free hit counter code PERSIB VS PERSIJA: Misi Melanjutkan Kemenangan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      PERSIB VS PERSIJA: Misi Melanjutkan Kemenangan
      (juaranews) Persib jamu Persija pada Pekan 28 Liga 1 2023-2024

      PERSIB VS PERSIJA: Misi Melanjutkan Kemenangan

      JuaraNews, Bandung - Bigmatch akan tersaji pada Pekan 28 Liga 1 2023-2024 saat Persib Bandung menjamu Persija Jakarta yang akan digelar di Stadion s Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/3/2024) mulai pukul 15.00 WIB.


      Laga bertajuk el-classico Indonesia tersebut menjadi menarik karena perseteruan abadi kedua tim, baik di dalam maupun di luar lapanga. Perseteruan pun bahkan melebar luar stadion di antara kedua supporter kedua tim, yakni The Jakmania dan Bobotoh. Karena itu, wajar akhirnya laga derby Indonesia tersebut diputuskan digelar tanpa penonton sebagai imbas dari kerusuhan pada laga kandang sebelumya saat menjamu PSIS Semarang.


      Memasuki pertengahan Putaran 2 ini, kedua tim berada di papan berbeda di klasemen sementara. Persib kini nyaman berada di peringkat 2 dengan raihan 48 poin. Sementara Persija menempati posisi 8 dengan 35 poin.


      Kendati demikian, kedua tim bisa dikatakan tengah on fire. Maung Bandung baru memenangi 2 laga beruntun, setelah mengalahkan RANS Nusantara 4-0 dan PSIS 3-0. Sedangan pada 3 laga sebelumnya, bermain imbang dengan Barito Putera (1-1), Persis Solo (2-2), dan Bali United (0-0).


      Sementara Persija baru saja bangkit seusia memenangi laga kontra Dewa United dengan skor 4-2, setelah sebelumnya 3 kali bermain imbang menghadapi Arama FC (3-2), Madura United (0-1), dan Borneo FC (3-1). Sedangkan sebelumnya Persija kalah 0-1 oleh PSS Sleman.


      Persib Maksimal Laga Kandang
      Menghadapi laga bertajuk el-Classico Indonesia tersebut, Pelatih Persib Bojan Hodak bertekad memaksimalkan laga kandang tersebut untuk meraih kemenangan.


      Hodak mengungkapkan, para pemainnya sangat antusias menatap big match tersebut. Bahkan, anak-anak asuhnya tidak perlu tambahan motivasi untuk menatap pertandingan bertajuk el-Classico Indonesia tersebut.


      “Saya sudah memberi motivasi, dan untuk laga besok saya tidak terlalu banyak memberikannya, karena pemain sudah termotivasi untuk tampil baik,” ungkap Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Jumat (8/3/2024).


      Menurut Hodak, pemain akan termotivasi karena laga nanti gemanya sampai ke tingkat Asia. Ia mengatakan, banyak yang menantikan duel sarat emosi tersebut.


      “Pertandingan yang top, gemanya sampai ke Asia karena 2 tim klasik Indonesia akan bertanding,” ucapnya.


      Pelatih asal Kroasia ini berharap semua persiapan berjalan baik, dan pertandingan akan bisa dinikmati oleh semua pecinta sepak bola Indonesia.


      “Mudah-mudahan besok menjadi laga yang menarik dan hasil yang maksimal buat Persib,” pungkasnya.

       

      Persija Siap Curi Poin dari Persib

      Dari kubu tamu, Pelatih Persija Jakarta Thomas Jens Uwe Doll, sadar betul seberapa besar bobot laga kontra Persib kali ini. Pasalnya, duel Persib kontra Persija selalu memiliki makna lebih dari sekadar permainan sepak bola, juga mempertaruhkan gengsi dan nama baik klub. Tidak heran jika sokongan besar diberikan masing-masing suporter terhadap tim kesayangannya.


      Mantan pelatih Borussia Dortmund itu, mengungkapkan tekadnya untuk membawa Persija meraih kemenangan di kandang Persib meski sadar tidak mudah untuk melakukannya.


      "Saya berharap pada laga melawan Persib nanti, kami ingin menyenangkan Jakmania dan juga satu tim dengan hasil yang baik," kata Doll, dikutip laman resmi klub.

       

      Skuat Macan Kemayoran sendiri dalam kepercayaan diri tinggi setelah meraih kemenangan pada laga terakhirnya. Doll pun puas dengan kinerja anak-anak asuhnya setelah meraih 3 poin tersebut, kendati pasukanya tidak lengkap. Karena itu, optimisme Doll meninggi ketika harus bertandang ke markas Maung Bandung.


      “Para pemain berjuang dan tetap percaya bisa memenangkan pertandingan. Saya sangat senang, bukan dari hasil pertandingan saja, tapi bagaimana mereka melewati kondisi dengan baik,” pungkas pelatih berpaspos Jerman tersebut.


      Statistik Pertemuan, Persija Unggul Tipis dari Persib
      Pertemuan Persib kontra Persija sendiri sudah terjadi puluhan kali di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air, bahkan sejak era sebelum kemerdekaan. Setidaknya sejak musim 2007, kedua tim sudah bertemu sebanyak 29 kali, baik di kompetiisi resmi maupun turnamen tingkat nasional.


      Dari 29 pertemuan tersebut, Macan Kemayoran unggul tipis dari Maung Bandung. Tercatat, Persija memenangi 20 laga, sedangkan Persib menang dalam 8 laga, dan sisanya 11 laga berakhir dengan hasil imbang. Dalam 29 laga tersebut, kedua meciptakan gol yang identik, yakni sama-sama mencetak 33 gol ke gawang masing-masing.


      Pada pertemuan terakhir di putaran pertama Liga 1 musim ini, keduanya bermain imbang 1-1 saat laga digelar di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, 2 September 2023 silam. Tim Macam Kemayoran unggul lebih dulu lewat gol Marko Simic menit 14, yang disamakan oleh David da Silva pada menit 85.


      Dua ujung tombak ini pun akan kembali menjadi sosok sentral pada debry Indonesia tersebut, karena kedua legiun asing tersebut sedang on fire.. DDS tercatat sudah mengemas 17 gol dan memuncaki daftar top skorer sementara musim ini. Sedangkan Simic mengoleksi 7 gol, dengan 4 di antaranya tercipta di 2 laga terakhir Persija.


      Perkiraan Susunan Pemain
      Kedua tim yang sama-sama mematok target kemenangan, dipastikan menurunkan skuat terbaiknya untuk meraih 3 poin pada laga bertajuk debry Indonesia tersebut.

       

      Dari kubu tuan rumah, Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak kemungkinan bakal mempertahankan the winning team-nya yang sukses meraih kemenangan di 2 laga terakhirnya. Coach Hodak pun cukup nyaman untuk meracik komposisi timnya karena tak ada pemain inti yang cedera ataupun terkena hukuman akumulasi kartu.


      Pada misi meraih kemenangan ketiga kalnya tersebut, Bojan Hodak masih akan menerapkan formasi andalannya 4-2-3-1. Nick Kuipers kembali berduet dengan Alberto Rodriguez di posisi center bek, dengan diapit 2 wing bek, Henhen Herdiana di kanan dan Rezaldi Hehanussa di sisi kiri. Keempat bek ini akan mengawal pertahanan sebelum lawan mendekati gawang yang akan kembali dijaga Kevin Ray Mendoza.

       

      Di lapangan tengah, duet Marc Anthony Klok dan Dedi Kusnandar belum tergantikan untuk memainkan peran sebagai penyeimbang serangan dan pertahanan. Sedangkan di sektor gelandang serang, Ryan Kurnia akan kembali bekerja sama dengan Ciro Alves dan Stefano Beltrame. Sementara ujung tombak tetap dipercayakan kepada top skorer sementara musim ini, David da Silva.


      Sementara itu, di kubu tim tamu, Pelatih Persija Thomas Jens Uwe Doll masih harus kehilangan sejumlah pemain andalannya. Tiga pemain asing Macan Kemayoran tampaknya belum bisa diturunkan karena mengalami gangguan kesehatan dan cedera.


      Ketiganya yakni Ondrej Kudela dan Maciej Gajos yang mengalami sakit, sert Gustavo Almeida yang sedang cedera pada lututnya. Bahkan ketiganya tidak dimainkan saat Persija mengalahkan Dewa United 4-1 pekan lalu. Dengan demikian, Coach Doll hanya bisa menurunkan 3 legiun asingnya, yakni Oliver Bias, Ryo Matsumura, dan Marko Simic. Selain 3 legiun asing, Doll juga kehilangan Hansamu Yama yang baru saja operasi lutut.


      Namun, kendati tanpa keempat pemain inti tersebut, Macan Kemayoran tetap merupakan tim berbahaya karena masih banyak pemain lain yang bisa menggantikan pera mereka. Hal tersebut terbukti dengan kemenangan yang diraih atas Dewa United peka lalu.

       

      Coach Doll yang diprediksi menerapkan formasi 4-4-2, akan kembali menduetkan Simic dengan Matsumura sebagai ujung tombak kembar. Kedua pemain asing tersebut akan mendapat sokongan dari para gelandang kreatifnya, yakni Hanif Sjahbandi, Muhammad Rayhan Hanann, Resky Fandi Witriawan, Syahrian Abimanyu.

       

      Sementara di sektor belakang, 4 bek akan menjadi pengawal sang kapten tim Andritany Ardhiyasa yang berdiri di bawag mistar gawan. Keempat bek tersebut, yakni Firza Andika, Ilham Rio Fahmi, Oliver Saludares Bias, dan Rizky Ridho Ramadhani.

       

      Head to Head
      2 September 2023      Liga 1 2023-2024        Persija Jakarta 1-1 Persib Bandung
      31 Maret 2023             Liga 1 2022-2023        Persija Jakarta 2-0 Persib Bandung
      11 Januari 2023          Liga 1 2022-2023        Persib Bandung 1-0 Persija Jakarta
      1 Maret 2022               Liga 1 2021-2022        Persija Jakarta 0-2 Persib Bandung
      20 November 2021     Liga 1 2021-2022        Persib Bandung 0-1 Persija Jakarta
      25 April 2021               Piala Menpora 2021    Persib Bandung 1-2 Persija Jakarta
      22 April 2021               Piala Menpora 2021    Persija Jakarta 2-0 Persib Bandung
      28 Oktober 2019         Liga 1 2019                   Persib Bandung 2-0 Persija Jakarta
      10 Juli 2019                 Liga 1 2019                   Persija Jakarta 1-1 Persib Bandung
      23 September 2018    Liga 1 2018                   Persib Bandung 3-2 Persija Jakarta
      30 Juni 2018                Liga 1 2018                   Persija Jakarta 1-0 Persib Bandung
      3 November 2017       Liga 1 2017                   Persija Jakarta 3-0 Persib Bandung
      22 Juli 2017                 Liga 1 2017                   Persib Bandung 1-1 Persija Jakarta
      5 November 2016       TSC 2016                       Persija Jakarta 0-0 Persib Bandung
      16 Juli 2016                 TSC 2016                      Persib Bandung 0-0 Persija Jakarta
      10 Agustus 2014         ISL 2014                        Persib Bandung 0-0 Persib Bandung
      8 Mei 2014                    ISL 2014                       Persib Bandung 0-0 Persija Jakarta
      28 Agustus 2013         ISL 2012-2013              Persija Jakarta 1-1 Persib Bandung
      3 Maret 2013                ISL 2012-2013             Persib Bandung 3-1 Persija Jakarta
      27 Mei 2012                 ISL 2011                        Persija Jakarta 2-2 Persib Bandung
      29 Januari 2012          ISL 2011                         Persib Bandung 1-0 Persija Jakarta
      18 Maret 2011             ISL 2010                        Persib Bandung 2-3 Persija Jakarta
      30 Oktober 2010         ISL 2010                         Persija Jakarta 3-0 Persib Bandung
      25 Maret 2010             ISL 2009                        Persija Jakarta 2-2 Persib Bandung
      9 Januari 2010             ISL 2009                        Persib Bandung 0-0 Persija Jakarta
      10 Juni 2009                ISL 2008                        Persija Jakarta 1-2 Persib Bandung
      20 Juli 2008                 ISL 2008                         Persib Bandung 2-3 Persija Jakarta
      16 Agustus 2007         Divisi Utama 2007       Persija Jakarta 1-0 Persib Bandung
      24 April 2007               Divisi Utama 2007        Persib Bandung 3-0 Persija Jakarta

       

      5 Laga Terakhir Persib Bandung
      3 Maret 2024               RANS Nusantara 0-4 Persib Bandung
      27 Februari 2024         Persib Bandung 3-0 PSIS Semarang
      23 Februari 2024         Barito Putera 1-1 Persib Bandung
      4 Februari 2024           Persib Bandung 2-2 Persis Solo
      18 Desember 2023     Bali United 0-0 Persib Bandung

       

      5 Laga Terakhir Persija Jakarta
      2 Maret 2024                Persija Jakarta 4-1 Dewa United
      26 Februari 2024         Arema FC 3-2 Persija Jakarta
      22 Februari 2024          Persija Jakarta 0-1 Madura United
      6 Februari 2024            Borneo FC 3-1 Persija Jakarta
      16 Desember 2023      Persija Jakarta 1-0 PSS Sleman

       

      KLASEMEN

                                           M     M     S     K    Gm-Gk    P

      2. Persib Bandung     27   12   12    3      52-30     48
      8. Persija Jakarta      27     8    11    8      40-35     35. 

       

      Perkiraan Susunan Pemain
      Persib Bandung (4-2-3-1)
      Kevin Ray Mendoza; Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Rezaldi Hehanussa; Marc Anthony Klok (C), Dedi Kusnandar; Ryan Kurnia, Stefano Beltrame, Ciro Alves; David da Silva
      Cadangan: Teja Paku Alam; Kakang Rudianto, Victor Igbonefo, Rachmat Irianto, Bechkam Putra Nugraha, Edo Febriansah, Febri Hariyadi, Arsan Makarim, Adzikri Fadillah, Ezra Walian
      Pelatih: Bojan Hodak

       

      Persija Jakarta (4-4-2)
      Andritany Ardhiyasa (C); Firza Andika, Ilham Rio Fahmi, Oliver Saludares Bias, Rizky Ridho Ramadhani; Hanif Sjahbandi, Muhammad Rayhan Hanann, Resky Fandi Witriawan, Syahrian Abimanyu: Ryo Matsumura, Marco Simic

      Cadangan: Cahya Setiadi; Maman Abdurahman, Tony Sucipto, Dony Tri Pamungkas, Adre Arido Geovani, Rico Simanjuntak, M Akbar Anjunsyah, Aji Kusum
      Pelatih: Thomas Jens Uwe Doll. (*)

       

       

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Perkuat Lini Tengah, Persib Rekrut Adam Alis
      Jadwal Persib di Piala Presiden, Laga Awal vs PSM
      Stadion GBLA Resmi Dikelola Persib Bandung
      Persib Harus Naik Level Permainan
      Persib Juara Lebih Luar Biasa dibanding Juventus

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail