free hit counter code STY Optimis Indonesia Bisa Bersaing di Putaran 3 - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    STY Optimis Indonesia Bisa Bersaing di Putaran 3
    (net) Thom Haye dan rekan rayakan gol ke gawang Filipina

    kualifikasi piala dunia 2026

    STY Optimis Indonesia Bisa Bersaing di Putaran 3

    JuaraNews, Jakarta - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menetapkan target untuk bisa berbicara banyak di Putaran 3 kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

     

    Tim Garua sendiiri lolos ke Putaran 3 seusai menempati posisi 2 pada klasemen akhir Grup F dengan mengemas 10 poin. Indonesia mendampingi Irak yang tampil sebagai juara grup dengan poin sempurna 18. Dari 6 laga, Indonesia menang 3 kali, yakni atas Vietnam 1-0 dan 3-0, serta atas Filipina 2-0. Lalu imbang 1-1 dengan Filipina, dan 2 kali kalah oleh Irak, 5-1 dan 2-0.

     

    Ada 18 negara yang lolos ke ronde ketiga, yakni Qatar, Kuwait, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, China, Oman, Kirgistan, Iran, Uzbekistan, Irak, Yordania, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Australia, Palestina, dan Indonesia sendiri. AFC akan melakukan drawing pembagian di Kuala Lumpur, Malaysia pada 27 Juni 2024, tim menjadi 3 grup yang masing diisi 6 negara. Indonesia masuk Pot 6 yang merupakan negara tidak diunggulkan.

     

    STY mengakuipertarungan di Putaran cukup berat. Apalagi, Indonesia yang menempati ranking 134 FIFA, menjadi kuda hitam. Sementara lawan-lawan yang akan dihadapinya nanti sebagian besar berada di 100 besar ranking FIFA. STY pun berharap anak-anak asuhnya tidak gentar untuk menjalani laga yang sangat berat itu.

     

    "Memang kami sudah lolos ke ronde ketiga. Tidak ada lawan yang mudah bagi kami. Apalagi ranking kami berada di 134 FIFA. Sementara lawan-lawan yang dihadapi lebih baik daripada kami," kata STY.

     

    Pelatih asal Korea Selatan ini mengakui tim Garuda merupakan yang paling lemah di antara 18 negara peserta Putaran 2. Diketahui 16 tim memiliki ranking di atas Indonesia, seperti Jepang sebagai timnas dengan ranking 18, tertinggi di Asia, hingga Korea Utara dengan ranking 118 di urutan 20 Asia. Sementara Indonesi ranking 134 di urutan ke-23 Asia. Hanya Kuwait yang rankingnya di bawah Indonesia, yakni 139.

     

    Namun, STY optimistis Thom Haye dan kawan-kawan bisa memberikan kejutan pada Putaran 2 nanti. STY pun mengusung target agar tim Merah Putih bisa banyak bicara pada babak tersebut.

     

    "Kami bisa bilang bahwa tim kita yang paling lemah dari negara-negara yang lolos ke ronde ketiga ini. Tapi saya tetap akan berusaha mencapai mimpi saya. Kami tidak akan mudah menyerah," tandas pelatih 53 tahun tersebut.

     

    Putaran 3 sendiri akan mulai digelar pada September 2024 hingga Juni 2025. Enam tim yakni 2 tim teratas, juara dan runner-up grup akan lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Sedangkan posisi 3 dan 4 melaju ke Putaran 4, yang bagi dalam 2 grup.

     

    Juara di masing-masing grup pada Putaran 4 tersebut, akan menyusul 6 tim lainnya ke putaran final. Sementara 2 tim runner-up akan bertanding untuk memperebutkan 1 tiket play-off yang nantinya berhadapan dengan wakil konfederasi Afrika (CAF).

     

    Pemenang play-off antarkonfederasi tersebut akan lolos ke putaran final. Dengan demikian, benua Asia atau konfederasi Asia, akan diwakili 8 negara yang lolos otomatis dan bisa menjadi 9 tim jika bisa memenangi laga play-off lawan wakil CAF. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Suporter Tim Tamu Dilarang Datang ke Stadion
    Piala Presiden 2024 Siap Digelar, Diikuti 8 Tim
    SDN 085 & SDN 043 Kota Bandung Raih Titel Jawara
    Siswi SDN 154 & SDN 085 Juarai di Skill Challenge
    Yopi Yakin Sepak Bola Putri Tumbuh &  Berkembang

    Editorial


      Jadwal Liga



      sponsored links


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58