free hit counter code Indonesia Lolos ke Putaran 3, Ini Hitungannya - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Indonesia Lolos ke Putaran 3, Ini Hitungannya
    (net) Line-up Timnas Indonesia saat menjamu Vietnam

    kualifikasi piala dunia 2026

    Indonesia Lolos ke Putaran 3, Ini Hitungannya

    JuaraNews, Bandung – Timnas Indonesia selangkah lagi lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah pada matchday 4 Putaran Kedua Grup F, berhasil mengalahkan Vietnam 3-0 di My Dinh National Stadium, Hanoi Vietnam, Selasa (26/3/2024) malam WIB.

     

    Tim asuhan Pelatih Shin Tae-yong hampir dipastikan melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, sekaligus lolos ke putaran final Piala Asia 2027. Pasalnya, secara hitung-hitungan di atas kertas, tim Garuda akan sulit dikejar oleh rival-rivalnya, Timnas Vietnam dan Filipina.

     

    Seusai menekuk Vietnam 3-0, kini Indonesia bercokol di posisi 2 klasemen sementara Grup F dengan raihan 7 poin. Sementara Vietnam tertahan di posisi 3 dengan 3 poin, dan Filipina di peringkat 4 dengan 1 poin. Filipina sendiri terbenam di dasar klasemen setelah pada matchday 4 kalah telak 0-5 oleh Irak.

     

    Sementara Irak, dengan kemenangan tersebut, telah memastikan diri lolos ke Putaran 3 karena telah mengoleksi 12 poin dari 4 kemenangan. Raihan poin Irak, sudah tak mungkin lagi dikejar peringkat 3 Vietnam dan Filipina di posisi 4. Pasalnya dengan sisa 2 laga lagi, Vietnam maksimal hanya mengoleksi 9 poin, sedangkan Filipian maksimal 7 poin. Namun Irak belum memastikan posisi juara Grup, karena raihan poinnya masih mungkin disalip Indonesia, jika tim Merah menyabet kemenanga di 2 laga sisa, termasuk mengalahkan Irak pada mathday 5 nanti.

     

    Untuk melaju ke Putaran 3, Indonesia sendiri hanya membutuhkan 1 kemenangan lagi dalam 2 laga tersisa yang menghadapi Irak (6/6/2024) dan Filipina (11/6/2024). Dengan tambahan 3 poin, nantinya tim Merah Putih akan mengoleksi 10 poin, yang tak akan mungkin dikejar oleb Vietnam dan Filipina. Kalaupun memenangi 2 laga sisa, Vietnam hanya mengoleksi maksimal 9 poin, sedangkan Filipina hanya 7 poin.

     

    Namun hitungan tersebut bisa berubah, bergantung hasil matcday 5 nanti, khususnya laga antara Vietnam kontra Filipina yang akan digelar pada 6 Juni 2024 mendatang. Jika kedua tim bermain imbang, atau Vietnam kalah, maka peluang Indonesia membesar. Jika imbang, otomatis Filipina tersingkir, sedangkan Vietnam hanya bakal mengoleksi maksimal 7 poin, sama dengan raihan Indonesia saat ini. Demikian pula jika Filipina yan menang, maka Vietnam tersingkir, dan Filipina hanya bisa meraih poin maksimal 7. Dengan demikian, Indonesia cukup meraih sekali hasil imbang sudah memastikan lolos ke Putaran 3. Dan tujuan tersebut bisa tercapai pada matchday 5, jika Indonesia bisa menahan imbag Irak.

     

    Bahkan sebenarnya kalaupun Indonesia menelan 2 kekalahan pada laga sisa nanti, tim Garuda masih bisa lolos ke babak selanjutnya. Syaratnya, Vietnam dan Filipina paling tidak, harus menelan satu kekalahan, sehingga poin maksimal yang bisa diraih tidak lebih dari 7 poin, atau menyamai raihan poin Indonesia.

     

    Peluang Indonesia untuk lolos pun terbuka lebar, apalagi matchday 5 dan 6 tim Garuda akan bertindak sebagai tuan rumah yang akan mendapat dukungan penuh suporter. Pada matchday 5 nanti, diprediksi Indonesia bisa memberikan perlawanan kepada Irak, paling tidak menahan imbang tim asal Timur Tengah tersebut. Sementara di laga lain, Vietnam dan Filipina akan saling bunuh, dimana tim yang kalah akan tersingkir. Vietnam sendiri diprediksi bisa mengatasi Filipina, seperti terjadi pada matchday 1 lalu.

     

    Jika itu terjadi, lolos tidaknya Indonesia akan ditentukan pada matchday terakhir, 11 Juni mendatang, saat tim Merah Putih menjamu Filipina, sementara Vietnam dijamu Irak. Diprediksi Vietnam bakal kesulitan mengatasi Irak di kandangnya. Kekalahan di 0-1 Hanoi, dipredksi bakal terulang di Basra Irak. Sebaliknya, Indonesia yang sedang meningkat permainan, diprediksi bisa mengatasi permainan Filipina saat bertanding di Jakarta nanti. Dan jika Vietnam kalah oleh Irak, maka otomatis Indonesia yang lolos ke putaran ketiga, terlepas apapun hasil laga antara tim Garuda kontra Filipina.

     

    Klasemen Sementara Grup F 

    POSISI

    TIM

    MAIN

    MENANG

    SERI

    KALAH

    GOL

    POIN

    Kualifikasi

    1

    Irak

    4

    4

    0

    0

    12-1

    12

    Lolos ke Babak 3

    2

    Indonesia

    4

    2

    1

    1

    6-6

    7

    Lolos ke Babak 3

    3

    Vietna

    4

    1

    0

    3

    2-5

    3

     

    4

    Filipina

    4

    0

    1

    3

    1-9

    1

     

     

    Hasil dan Jadwal Pertandingan

    16 November 2023
    Irak 5-1 Indonesia
    Filipina 0-2 Vietnam
    21 November 2023
    Vietnam 0-1 Irak
    Indonesia 1-1 Filipina
    21 Maret 2024
    Indonesia 1-0 Vietnam
    Irak 1-0 Filipina
    26 Maret 2024
    Filipina 0-5 Irak
    Vietnam 0-3 Indonesia
    6 Juni 2024
    Indonesia vs Irak
    Vietnam vs Filipina
    11 Juni 2024
    Indonesia vs Filipina
    Irak vs Vietnam

    (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Ini Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Yordania
    Matchday 3, 5 Tim Pastikan Lolos Perempat Final
    Saatnya Indonesia Hapus Rekor Buruk Lawan Yordania
    Matchday 3,Tim Indonesia Optimistis Atasi Yordania
    Pekan 32, Persib Segel Tiket Championship Series

    Editorial


      Jadwal Liga



      sponsored links


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 32 70
      2 Persib Bandung 32 59
      3 Bali United 32 55