free hit counter code Disparbud Jabar: Kita Alami Penurunan Jumlah Wisatawan   - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Disparbud Jabar: Kita Alami Penurunan Jumlah Wisatawan   
(bnpb.go.id) Dedi Taufik

Disparbud Jabar: Kita Alami Penurunan Jumlah Wisatawan  

JuaraNews, Bandung - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Dedi Taufik, mengatakan meski tidak masuk dalam program destinasi strategis nasional seperti Danau Toba, Banyuangi, Mandalika dan Borobudur,  Jabar dinilai sudah siap menerima wisatawan nasional Menurut dia, ini memerlukan tahapan.

 

"Jadi tahapan itu yang pertama kita lebih memfokuskan kepada pasar domestic,  yaitu pasar domestik yang berasal dari Jawa Barat," kata Dedi saat konferensi pers, di Gedung Sate, Bandung, Selasa (14/7/2020).

 

"Bahwa pangandaran di Buka secara bertahap dimulai sejak tanggal 5 Juni, terutama Bandung Barat, kawasan KBU itu dibuka pada tanggal 16 Juni, untuk kawasan puncak itu dibuka pada tanggal 26 Juni," ujar.

 

Dedi menyebutkan, ada beberapa program di sektor parawisata untuk mentriger atau memberikan kontribusi terhadap menggeliatnya sektor pariwisata yang sudah terpuruk di dalam covid-19.

 

"Kita melakukan yang namanya smiling west java, adaptasi kebiasaan baru great sale itu sejak tanggal 1 juli sampai 31 Agustus," katanya.

 

Hal ini, lanjut Dedi, bertujuan untuk kembali menggeliatkan perekonomian industri pariwisata Jabar dengan menyesuaikan terhadap AKB.

 

"Intinya kita menurunkan dari yang namanya Peraturan menteri kesehatan yaitu 382 kita turunkan di situ dan kami melakukan surat edaran disparbud yang harus sipedomani untuk pelaksanaan dibukanya pariwisata dimasing-masing kabupaten/kota," ujarnya.

 

Menurut Dedi, kiniterdapat penurunan jumlah kunjungan pariwisata ke Jawa Barat dengan adanya pandemi Covid-19 ini.

 

"Ini jelas, kalau dibandingkan dengan tahun 2019 jumlah kunjungan kita melebihi target manca negara dari 1,8 juta, kita mencapai target 2,2 juta kemudian juga untuk wisnus kita targetkan 48 juta, kita mencapai 62 juta," jelasnya.

 

"Kalau kita bandingkan dengan realisasi wisnus dan manca negara pada tahun 2019 dan posisi kita di Januari sampai dengan Juni, ini ada mengalmi penurunan, yang pertama adalah wisata nusantara (wisnus)-kita punya data, di Bulan juni mencapai 11.989.014 orang itu untuk wisnus," ungkapnya.

 

Kemudian, lanjut dia, untuk manca negara pintunya adalah pintu Husen, kita punya data Bandara Kertajati dan pelabuhan Muarajati di Cirebon, sekitar 30.838 orang yang berkunjung ke Jabar ini, berdasarkan akomodasi dan hotel yang ada di Jabar.

 

"Dengan adanya penurunan realisasi kunjungan tersebut memang kita harus melakukan penyesuaian target kunjungan pada tahun 2020,"katanya. (*)

Oleh: ridwan / ayi

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif
Target Angka Penurunan Stunting  Masih Jauh

Editorial



    sponsored links