan akses terhadap kredit keuangan.


    “Kami memang tidak bisa membantu dari segi pembiayaan secara finansial. Tapi bisa kami fasilitasi dengan kredit pembiayaan melalui bank. Kami sudah bekerja sama dengan Bank Mandiri dan mereka bersedia membantu, karena mereka memiliki dana kredit yang belum tersalurkan,” beber Atet.

     

    Jika para pelaku UMKM membutuhkan layanan ini, warga bisa langsung datang ke Sekretariat UMKM Recovery Center Jalan. Mustang No B2/14 Sukawarna, Sukajadi Kota Bandung. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Ini Ajakan Bambang ke Warga Bandung di HJKB ke-213
    Pemkot Optimis Masalah Sampah Bisa Diatasi 3 Bulan
    Flyover Kopo Diuji Coba selama Sepekan
    Yana Mulyana Resmi Jabat Wali Kota Bandung, Gubernur Minta Komunikasi dengan Pemprov Ditingkatkan
    Wow, DPRD Kota Bandung Anggarkan Rp1 Miliar untuk Beli Ponsel Mewah di Tengah Pandemi Covid-19

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi