free hit counter code Saatnya Bangkit, Raih Kemenangan di Kandang - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Saatnya Bangkit, Raih Kemenangan di Kandang
      (juaranews) Persib menjamu PSIS di Stadion si Jalak Harupat

      PERSIB BANDUNG V PSIS SEMARANG

      Saatnya Bangkit, Raih Kemenangan di Kandang

      • Selasa, 27 Februari 2024 | 12:18:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung – Tim Persib Bandung bakal melakoni laga krusial menghadapi PSIS Semarang pada Pekan 26 Liga 1 2023-2024 di Stadion si Jalak Harupat (SJH), Kabupaten Bandung, Selasa (27/2/2024) mulai pukul 19.00 WIB.

       

      Pasalnya, 2 tim papan atas tersebut akan bersaing memperebutkan posisi 2 di klasemen sementara. Saat ini, PSIS menempati peringkat 2 dengan 43 poin yang hanya berselisih 1 poin dari Persib yang mengemas nilai 42. Karena itu kemenangan menjadi menjadi target utama kedua pelatih, agar timnya tetap bertahan di posisi 4 Besar dan bisa lolos ke babak Champions Series di akhir musim nanti.

       

      Kemenangan menjadi harga mati bagi kedua tim, jika tidak ingin posisinya diambil alih oleh tim-tim rival di papan atas. Seperti Bali United dan Madura United di peringkat 4 dan 5  dengan raihan 42 poin sama dengan Persib. Atau ancaman dari tim di peringkat 6 Persik Kediri yang mengemas 37 poin,

       

      Menghadapi laga kandang yang baru pertama kali di musim ini dimainkan di SJH, Pelatih Persib Bojan Hodak pun menargetkan meraih kemenangan. Jika target tersebut tercapai, ini akan menjadi kemenangan perdana Maung Bandung di 2024, karena dari 2 laga dilakoni tahun ini, Maung Bandung belum pernah meraih kemenangan. Dalam 2 laga tersebut, Persib harus puas bermain imbang dengan Barito Putera (1-1) dan Persis Solo (2-2). Bahkan Maung Bandung tak pernah merasakan kemenangan dalam 5 laga terakhirnya. Tiga laga sebelumnya, berakhir dengan hasil imbang, lawan Bali United (0-0) dan PSM Makassar (0-0), serta kalah oleh Persik Kediri (0-2). Karena itu, laga nanti dijadikan momen kebangkitan agi Maung Bandung untuk kembali ke jalur kemenangan.

       

      Jamu PSIS, Persib Bidik Kemenangan Perdana di 2024

      Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak saat konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Senin (25/2/2024). (foto: persib.co.id)

       

      Persib sendiri akan tampil di SJH setelah terakhir kali menjamu Bhayangkara FC di Piala Presiden 2022 pada 1 Juni 2022 silam. Ketika itu, Maung Bandung mencatat kemenangan 1-0. Hodak pun berharap 3 poin bisa diraih timnya setelah pihaknya melakukan evaluasi dari hasil laga sebelumnya.

       

      "Kami akan bermain di kandang. Bermain di kandang yang baru untuk pertama kali (di SJH) dan saya harap bisa dinaungi keberuntungan di laga ini," kata Hodak dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Senin (25/2/2024).

       

      Tiga poin menjadi target Hodak karena akan membuat timnya memperbaiki posisi di klasemen sementara. Jika bisa memenangi laga, otomatis Persib akan naik ke peringkat 2 menyalip PSIS. Situasi itu jadi motivasi untuk pasukannya mendapatkan poin penuh.

       

      "Kemenangan pertama saya (sebagai pelatih Persib) didapatkan ketika bermain melawan PSIS  Semarang (di putaran pertama). Saya harap ini juga akan menjadi kemenangan pertama di tahun ini," sebut Hodak.

       

      Hodak mengatakan, dengan waktu persiapan yang pendek, sepulang dari Yogyakarta, ia langsung meminta pasukannya untuk bersiap dan melakukan persiapan guna menghadapi laga selanjutnya.

       

      "Kami langsung melakukan persiapan setelah pertandingan melawan Barito (Putera), dan dengan waktu yang singkat ini, tidak banyak yang bisa kami lakukan untuk melakukan beberapa perubahan," jelasnya.

       

      Pada laga terakhir melawan Barito tersebut, Persib bermain imbang 1-1 setelah sempati memimpin skor hingga menit 70. Meski demikian, melihat 2 laga sebelumnya, menurut Hodak, permainan timnya terus mengalami perkembangan yang positif. Sehingga, di laga besok, dirinya berharap anak-anak asuhnya mampu konsisten, dan mampu kembali ke jalur kemenangan.

       

      "Setelah pertandingan terakhir, dan 2 laga sebelumnya, selama 70 menit kami mampu bermain baik dan kami bisa mengontrol permainan. Selain itu, para pemain yang turun dari bangku cadangan, belum bisa memberikan dampak yang positif untuk mengubah jalannya pertandingan kemarin, jadi kemungkinan akan perubahan untuk pertandingan nanti," papar pelatih berpaspor Kroasia tersebut.

       

      Ia pun menuturkan, sama seperti laga-laga lainya, ia dan para pemainnya selalu menargetkan kemenangan. Namun PSIS juga tim yang kuat, dan memiliki para pemain yang cepat yang bisa memberikan bahaya bagi timnya saat melakukan serangan.

       

      "Tapi, tidak akan mudah karena Semarang adalah tim bagus. Mereka punya pemain yang sangat cepat dan berbahaya dalam serangan balik. Jadi kami harus waspada dan berhati-hati mengenai itu," ucapnya.

       

      "Selain itu, siapa pun yang melawan kami, meskipun itu tim papan atas, selalu memiliki motivasi tambahan. Tapi apapun situasinya, kami akan berjuang dan harapanya kanj bisa mendapatkan hasil yang bagus," tambah pelatih 52 tahun ini.

       

      Dalam kesempatan itu, Hodak menuturkan, bermain di Stadion Si Jalak Harupat sebagai laga kandang, menjadi pengalaman pertama baginya selama menukangi Persib musim ini. Dengan kondisi tersebut, dirinya berharap keberuntungan akan menaungi timnya di laga besok. Sejauh ini, Hodak hanya tahu stadion yang dipakai untuk penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023 itu memiliki rumput bagus.

       

      "Saya tidak mengetahui banyak hal tentang stadion tersebut. Tapi mereka (manajemen) memberi tahu saya bahwa di sana memiliki lapang yang bagus. Semoga kami bisa mendapatkan keberuntungan," sebut Hodak.

       

       

      PSIS Siap Curi Poin di Kandang Maung Bandung

      Pelatih PSIS Semarang Gilbert Agius (foto: net)

       

      PSIS Siap Curi Poin Penuh di Kandang Maung Bandung

      Dari kubu PSIS, Pelatih Gilbert Agius menegaskan timnya sudah siap melakoni duel kontra Persib.  Gilbert mengakui, kondisi para pemainnya cukup kelelahan, sebab timnya hanya memiliki sedikit waktu untuk persiapan sebelum laga. Tim Mahesa Jenar sempat bermain melawan Dewa United pada Pekan 25,  Jumat (23/2/2023). Artinya, hanya ada jeda waktu selama 4 hari jelang laga kontra Maung Bandung.

       

      “Persiapan kami untuk menghadapi laga ini memang sedikit lebih pendek. Sebab, tiga hari yang lalu kami baru saja bertanding melawan Dewa United,” kata Gilbert dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Senin (25/2/2024).

       

      “Karena kami tidak bisa bermain di Stadion Jatidiri (tapi bermain di Stadion Sultan Agung Bantul), maka kami harus menjalani perjalanan yang lebih panjang setiap waktu. Hal ini cukup melelahkan bagi para pemain kami,” sambungnya.

       

      Menurut pelatih asal Malta ini, laga melawan tuan rumah bakal berlangsung ketat. Apalagi, saat ini kedua tim posisinya berdekatan di papan klasemen. “Namun, kami tetap mempersiapkan pertandingan ini sama seperti laga-laga sebelumnya. Saya pikir, para pemain saya sudah sangat siap untuk laga sulit melawan tim yang hebat, Persib,” ujarnya.

       

      Mantan pelatih Timnas Malta itu menegaskan, Septian David Maulana dan kawan-kawan tak akan gentar menghadapi Persib. Yang dibutuhkan hanyalah tetap bermain sesuai dengan karakter PSIS agar bisa mencuri poin dari di kandang Maung.

       

      “Kami sudah bersiap dan tidak merasa khawatir. Kami ingin memainkan sepak bola kami. Namun, saya yakin bahwa laga besok akan sangat sulit,” ucap pelatih 50 tahun tersebut.

       

      “Kami juga tidak ingin melihat posisi klasemen. Kami hanya fokus pada performa dan permainan. Kami akan mencoba melakukan yang terbaik. Saya percaya pada para pemain. Jadi, ya kami tidak merasa khawatir,” tambahnya.

       

      Tekuk PSIS 2-1, Persib Jauhi Zona Degradasi

      Kapten tim Persib Bandung Marc Anthony Klok merayakan golnya ke gawang PSIS Semarang pada laga Pekan 9 Liga 1 2023-2024 di Stadion Jatidiri, Semarang, 20 Agustus 2023. Pada laga tersebut Persib menang 2-1 atas PSIS. (foto:persib.co.id) 

       

      Persib tak Pernah Kalah di Kandang oleh PSIS sejak 2007

      Pertemuan kedua tim menjadi yang ke-14 sejak musim 2007 lalu saat mereka berlaga di Divis Utama PSSI. Persib sendiri memiliki modal berharga lebih baik dibanding PSIS dalam melakoni laga kali ini.

       

      Menilik statistik pertemuan kedua tim, Maung Bandung unggul jauh dibanding Mahesa Jenar. Tercatat dalam 13 pertemuan terakhir, Persib berhasil memenangi 9 laga, sedangkan 4 laga sisanya berakhir dengan 2 hasil imbang, dan 2 laga dimenangi PSIS. Istmewanya, Persib tidak pernah kalah dari PSIS, baik saat berlaga di tandang maupun tandang sejak musim Liga 1 2019 lalu atau selama 4 musim. Dalam 13 laga tersebut, Persib melesakkan 17 gol dan hanya kebobolan 9 gol.

       

      Bahkan dalam 3 pertemuan terakhir, Persib selalu menang. Pada pertemuan terakhir di putaran pertama musim 2023-2023, Persib menang 1-2 saat bertandang ke Stadion Jatidiri, Semarang. Pada kemenangan tersebut, sang kapten Marc Anthony Klok mampu mencatatkan namanya di papan skor, setelah berhasil menyumbangkan 2 gol lewat tendangan penalti pada menit 24 dan 90+2. Sedangkan gol dari tim Laskar Mahesa Jenar, diciptakan oleh Paulo Domingos Gali da Costa Freitas pada menit 57. Lalu 2 pertemuan di musim 2022-2023, Maung Bandung memborong kemenangan baik di kandang (2-1) dan di tandang (1-3).

       

      Terakhir Persib takluk oleh PSIS pada Putaran 2 Liga 1 2018, tepatnya pada 18 November 2018 lalu atau 6 tahun silam. Saat itu Persib menyerah 3-0 di kendang PSIS, Stadion Jatidiri, Semarang.

       

      Rekor pertemuan Persib vs PSIS di kandang Maung Bandung pun tak kalah keren. Dari 6 laga kandang, Persib memenangi 4 laga, 1 imbang, dan 1 kekalahan. Kemenangan diraiah pada musim dari secara beruntun sejak musim ISL 2008, lalu musim Liga 1 2008, 2019, dan 2022-2023. Terakhir Persib menelan kekalahan di kandang oleh PSIS, terjad di ajang Divis Utama 2027 tepatnya pada 19 Agustus 2007 atau lebih dari 16 tahun lalu.

       

      Namun memasuki putaran kedua Liga 1 2023-2024, prestasi kedua agak melorot kendati masih bertahan di papan atas klasemen sementara. Saat ini, PSIS lebih unggul dengan menempati peringkat 2 dengan raihan 43 poin, sementara Persib di urutan 3 dengan 42  poin.

       

      Dari 5 laga terakhir yang dilakoni, kedua tim juga tengah dalam masa-masa sulit karena lebih banyak gagal meraih kemenangan. Persib tercatat belum bisa meraih kemenangan dalam 5 laga terakhirnya, dengan hanya mengoleksi 4 hasil imbang dan 1 kekalahan, atau hanya meraih 4 poin. Sementara PSIS lebih baik, dengan meraih 1 kemenangan, 3 imbang, dan sekali kalah, atau total meraih 6 poin dari 5 laga terakhirnya.

       

      Perkiraan Susunan Pemain

      Sementara itu, dengan target kemenangan yang dicanangkan, kedua pelatih dipastikan bakal menurunkan kekuatan dan pemain terbaiknya. Namun kedua tim sama-sama kehilangan sosok penting di timnya masing-masing. Dari kubu tuan rumah, Pelatih Persib Bojan Hodak tak bisa menurunkan center bek andalannya, Alberto Rodriguez. Pemain asal Spanyol tersebut harus absen karena hukuman kartu merah yang diterimanya saat Barito Putera pada Pekan 25 lalu.

       

      Sedangkan dari tim tamu, Pelatih PSIS Gilbert Agius kehilangan bek kanannya Ferdyan Wahyu yang juga mendapat hukuman larangan bermain akibat akumulasi 7 kartu kuning. Selain Fedyan Wahyu, Laskar Mahesa Jenar pun kemungkinan belum bisa diperkuat winger cepatnya, yakni Vitinho dos Santos Carvalho yang sempat mengalami cedera, kemudian gelandang Delvin Rumbino, serta penyerang mudanya yaitu, Mohammad Akrom yang mengalami masalah serupa.

       

      Absennya Alberto di skuat Maung Bandung, memberikan peluang bagi bek muda Kakang Rudianto untuk jadi starter berduet dengan Nick Kuipers. Selain Kakang, Coach Hodak juga memilih kembal memasangkan Victor Igbonefo, yang pada laga kontra Barito, masuk setelah Alberto diganjar kartu merah.

       

      Sementara di kubu PSIS, absennya Ferdyan bisa digantikan oleh pemain binaan Persib, Bayu M Fiqri untuk kembali bermain, setelah di laga terakhir diistirahatkan Coach Gilbert. Sedangkan posisi Vitinho akan digantikan Riyan Ardiansyah, yang tampil lugas saat menghadapi Dewa United. Lalu peran Delvin bisa kembali diperankan Alfeandra Dewangga ataupun Evan Dimas atau mantan pemain Persib, Gian Zola.

       

      Pada laga kali ini, Coach Hodak yang akan menerapkan formasi 4-2-3-1 kemungkinan akan kembali menduetkan Igbonefo dengan Kuipers di posisi center bek. Keduanya akan diapit 2 wing bek, Henhen Herdiana di sisi kanan dan Rezaldi Heanussa di kiri. Empat bek tersebut akan menjadi benteng bagi Kevin Ray Mendoza yang berdiri di bawah mistar gawang.

       

      Untuk posisi penyeimbang di tengah lapangan, duet kapten tim Marc Klok dan Dedi Kusnandar tampaknya belum tergantikan. Kedua pemain tersebut akan menyokong kinerja 3 gelandang serang, yang kembali akan diisi Bechkam Putra Nugraha di kanan dan Ciro Alves di kiri, serta Stefano Beltrame di tengah tepat di belakangan ujung tombak tunggal yang masih dipercayakan kepada David da Silva.

       

      Sementara dari kubu PSIS, Coach Gilbert yang juga mengusung formasi 4-2-3-1 akan menempatkan 4 bek sejajar yang diisi Ahmd Syiha Buddin, Bayu M Foqri, Kuas Gama Moreira, dan Mohammad Haykal Alafiz. Keempat bek akan menjadi pengawal bagi kipper Muhammad Adi Satryo.

       

      Di sektor gelandang, Alfeandra Dewangga Santosa dan Boubakary Diarra akan menjadi jangkar di tengah, mendukung 3 gelandang serang yang diisi Paula Domingos Gali da Costa Freitas, Riyan Ardiansyah, dan Septian David Maulana. Sedangkan sebagai ujung tombak, Taisei Marukawa masih dipercaya menggantikan peran Carlos Fortes yang masih dibekap cedera.

       

      Head to Head
      20 Agustus 2023           Liga 1 2023-2024         PSIS Semarang 1-2 Persib Bandung
      31 Januari 2023            Liga 1 2022-2023         PSIS Semarang 1-3 Persib Bandung
      13 Agustus 2022           Liga 1 2022-2023         Persib Bandung 2-1 PSIS Semarang
      15 Februari 2022          Liga 1 2021-2022         Persib Bandung 0-0 PSIS Semarang
      26 Oktober 2021           Liga 1 2021-2022         PSIS Semarang 0-1 Persib Bandung
      6 November 2019         Liga 1 2019                  Persib Bandung 2-1 PSIS Semarang
      21 Juli 2019                 Liga 1 2019                  PSIS Semarang 0-1 Persib Bandung
      18 November 2018       Liga 1 2018                  PSIS Semarang 3-0 Persib Bandung
      8 Juli 2018                   Liga 1 2018                  Persib Bandung 1-0 PSIS Semarang
      28 April 2009               ISL 2008                      PSIS Semarang 0-2 Persib Bandung
      22 September 2008      ISL 2008                      Persib Bandung 3-1 PSIS Semarang
      19 Agustus 2007          Divisi Utama 2007         Persib Bandung 0-1 PSIS Semarang
      15 April 2007               Divisi Utama 2007         PSIS Semarang 0-0 Persib Bandung


      5 Laga Terakhir Persib Bandung

      23 Februar 2024          Barito Putera 1-1 Persib Bandung

      4 Februari 2024           Persib Bandung 2-2 Persis Solo

      18 Desember 2023      Bali United 0-0 Persib Bandung
      10 Desember 2023      Persib Bandung 0-2 Persik Kediri
      4 Desember 2023        Persib Bandung 0-0 PSM Makassar

       

      5 Laga Terakhir PSIS Semarang

      23 Februari 2024         PSIS Semarang 1-1 Dewa United

      5 Februari 2024           Arema FC 1-4 PSIS Semarang

      30 Januari 2024           Persebaya Surabaya 1-1 PSIS Semarang

      16 Desember 2023      PSIS Semarang 2-2 Madura United

      9 Desember 2023        Borneo FC 2-0 PSIS Semarang

       

      Perkiraan Susunan Pemain

      Persib Bandung (4-2-3-1)

      Foto Tim PERSIB BANDUNG

      Kevin Ray Mendoza; Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Rezaldi Hehanussa; Marc Klok, Dedi Kusnandar; Beckham Putra, Stefano Beltrame, Ciro Alves; David da Silva

      Cadangan: Teja Paku Alam; Zalnando, Kakang Rudianto, Rachmat Irianto, Ryan Kurnia, Arsan Makarim, Abdul Aziz, Febri Hariyadi; Ezra Walian, Edo Febriansah
      Pelatih: Bojan Hodak

       

      PSIS Semarang (4-2-3-1)

      Foto Tim PSIS SEMARANG

      Muhammad Adi Satryo; Ahmd Syiha Buddin, Bayu M Foqri, Kuas Gama Moreira, Mohammad Haykal Alafiz; Alfeandra Dewangga Santosa, Boubakary Diarra; Paula Domingos Gali da Costa Freitas, Riyan Ardiansyah, Septian David Maulana; Taisei Marukawa

      Cadangan: M Rzky Darmawan; Gian Zola Nasrullah, Evan Dimas Darmono, Azyah Nur Faizin Mailesa, Debby Liana, Barnabas Sobor, Tri Setiawan, Giovani Jorim Herzon Dacosta Numberi, Wahyu Prast

      Pelatih: Gilbert Agius. (*)

       

      Hasil Pekan 25, MU Tebar Ancaman bagi Tim 4 Besar

      Oleh: deni mulyana sasmita / den

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Tekuk Borneo 2-0. Persib Segel Posisi Runner-up
      Gol David da Silva Bawa Persib Ungguli Borneo 1-0
      Ini Susunan Pemain Persib Bandung vs Borneo FC
      Duet DDS-Ciro Andalan Persib di Championship Serie
      Persib Lebih Fokus Songsong Championship Series

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 32 70
      2 Persib Bandung 32 59
      3 Bali United 32 55

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail