free hit counter code Laga Persib vs Bali United Dipastikan Gunakan VAR - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Laga Persib vs Bali United Dipastikan Gunakan VAR
      (pt liga indonesia baru) VAR Mobile disiapkan PT LIB untuk Semifinal Liga 1

      Laga Persib vs Bali United Dipastikan Gunakan VAR

      JuaraNews, Bandung - Operator Liga, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan laga-laga di Championship Series Liga 1 2023-2024 bakal menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

       

      Hal tersebut menjadi terobosan bagi kompetisi di Indonesia, setelah sebelumnya diklaim masih banyak kekurangan ketika wasit mengambil suatu keputusan. Namun berbeda dengan stadion-stadion di Eropa yang memiliki ruangan VAR sendiri, di babak Championship Series Liga 1 ini, PT LIB menggunakan VAR mobile.

       

      Laga pertama yang untuk pertama kalinya menggunakan VAR di Indonesia tersebut akan terjadi saat Bali United menjamu Persib Bandung pada Leg 1 Semifinal 2 di Lapangan Training Center (TC) Bali United di kawasan Pantai Purnama, Gianyar Bali, Selasa (14/5/2024) mulai pukul 19.00 WIB.

       

      Dilansir dari media official PT LIB, 2 perangkat VAR mobile telah diberangkatkan ke 2 venue yang akan menjadi tuan rumah leg pertama Semifinal pada Jumat (10/5/2024) kemarin. Satu unit menuju Gianyar yang menggelar laga Bali United FC vs Persib Bandung, dan satu unit lagi bergerak ke Stadion Gelora Bangkalan, yang menggelar leg pertama Semifinal 2 antara tuan rumah Madura United melawan Borneo FC, Rabu (15/5/2024) mendatang.

       

      Selain itu, akan ada dua unit mobil yang diberangkatkan ke Balikpapan dan Bandung untuk pertandingan leg kedua Semfinal pada 18 dan 19 Mei 2024. LIB sendiri mempersiapkan 12 unit VAR Mobile untuk mengarungi kompetisi BRI Liga 1 musim depan.

       

      “Proses persiapan alat-alat VAR berjalan sesuai jadwal. Rencananya, VAR Mobile yang dikerjakan sudah siap beroperasi dan meluncur ke venue pertandingan hari ini (Jumat, 10/5/2024),” kata Direktur Operasional LIB, Asep Saputra dikutip dari media official LIB BRI Liga 1.

       

       

      VAR Mobile sendiri memiliki fungsi sebagai ruangan VAR, yang diaplikasikan secara portable, dan dihuni oleh wasit VAR, Assistant VAR, dan operator tayangan ulang. Mereka akan bertugas di dalam VAR Mobile yang akan ditempatkan di lokasi yang strategis di dekat stadion.

       

      “VAR Mobile ini akan digunakan sebagai VAR Room bagi personel perangkat video assistant referee seperti VAR, AVAR (Assistant VAR), dan RO (Replay Operator). Mereka akan bertugas di dalam VAR Mobile yang ditempatkan di dekat stadion,” tulis PT LIB di akum Instagram resmi PT LIB.

       

      Berbeda dengan mobil konvensional, VAR Mobile telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang disesuaikan untuk mendukung operasional alat-alat VAR. Termasuk 6 unit layar monitor, komputer, server, tiga unit pendingin udara, dan generator berkapasitas besar. Pengadaan dan persiapan VAR Mobile tidak dilakukan secara asal.

       

      Sebelumnya, PT LIB telah melakukan studi banding ke negara-negara lain yang juga menggunakan VAR Mobile, serta berdiskusi dengan pihak karoseri yang bertanggung jawab dalam persiapan unit-unit tersebut. Hal ini dilakukan mengingat biaya yang terlibat dalam pengadaan alat-alat VAR yang cukup besar.

       

      “Untuk kelengkapan fitur ini kami tidak main-main, mengingat biaya yang dihabiskan untuk alat-alat VAR sangatlah mahal. Sebelum membuat VAR Mobile, kami telah melakukan studi banding ke negara-negara lain yang juga menggunakan VAR Mobile. Kami juga berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak karoseri yang mempersiapkan unit-unit VAR Mobile,” terang Asep.

       

      Fase Championship Series Liga 1 akan dimulai pada 14 Mei 2024, yakni Leg 1 Semifinal 2 antara Bali United kontra Persib Bandung. Sedangkan Leg Semifinal 1 antara Madura versus Borneo digelar pada Rabu (15/5/2024). Selanjutnya Leg 2 Semifinal 2 antara Persib vs Bali digelar di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada 18 Mei. Lalu Leg 2 Semifinal 1 antara Borneo menjamu Madura digelar di Stadion Batakan, Balikpapan Kalimantan Tirmur pada 19 Mei mendatang.

       

      Seusai laga semifinal, dilanjutkan ke babak final yang juga digelar 2 leg. Untuk Leg pertama yang mempertemukan pemenang Semifinal 1 dan 2 akan digelar pada 26 Mei, sedangkan leg kedua pada 31 Mei 2024. Selain itu ada laga perebutan tempat ketiga yang mempertemukan tim yang kalah di Semifinal 1 dan 2, dimana Leg 1 digelar pada 25 Mei, dan Leg 2 pada 30 Mei 2024. (*)

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Ini Perkiraan Susunan Pemain Persib vs Bali United
      Skuat Persib Siap Bermain Maksimal Raih Kemenangan
      Persib dalam Motivasi Tinggi hadapi Bali United
      H-2, Tiket Laga Persib v Bali United Ludes Terjual
      Dijamu Persib, Fans Bali Dilarang Datang ke SJH

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 37 88
      2. Arsenal 37 86
      3. Liverpool 37 79
      4. Aston Villa 37 68
      Tampilkan Detail