free hit counter code Gunung Anak Krakatau Meletus, Kolom Abu Capai 500 Meter - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Gunung Anak Krakatau Meletus, Kolom Abu Capai 500 Meter

Gunung Anak Krakatau Meletus, Kolom Abu Capai 500 Meter

JuaraNews, Bandung – Gunung berapi Anak Krakatau meletus pada Jumat (10/4/2020) sekitar pukul 22.35 WIB.

 

Pos Pengamatan Gunung Api Anak Krakatau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral yang terletak di Pasuruan, Kecamatan Cinangka Kota Serang mengkonfirmasi terkait letusan gunung berapi yang terletak di Selat Sunda itu.  

 

Kondisi tersebut dilaporkan oleh Fahrul Rozi melalui situs magma.esdm.go.id yang menyampaikan perkembangan bencana vulkanologi di Indonesia.Dalam laporannya disampaikan bahwa kolom abu yang dihasilkan oleh letusan Gunung Anak Krakatau mencapai kurang lebih 500 meter di atas puncak kawah gunung.

 

Gunung Anak Krakatau memiliki ketinggian di atas permukaan laut setinggi kurang lebih 157 meter dengan posisi koordinat berada di 105,834 BT - 6,218 LS.

 

Kolom abu yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah utara. "Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi 2.284 detik," tulis Fahrul Roji.

 

Dalam imbauannya, PVMBG meminta masyarakat atau wisatawan untuk tidak mendekati kawah vulkanik dalam radius 2 km.

 

Dalam sebuah rekaman yang diunggah oleh akun Twitter @VolcanoYTz menampilkan pergerakan vulkanik Gunung Anak Krakatau yang mulai menunjukkan aktivitasnya sejak pukul 18.27 WIB dan mulai meletus pukul 21.58 WIB. (*)

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links