free hit counter code Menang! Indonesia Selangkah lagi ke Putaran Ketiga - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Menang! Indonesia Selangkah lagi ke Putaran Ketiga
    (pssi) Jay Idzes rayakan gol ke gawang Vietnam

    Vietnam 0-3 Indonesia

    Menang! Indonesia Selangkah lagi ke Putaran Ketiga

    JuaraNews, Hanoi – Timnas Indonesia selangkah lagi lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah pada matchday 4 Putaran Kedua Grup F, berhasil mengalahkan Vietnam 3-0 di My Dinh National Stadium, Hanoi Vietnam, Selasa (26/3/2024) malam WIB.

     

    Dua gol tim Garuda terjadi di Babak I, masing-masing dicetak Jay  Idzes pada menit 9, dan Ragnar Oratmangoen pada menit 23. Daam 5 menit awal, Indonesia pun terus terkurung oleh tekanan-tekanan skuat the Golden Stars Warriors. Namun beberapa menit kemudian, Indonesia sudah mulai lepas dari tekanan, dan berbalik menyerang lewat skema serangan balik.

     

    Memasuki menit 9, public My Dinh pun dikejutkan dengan gol cepat tim asuhan Pelatih Shin Tae-yong. Lewat skema tendangan penjuru yang diambil pemain naturalisasi anyar, Thom Haye, serangan Indonesia pun membuahkan gol. Bola yang melayang ke depan mulut gawang, langsung disambung tanjukan keras Idzes yang tak terkawal lini pertahanan Vietnam. Bola tandukan Idzes pun mengarah ke sisi kanan bawah gawang yang tak bisa diantisipasi oleh kiper Nguyen Filip.

     

    Setelah unggul skor, Indonesia pun berbalik menguasai pertandingan, hingga akhirnya lahir gol kedua yang dilesakkan Ragnar. Aksi individu pemain naturalisasi yang baru melakoni debutnya tersebut berhasil melewati sejumlah pemain belakang Vietnam dan menggiring bola hingga masuk ke kotak penalty. Dari sudut cukup sempit di area kiri gawang, Ragnar berhasil melepaskan tendangan kaki kirinya dan bola meluncur ke arah tiang jauh di kanan yang tak bisa digapai oleh Nguyen Filip.

     

    Vietnam sendiri sebenarnya mendapatkan sejumlah peluang emas untuk membobol gawang Ernando Ari. Salah satunya tendangan kaki kiri Nguyen Tien Linh pada menit 28. Sayang tendangannya masih melenceng k sisi kanan gawang Indonesia. Skor 2-0 pun bertahan hingga turun minum.

     

    Memasuki Babak II, kedua pelatih melakukan pergantian pemain. Pelatih Vietnam Philippe Troussier menarik Thai Son Nguyen dan digantikan oleh Pha Thanh Long. Sebelumnya pada babak pertama, Troussier sudah melakukan pergantian pada menit 31 dengan mengganti Van Thanh Vu oleh Bac Dinh Nguyen.

     

    Sedangkan Coach STY menarik kapten tim Asnawi Mangkualam digantika Yakob Sayuri, dn Hokky Caraka digantikan Egy Maulana Vikri.

     

    Merasa masih belum bisa membongkar pertahanan Indonesia, Troussier kembali melakukan pergantian pemain. Xuan Manh Pham dan Nguyen Tien Linh digantikan Tan Tai Ho dan Van Toan Nguyen pada menit 59.

     

    Lalu saat memasuki menit 66, Troussier melakukan pergantian untuk kelima kalinya, dengan menarik Khuat Van Khang digantikan Minh Trong Vo. Sedangkan STY memasukkan Ramadhan Sananta menggantikan Witan Sulaeman.

     

    Namun sejumlah pergantian pemain tersebut belum mengubah hasil pertandingan hingga waktu normal 90 menit berakhir. Memasuki masa injury time, Coach STY kembali memasukkan pemain baru untuk mengamankan kemenangan.  Edo Febriansh dan Ricky Kambuaya dimasukkan menggantikan Nathan Tjoe-A-On dan Ragnar.

     

    Jelang 1 menit laga usai, sustru Indonesia berhasil membesar keunggulan lewat gol pemain pengganti, Ramadan Sananta pada menit 90+8. Laga pun akhirnya usai untuk kemenangan Indonesia dengan skor 3-0.

     

    Dengan kemenangan kedua atas Vietnam tersebut, kini Indonesia mengoleksi 7 poin dan makin kokoh di posisi 2 klasemen sementara Grup F. Indonesia jauh meninggalkan rival utamanya Vietnam, yang tertahan di posisi 3 dengan raihan 3 poin. Kemenangan ini pun sekaligus memutus rekor buruk Indonesia yang tak pernah menang atas Vietnam dalam 20 tahun terakhir ini. Juga mengulang kesuksesan tim Garuda saat mengalahkan Vietnam di My Dinh, juga dengan skorn 3-0 pada 11 Desember 2003 di Piala AFF 2004

     

    Tambahan 3 angka ini, mrmbuat langkah tim Merah Putih menuju Putaran Ketiga makin terbuka lebar. Pasukan STY hampir dipastikan mendampingi Irak ke Putaran Ketiga yang saat ini menempati puncak klasemen. Skuat Garuda cukup memenangi 1 laga lagi atau paling tidak sekali bermain imbag untuk memastikan tiket Putaran Ketiga. Bahkan sekalipin pada 2 laga terakhir nanti menelan kekalahan, tetap bisa melaju ke Putaran 3, jika Irak berhasil mengalahkan Vietnam.

     

    Irak sendiri sudah memastikan tiket putaran berikutnya setelah pada matchday 4 menekuk Filipina 5-0 di Rizal Memorium Stadium, Manila Filipina, beberapa jam sebelum Indonesia dan Vietnam bertanding.

     

    Dengan tambahan 3 poin tersebut, Irak mengoleksi poin sempurna 12 dari 4 kemenangan. Raihan poin Irak sudah tidak munkin lagi disalip peringkat 3 Vietnam. Namun untuk jadi juara Grup F, Irak masih harus mengalahkan Indonesia pada matchday 5 yang dijadwalkan digelar pada 6 Juni 2024 mendatang. Pasalnya dengan sisa 2 laga, Indonesia masih berpeluang tampil sebagai juara Grup F, jika berhasil mengalahkan Irak, dan juga Filipina pada 11 Juni mendatang.

     

    Vietnam sendiri atau Filipina sebenarnya masih berpeluang lolos ke Putaran Ketiga. Dengan syarat kedua tim bisa mengalahkan bisa meraih kemenangan di 2 laga sisa. Vietnam harus mengalahkan Irak, dan Filipinan menekuk Indonesia. Dan di laga penentuan, Vietnam dan Filipina harus saling membunuh untuk meraih kemenangan. Sehingga nantinya, jika menang, Vietnam mengemas 10 poin, atau Filipina meraih 7 poin. Namun itu pun dengan syarat, Indonesia juga kalah oleh Irak besar oleh Irak.

     

    Susunan Pemain

    Vietnam (4-4-2)                       

    Filip Nguyen; Tien Dung Bui, Xuan Manh Pham/Tan Tai Ho (59), Hung Dung Do (C), Tuan Tai Phan; Hoang Duc Nguyen, Thai Son Nguyen/Pham Thanh Long Le (46), Van Thanh Vu/Bac Dinh Nguyen (31), Khuat Van Khang/Minh Trong Vo (66); Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Tien Linh/Van Toan Nguyen (59)

    Indonesia (3-4-3)

    Ernando Ari Sutaryadi; Justin Hubner, Jay Idzes, Rizky Ridho Ramadhani; Asnawi Mangkualam (C)/Yakob Sayuri (46), Witan Sulaeman, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On/ Edo Febriansyah (90+4); Marselino Ferdinan, Hokki Caraka Bintang/Egy Maulana Vikri (46), Ragnar Oratmangoen/Ricky Kambuaya (90+5)

    Pelatih: Tae-Yong Shin. 

     

    Klasemen Semntara Grup F 

    POSISI

    TIM

    MAIN

    MENANG

    SERI

    KALAH

    GOL

    POIN

    1

    Irak

    4

    4

    0

    0

    10-1

    12

    2

    Indonesia

    4

    2

    1

    1

    6-6

    7

    3

    Vietnam

    4

    1

    0

    3

    2-5

    3

    4

    Filipina

    4

    0

    1

    3

    1-7

    1

     

    Hasil dan Jadwal Pertandingan

    16 November 2023
    Irak 5-1 Indonesia
    Filipina 0-2 Vietnam
    21 November 2023
    Vietnam 0-1 Irak
    Indonesia 1-1 Filipina
    21 Maret 2024
    Indonesia 1-0 Vietnam
    Irak 1-0 Filipina
    26 Maret 2024
    Filipina 0-3 Irak
    Vietnam 0-3 Indonesia
    6 Juni 2024
    Indonesia vs Irak
    Vietnam vs Filipina
    11 Juni 2024
    Indonesia vs Filipina
    Irak vs Vietnam. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Mulyadi Yakin Timnas Tumbangkan Korsel 2-1
    8 Timnas Tampil di Perempat FinaI, Ini Jadwalnya
    Sikap STY Profesional, Hwang Son-hung Senang
    Target Selanjutnya Indonesia Lolos ke Semifinal
    Indonesia Ukir Sejarah Lolos ke Perempat Final

    Editorial


      Jadwal Liga



      sponsored links


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 32 70
      2 Persib Bandung 32 59
      3 Bali United 32 55