Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Hadapi Musim Kemarau Ini  Langkah Perumda Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung Layani Pelanggan
    (net) Ilustrasi

    Hadapi Musim Kemarau Ini Langkah Perumda Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung Layani Pelanggan

    JuaraNews, Bandung – Perumda Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung tetap berupaya memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk mengantisipasi musim kemarau tahun 2020.

    “Saat ini pendistribusian air minum kepada masyarakat di Wilayah Pelayanan Selatan, Timur dan Utara, secara umum masih relatif aman,” kata  Manajer Junior dan Kesekretariatan, Perumda Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung Hj. Sri Hartati, dalam siaran persnya, Jumat (107/2020).

     

    Kondisi kapasitas air baku, dari hulu Sungai Citarum pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cikoneng, lanjut  Sri Hartati, relatif stabil untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Ciparay, Baleendah, Bojongsoang, Majalaya, Rancaekek dan sekitarnya.

    Sementara itu, ketersediaan/kapasitas air baku dari Sungai Cisangkuy yang menjadi sumber air Perumda Air Minum Tirta Raharja untuk melayani masyarakat di Wilayah Pelayanan Selatan dan sekitarnya, mulai terjadi penurunan dan fluktuasi kapasitas.

     

    Untuk itu,  ia memohon mohon pelanggan di Wilayah Soreang, Banjaran, Katapang, Kutawaringin dan sekitarnya, mulai menyiapkan penampung air yang cukup, khususnya untuk mengantisipasi ketidak ketersediaan air minum saat pengaliran dari perpipaan Perumda Air Minum Tirta Raharja mengalami fluktuasi atau terhenti pengalirannya di rumah pelanggan.

     

    Pendistribusian air kepada masyarakat di Wilayah Utara saat ini dilakukan dari sumber air Sungai Cimahi, sehingga untuk Pelanggan di Kota Cimahi, Cisarua dan sekitarnya masih relatif aman. Meski demikian, ia pun menyarankan pelanggan di Wilayah utara juga mulai melakukan antisipasi dengan menyediakan tempat penampungan air, mengingat penurunan kapasitas sumber air di Wilayah Utara pada musim kemarau bisa turun lebih dari 50% kapasitas.

     

    Menurut dia, Saat, la ini pihaknya melakukan berbagai upaya antisipasi pada system produksi, distribusi, dan instrumen lainnya pada Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan melakukan pendistribusian dan pemeliharaan pada seluruh sistem produksi dan jaringan perpipaan secara periodik sebagai kegiatan rutin.

     

    “Hal ini dilakukan, mengingat adanya Pandemi covid-19 ini, relatif berdampak terhadap aktivitas operasional serta perlu dilakukan antisipasi terhadap risiko dan kondisi kesehatan petugas operasional Perumda Air Minum Tirta Raharja dalam menangani persoalan di lapangan. Sehingga,  aktivitas pemeliharaan dan pemeriksaan teknis dilakukan secara cepat, efektif, dan efisien dengan mematuhi protokol kesehatan, ujarnya.

     

    Upaya optimalisasi pelayanankepada pelanggan, di BUMD Pemkab Bandung ini, , jika kapasitas sumber air menurun pada musim kemarau dilakukan dengan rekayasa jaringan pipa distribusi, monitoring tekanan air untuk menjaga kontinuitas pengaliran, dan mobilisasi enam unit armada tangki secara gratis kepada masyarakat pelanggan yang tidak mendapat air.

     

    Ia menyebutkan, jumlah sambungan rumah Perumda Air Minum Tirta Raharja saat ini, 103.539 Sambungan Rumah (SR) , yakni  wilayah Pelayanan Selatan : 33.968 SR (KP Kutawaringin,  Soreang,  Banjaran, Pangalengan, dan  K.P Ciwidey). Wilayah Pelayanan Utara: 27.351 SR (K.P Cimahi, Padalarang, Batujajar, Cililin, Cikalong Wetan, Lembang, Cisarua). Wilayah Pelayanan Timur : 42.220 SR(KPCiparay, Baleendah,

    Bojongsoang, Pacet,  Dayeuhkolot,  Majalaya, Rancaekek, Cicalengka, dan KP Cileunyi).                 

             

    Sri Hartati kembali mwngimba pelanggan agar menyediakan tempat penampungan air, gunakan air dengan bijak, tampunglah air jika air masih mengalir, dantutuplah kran air saat tidak digunakan.

     

    Ia menyebutkan, nasyarakat pelanggan yang membutuhkan pelayanan supply air via armada tangki, dapat mengajukan permohonan yang dikoordinir oleh ketua RT/RW/tokoh masyarakat dan lain-lain untuk dapat di supply kepada beberapa pelanggan di lingkungan rumah mereka.

     

    “Untuk memudahkan pelanggan dalam menyampaikan keluhan pelayanan armada tangki, dan membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan menghubungi atau mengirim pesan, ke petugas pelayanan langganan kami, dengan format Nama_No Pelanggan_Uraian Pengaduan ke nomor Pengaduan. Selanjutnya, kirimkan pesan ke nomor Pengaduan Pelanggan PERUMDA Air Minum Tirta Raharja Via WhatsApp ke: Wilayah Pelayanan Selatan  08112228563, Wilayah Pelayanan Utara 08112228561, dan Wilayah Pelayanan Timur       08112228562.(*)

     

    Oleh: JuaraNews / ayi

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Jaga Kesehatan! Pesan Doni Kepada Sukarelawan Penanganan Covid19
    Di Papua Cukup Menonjol, Kesembuhan Harian di Sejumlah Daerah Naik Pesat
    Warnet Covid-19 Hadir di Lembur Tohaga Lodaya Lingkar Selatan
    Gerakan Kebiasaan Bermasker Melalui Pendekatan Agama
    Pemerintah Umumkan Penyesuaian Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads