free hit counter code Tips Atasi Ngorok, Suara Mendengkur Saat Tidur - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Tips Atasi Ngorok, Suara Mendengkur  Saat Tidur
    Ilustrasi

    Tips Atasi Ngorok, Suara Mendengkur Saat Tidur

    • Senin, 13 November 2023 | 14:18:00 WIB
    • 0 Komentar
    JuaraNews, Bandung - Mendengkur adalah kondisi umum yang dapat dialami oleh siapa saja meskipun kebanyakan yang mendengkur merupakan seseorang dengan kelebihan berat badan. Tetapi mendengkur bukan hal normal, apalagi kalau muncul tiba-tiba dan berlangsung terus-terusan perlu waspada karena bisa jadi ini tanda penyakit tertentu.
     
     
    Mendengkur terjadi karena ada hambatan aliran udara di bagian belakang hidung dan mulut saat tidur, kalau posisi leher salah pas tidur, saat otot-otot saluran napas bagian atas mengendur (relaksasi), lidah bisa jatuh ke belakang yang bikin obstruksi/sumbatan. Akhirnya sumbatan ini bikin penyempitan aliran udara, turbulensi dan getaran jaringan di hidung dan tenggorokan maka terciptalah bunyi ngorok/mendengkur.
     
     
    Paling bahaya kalo ada sumbatan total yang mengakibatkan henti napas sesaat yang di sebut "Sleep Apnea" kondisi ini tidak boleh disepelekan, karena bisa mengurangi asupan oksigen ke jantung dan otak dan bisa membahayakan jiwa. 
     
     
    Selain suara dengkuran tentu bisa menganggu orang di sekitar anda contoh nya pasangan atau anak anda cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan menghilangi  atau menghilangkan suara dengkuran. 
     
     
    Inilah beberapa tips untuk menghilangkan suara dengkuran saat tidur yang di lansir dari beberapa ilmu Kedokteran. 
     
     
    Jaga Berat Badan
     
    Kelebihan berat badan dapat menjadi penyebab mendengkur saat tidur. Jaringan lemak di leher dapat menghambat jalan napas dan mencegah udara mengalir keluar dan masuk dengan baik, hal yang baik untuk mengurangi berat badan yaitu melakukan diet sehat. 
     
     
    Berhenti Merokok
     
    Merokok dapat mengiritasi selaput di hidung dan tenggorokan yang dapat memblokir saluran udara yang menyebabkan timbulnya dengkuran. 
     
     
    Konsumsi Makanan Sebelum Tidur
     
    Penelitian menunjukan bahwa makan makanan berat dapat memperburuk dengkuran, dan kalau mau makan sebelum tidur pastikan memilih makanan yang ringan dan menyehatkan. 
     
     
    Menjaga Kebersihan Hidung
     
    Jika terjadi alergi di hidung ini bisa memicu suara mendengkur waktu tidur, selain itu Sinusitis juga menjadi salah satu penyebabnya, oleh karena itu sebaiknya perhatikan kebersihan hidung serta kondisi lainnya. 
     
     
    Jangan Konsumsi Obat Tidur
     
    Obat tidur akan menyebabkan timbulnya mendengkur oleh karena itu sebaiknya menghindari mengkonsumsi obat tidur. 
     
     
    Mengubah Posisi Tidur 
     
    Tidur dengan posisi miring bisa mencegah lidah jatuh kebelakang dan menutup jalan keluar masuknya udara. 
     
     
    Selain tips tersebut mendengkur dapat di hilangkan melalui jalan medis, pengobatan yang dilakukan bermacam macam tergantung dari apa penyebab terjadinya mendengkur. (*) 
     
     
     
     

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Tiga Daerah Berbahaya yang Kuasai Ilmu Kesaktian
    Waspadai Penyakit Khas Pascalebaran
    Cintanya Agus Mulyana Pada Vespa Tak Sekedar Hobi
    Cegah Ancaman Kesehatan Pasca Lebaran, Lakukan Ini
    Akhir DCDC Ngabuburit Extra Sukses Bius Bandung

    Editorial